Sakit Gigi? Jangan Dicabut!


Ini tulisan lama. Saya posting kembali buat nambah pengetahuan. Siapa tahu berguna. Hehehe..

sumber :mypotik.blogspot.com

Empat bulan lalu saya sakit gigi. Taring di kiri bawah memang sudah problem sejak sepuluh tahun lalu. Sudah berkali-kali ditambal. Mungkin kali ini tambalannya lepas sehingga sakit lagi. Mungkin juga sudah terkena syarafnya, kok sakitnya nggak biasa, cenut-cenut dan kemeng. Padahal saya yakin tidak sedang bengkak atau infeksi.

Sudah tiga gigi saya dicabut. Saya berharap tidak ingin menambah perbendaharaan ompong di mulut. Memakai gigi palsu sungguh tak nyaman. Mau implan gigi nggak cukup duitnya. Andai ada cara menyelamatkan gigi yang ada, pikir saya.

Saya hubungi kawan semasa kuliah yang kebetulan menjadi staf poli gigi di RS Adi Husada Surabaya. Dr Lingga Vidiana Cokroamintarso namanya. Dia spesialis endodonsia alias konservasi gigi. Saya tanya apa bisa me-rescue gigi saya. Bisa, katanya. Silakan datang ke klinik besok pagi.

Pagi keesokan harinya saya datang. Rupanya kondisi gigi tidak terlalu parah. Lubang sudah menembus email dan sampai dentin. Setelah dibersihkan, lalu bagian yang lubang diberi obat dan ditambal sementara. Seminggu kemudian saya harus datang untuk tambal permanen.

Dasar memandang remeh kesehatan gigi, saya malah berlayar ke Madura minggu berikutnya. Lalu ke Sumatra. Lupa dengan kondisi taring yang belum oke. Minggu lalu si taring protes, waktu saya pakai makan rasanya luar biasa nyeri. Bahkan disapu lidah pun menyakitkan. Jangan-jangan terbuka tambalan sementaranya, saraf-sarafnya sudah terbuka nih, pikir saya. Baru saya ingat Lingga lagi.

Senin saya datang ke rumah sakit lagi. Betul, gigi saya sudah parah. Lubang sudah menembus ke pulpa, tempat bersarangnya pembuluh darah dan saraf. Pantas nyeri kalau tersentuh ludah atau makanan. Lingga pun melakukan perawatan saluran akar atau root canal treatment. Dia melihat gigi saya masih hidup. Maka dia bersihkan gigi saya, lalu membubuhkan obat yang berfungsi mematikan syaraf gigi.

“Tiga hari lagi kamu datang, Ry,” katanya. Saya cuma meringis kesakitan sambil mengangguk. Dia melarang saya makan selama dua jam awal, agar obat meresap. Memang benar, dua jam pertama gigi rasanya cekot-cekot, kemeng. Tapi setelah itu baik-baik saja, tidak sakit untuk mengunyah makanan.

Kamis pagi kembali saya ke rumah sakit. Gigi saya dibersihkan kembali. Pusat saraf gigi disuntik anastesi, tujuannya agar tak sakit waktu proses membersihkan saluran akar. Lingga lalu membor gigi saya dengan menusukkan jarum yang bentuknya seperti ulir. Tujuannya untuk mengambil jaringan mati yang masih tertinggal di saluran akar.

Lama juga proses ini, hampir satu jam. Bermacam jarum dia masukkan karena akar gigi saya rupanya dalam. Setelah itu, dia melakukan sterilisasi dengan menyemprot semacam cairan. Pedih rasanya. Lalu dia memasukkan obat ke dalam saluran akar yang rasanya minta ampun. Sengak, bau, dan nggak enak. Baru kemudian dia menambal lubang di gigi saya.

Biasanya dokter memberi obat dan antibiotik paska perawatan akar gigi. Gigi yang baru diambil akarnya akan terasa sakit. Namun karena satu hal, saya tak mengambil obat tersebut. Untung rasa sakit tak saya rasakan. Sudah mati rasa, sih !

Ada yang menarik dari hasil ngobrol dengan Lingga. Menurutnya sebaiknya orang merawat giginya ketimbang mencabut gigi yang sakit. Kenapa?

“Kalau gigi dirawat seperi ditambal atau dibungkus dengan porselen, maka gigi dapat berfungsi kembali seperti semula, sebagai alat untuk mengunyah,” jelasnya.

Namun kalau gigi sudah begitu rusaknya sehingga hanya tersisa hanya sedikit akar gigi, sebaiknya dicabut dan cepat ganti dengan gigi palsu. Gigi yang hilang dan tidak segera diganti dengan gigi palsu akan membuat gigi di sebelahnya bergeser dan gigi antagonisnya akan turun ke arah ruang yang kosong. Gigi tersebut akhirnya akan goyang dan harus dicabut.

“Bukannya menghilangkan masalah, tapi malah menimbulkan masalah baru. Maunya kehilangan satu gigi, akhirnya harus kehilangan banyak gigi,” tambahnya sambil tertawa.

Selama ini orang cenderung mencabut giginya ketimbang merawat saluran akar pada gigi yang berlubang. Alasannya, selain malas harus berkali-kali datang ke dokter gigi, juga ongkosnya mahal. Kalau ingin menghemat, sebetulnya bisa datang ke poliklinik rumah sakit. Dan jangan kapok berkali-kali datang, demi masa depan kesehatan gigi Anda. Buktinya saya cuma datang dua kali, dan oke.

Sebelum saya keluar ruang poli gigi pagi itu, saya dengar Lingga mengeluh. “Pantas gigimu gampang berlubang, ludahmu sedikit sih.”

“Lho memangnya kenapa?” tanya saya heran. Rupanya air ludah berfungsi membersihkan gigi. Makin banyak produksi air ludah di mulut, makin sehat gigi kita. Kalau air ludah sedikit, bisa dirangsang dengan makan permen karet, misalnya. ‘Rupanya ada juga fungsi permen karet, ya, selain buat balon-balonan,’ pikir saya. Namun permen karet tidak dianjurkan buat pengidap maag. Jadi ingat nenek saya yang doyan nginang, nyusur, makan sirih di masa lalu. Bukankah nginang fungsinya juga seperti permen karet, merangsang produksi kelenjar ludah? Pantas gigi nenek awet!

Baca juga :

Sakit karena Gigi Berlubang

Bila infeksi gigi pindah ke pipi

Si pemasang gigi palsu

catatan.

kalau tertarik berobat ke dokter lingga, bisa menghubungi tempat prakteknya di delta sari indah blok BL no 1, waru sidoarjo, ph. 0318530060. biasanya dia praktek setiap hari kecuali kamis dan hari libur, mulai pukul 5 petang.l

221 thoughts on “Sakit Gigi? Jangan Dicabut!

  1. wuahahahahaahaha…saya sudah ada 3 gigi saya yang dicabut, satu geraham bawah, dua di bgn atas, mbuh namanya gigi apa. lupa =)).

    saya juga diberitahu sama dokter gigi kenalan baik keluarga tentang fungsi gigi palsu itu serta fungsi air ludah. persis sama spt yg diungkapkan teman mbak Ary (ya kan sama2x dokter gigi ya hahahahahaha).

    tapi sampai sekarang saya belum pasang gigi palsu, belum dapat ongkosnya. andai ada yg gratisan….=))

    • kalau ke tukang gigi di indo murah, satu gigi 50ribu. kalo ke dokter gigi mahal, satu gigi bisa 250rb. padahal dokter gigi juga pesan ke tukang gigi :LOL:

      • ahahahhhaa…..benar…

        kalau menurut pengalaman ortu dan oma-ku, maka kata mereka tukang gigi lebih pancen daripada dokter gigi dalam hal pemasangan gigi palsu.

        gigi geraham saya dicabut sudah lama banget, waktu saya masih SD atau remaja…lupa….keseringan makan permen dan coklat, hikss…makanya gak pasang gigi palsu krn dudul, merasa kalau pasang gigi palsu berarti dah tuwir hahahahahaahahahaha

        sementara yg dua diatas belum sempat…

        itu sebabnya pula gigi2x saya pada bergeser gara2x gap yg disebabkan gigi yg sdh dicabut namun gak dipasangi gigi palsu :S . padahal dulu rata dan rapih waktu masih lengkap meski berlubang :(

  2. nice artikel mas ary hehehe.

    memang gigi lebih baik dirawat baik-baik.. kalaupun berlubang dan sakit masih banyak metode dokter gigi untuk merawatnya.. sayang kalau langsung dicabut :)

  3. sekarng gigi ku jg lg skit mas bro, ad gigi yg berlubang, tdi aq udh ke puskesmas untuk nambal ternyata pas gigi ku hbis di bor bru ketahuan klu saraf di gigi ku udh mti, jdi ngga bisa d tambal lgi..
    kira2 solusinya di apain y?
    sempat tnya ke rmh skit biayanya hampir 500ribu, mhal amaaat…

    • perawatan akar gigi sekitar 150ribu di poli rumah sakit swasta. lalu gigi bisa ditambal atau dibuat mahkota gigi. kalau tidak, terpaksa gigi dicabut dan pakai gigi palsu.

  4. Assalamualaikum Dr, Saya mau tanya masalah Tumbuh gigi bungsu, udah hampir 1 Tahun 7 Bulan sya menderita sakit Gigi hampir setiap saat mengeluarkan darah dan nanah sampai sekarang Taka ada dokter yang mau mencabutnya alasanya karna masih Terasa sakit udah hampir semua Dr Gigi di bengkulu saya kunjungi jawabanya sama dan hanya di kasih obat. Dulu berat badan saya 60kg Sekarang 50kg karna susah makan dan tidur. Yang saya tanyakan Dr Apa yg harus saya lakukan Dr? Apakah saya harus mencabut gigi saya sendiri Dr? Saya bener – bener dah gak tahan Dr? Mohon bantuanya Dr?

    • ini jawaban teman saya yang spesialis bedah mulut, dokter lingga

      anda sebaiknya pergi ke spesialis bedah mulut di kota anda, atau kota lain kalau di bengkulu tak ada. dulu ada kawan saya dokter ggi di bengkulu, kuliah di ugm, namanya drg rieke. saya tak tahu apakah dia masih di kota tsb.

      biasanya dokter akan memberi obat2an (semacam antibiotik) untuk mengobati gigi yang sakit, agar abses, infeksi, nanah dan darah sembuh. jika sudah tidak sakit maka gigi baru boleh dicabut. pertanyaannya apakah anda sudah meminum obat2an yg diberikan dokter tersebut dg benar? apakah ada perubahan? jika tidak, maka sebaiknya anda menemui dokter spesialis bedah mulut. biasanya dokter akan meminta anda rawat inap, merawat gigi dan menyuntiknya dengan antibiotik sampai bengkak sembuh.

      biasanya dokter akan mengambil foto gigi tersebut, takutnya jika ada kanker atau penyakit lain di bawah ggi. apalagi gigi anda meunjukkan tanda2 berdarah nanah dan berat badan anda turun drastis.

      saran saya, pergi ke spesialis bedah mulut. bisa kunjungi RSUD di bengkulu, di pusat propinsi.

      salam,

  5. Sakit gigi masih bisa senyum. Suatu saat gigiku lagi sakit luar biasa sudah 3 hari, kubawa ke dokter gigi. Tiga hari merasakan sakit, tidak juga senyum, apalagi tertawa. Dokter yang merawatku tampak masih muda dan sangat cantik. Ketika dokter menyuruhku buka mulut, hak.. hak…, akupun buka mulut. Tetapi buka mulutku kurang lebar, dokter kembali mengatakan hak …hak….. Kali ini mataku tertuju pada mulut dokter cantik yang memberi contoh buka mulut lebar-lebar tersebut. Ternyata gigi dari dokter gigi yang sedang merawat tersebut sudah ompong yang atas, kira-kira ada 2 gigi atas berderet yang sudah dicabut. Saat itu aku langsung tersenyum. Padahal 3 hari sebelumnya tidak senyum.

  6. tadi siang saya juga ke tempat praktek dokter… gigi geraham saya yang bagian kiri atas dan bagian kanan yang bawah sudah berlubang … tapi yang parah geraham yang kiri , soalnya giginya tinggal setengah bagian yang dalam … kata dokternya ini harus di perawatan akar gigi atau di cabutt,,, satu gigi biaya perawatan akarnya 150.000x 2 gigi x 4 kali kunjungan selama satu bulan = 1,2 jt .
    sampai malam ini saya masih pikir2 saya itung2 kalo buat perawatan gigi berarti saya kerja cuma buat berobat ,,,
    tapi kepengen saya sih dirawat dulu sambil ngumpulin uangnya dari sekarang,,
    oya saya mau tanya kalau di implan itu ,,, diapain ya , ?
    apa gigi palsu di lem di gusi atau di apakan ,.??

    terimakasih ,.,.

    • wah mahal ya,
      saya dulu datang untuk perawatan akar gigi 2x saja, yang pertama n kedua, bayar karcis dulu 50 ribu, lalu baru yg kedua dibebani 150rb. jadi total 250 rb untuk satu gigi. mungkin karena di poli gigi rs (swasta), jadi lebih murah ketimbang di ruang praktek dokter.

      implan berarti gigi lama dicabut, lalu pada gusi ditanam gigi buatan. ongkosnya (dulu) sekitar 2 juta per gigi.

  7. umur saya 21 thn , ada 1 gigi saya yg berlubang yang lainnya sih masih bagus.
    seketika saya langsung takut dan bingung harus pakai cara gimana nih menanganinya
    lubang nya si kecil tapi takut tambah besar
    kira2 apa ya solusi terbaik untuk gigi saya ?
    lebih baik di tambal dan di rawat , atau gigi palsu , atau implan ?

  8. Klo perawatan akar gigi itu rasa nya sakit atau nggak ya, sy sdh beberapa minggu ini terasa sakit di bagian geraham kanan bawah, dulu sdh pernah ditambal ditempat yg sama, mau ke dokter gigi kok rasa nya takut sakit :(

    Setiap sore, apalagi cuaca dingin suka terasa sakit.

  9. Yang pengambilan saraf itu sakit gak?

    Sy jd trauma k dokter gigi gr2 gigi sy diteken2 dan dokternya tidak percaya kl saya kesakitan :(>
    Sepertinya sy sdg dlm perawatan saraf gigi deh…

  10. Gii geraham kiri saya dulu berlubang dan sempat ditambal,tapi setelah hampir 3bulan lebih, gigi sya yang ditambal malah terasa sakit. Saya datang ke puskesmas,kta dokter harus dicabut. Padahal mahkota giginya masih banyak. Apakah perlu untuk dicabut atau melakukan perawatan akar gigi.
    Mohon solusinya,thanks

    • jangan ke puskesmas, tapi ke praktek doter spesialis perawatan akar gigi. kalau beanya terlalu mahal, ke poliklinik gigi di rs swasta. untuk tingkat puskesmas atau rs negeri, dokternya pilih penanganan yang gampang saja, cabut gigi. tapi rs swasta atau dokter spesialis gigi yang praktek, akan memberikan pelayanan terbaik buat pasiennya.

      • Iya sama +/- 3 bln lalu gigiku jg sakit pertama dtg ke puskemas dikasih obat penghilang sakit tp gak mempan trus bbrp hr kemudia dtg ke dktr gg dia blg sarafnya yg bermasalah lalu diambil tindakan spt yg mas ary alami tuh. Nah trus si dokter blg kalo perawatan butuh bbrp x dtg atau solusinya cabut. Nah aku lupa dan ga sempat mau cabut dan sekarang kambuh lagi nih giginya. Nyesel bgt kmrn2 ga cabut gigi gerham bawah ku sisa 1 ini. Nah skrg hrs minum obat apa ya?spy sakitnya hilang? Udh coba minum p*****n tp ga efek. Kl udh sembuh janji deh pasti lsg cabut aja, krn udh ga bs dipertahankan si gigi ini…

  11. mau tanya ni….saya juga melakukan perawatan sluran akar…sudah masuk tahap kedua…hari pertama ga nyeri…makan pun masih yang bertekstur halus tapi hari kedua kenapa rasa sakit luar biasa dateng ya pe ga bisa tidur semalaman….sakit yang ga wajar,,diminumin obat ga bereaksi…rasa sakit tetap ada

    • mending datang ke dokternya dan tanya penyebabnya, karena tindakan dilakukan dokter ibu. saya sendiri hanya 2x datang, pulang sudah dirawat akar gigi dan sudah ditambal sekaligus dan tak merasakan sakit apapun. bahkan saya menolak saat diberi dokter obat penghilang sakit karena memang tidak merasa sakit apapun.

  12. artikelnya bagus mas :)
    sewaktu SMP gigi saya bolong, lalu saya mencoba berobat ke dokter praktek. Setelah 4 kali kunjungan gigi saya di tambal permanen. Namun hanya bertahan kurang lebiih 7 bulan. Lalu saya berobat ke dokter praktek yang berbeda, namun tambalan permanen saya sama seperti sebelumnya, tidak sampai satu tahun tahannya.
    akhirnya saya mencoba ke puskesmas, namun dokter menyarankan untuk di cabut.
    Saya ingin berobat ke rumah sakit, namun harus ada rujukan dari puskesmas. Ibu saya bilang kalau penyakitnya masih bisa ditangani oleh puskesmas, biasanya puskesmas yang menangani, dan tidak ada rujukan untuk ke rumah sakit.
    Saya jadi bingung, saya ingin segera berobat karena gigi saya terasa cukup sakit.
    mhon sarannya ya mas..terimakasih

    • coba ke klinik gigi rs swasta atau ke praktek dokter gigi langsung. geraham saya di kanan, 2x ditambal, saat kelas 3 SD dan terakhir 10 tahun lalu. sampai sekarang ga masalah. kadang kualitas dokter gigi bermacam2, ada yang telaten ada yang ga. bahan untuk nambal pun beragam. ada yg awet ada yg ga. kalau lubang besar, bisa 3x bolak-balik dokter gigi.

      • oia mas, kalau boleh tau, mas pakai tambal yang jenis apa ya?
        soalnya dulu ibu saya di tambal, warna tambalannya abu abu dan cukup tahan lama sampai bertahun tahun,

      • yg abu2 itu amalgam. memang tahan lama tapi juga berbahaya bagi tubuh makanya sekarang jarang dipakai. kalau gigi berlubang besar memang risiko tambalan berkali2 lepas, apalagi jika gigi tergolong keropos.

  13. Saya juga punya masalah gigi berlubang,ada 4 lubang tp yg 1 lubang melubangi 2 gigi. Rasanya sedih bgt deh -_____-. Trus yg besar sy jg pake yg bahannya abu2 kyk ibunya Mbak Rahma,sama udah bertahun2, Nah skarang ada 2 gigi yg berlubang yg berubah warna jd abu2.kTanya kyk gt giginya masti ya? Masih bisa dipertahankan gak ya?Mau ke dokter gigi tp takut disuruh cabut.

    • mestike dokter gigi tuh.gigi sakit bakal dapat antibiotil untuk membunuh kuman dan menghentikan pembengkakan.jika sudah tidak sakit baru ditambal atau dicabut.

      yang jelas kalau satu gigi dicabut mesti segera diisi dengan gigi palsu agar gigi lain tak renggang n mudah berlobang, yang ujung2nya dicabut lagi.

      • sebaiknya ke dokter gigi langsung, jadi dokter yang bisa mendiagnosa apakah giginya sakit karena infeksi atau apa. lalu dokter akan memutuskan mau diobati, ditambal, atau dicabut.

  14. Kalo pasang gigi palsu bagusx di mana sih? Sma dokter ato ke tukang gigi?
    Soalx graham aku udah gak ªϑª satu, kalo emang itu mmpengaruhi ƔάϞƍ lain kyknya aq mesti segera pasang gipal ĵůƍά nih ┒(⌣˛⌣)┎

    • kalau saya ke tukang gigi yg pengalaman, sebab dokter gigi juga pesan gigi ke tukang gigi. lagian harganya jauh lebih murah

      • tambal gigi ya sama dokter, jangan tukang gigi hehe. tapi kebanyakan dokter ga mau susah-susah. maunya cabut aja. kalau ada yg mau nambal, biasanya pasien mesti datang 2-3x. tambal pake porselen, peralatannya laser. jadi biar ga sakit hehe

  15. Duh gigi saya berlubangsampai ke pulpa nya alias sampai k saraf,,, langkah pertama apa yang saya lakukan gan supaya gigi saya tidak s
    akit lagi…

    • mesti ke dokter gigi tuh. dokter akan memberi antibiotik untuk menyembuhkan infeksi dan menghilangkan rasa sakit. setelah itu ada 2 kemungkinan: mau melakukan perawatan saraf gigi, lalu menambal lobang di gigi atau dicabut.

  16. baru tanggal 8 feb 13 gigi graham atas di tambal sementara(udah 2 kali kunjungan) selesai di tambal terus kumur ada kayak batang kecil kebuang(saya gak bilang dokter dikirain cuman nyelip aja tadi) sekarang uh sakit luar biasa. pakah batang kecil itu berpengaruh? udah minum ponstan setengah cuman tahan beberapa jam aja

    • bisa jadi itu saraf gigi, bentuknya mirip batang kecil. pantas sakit sekali. saraf gigi yang terbuka memang sangat sakit.kenapa ditambal sampai bisa membuka saraf gigi ya?
      saya punya resep sederhana untuk mengatasi sakit lua biasa, saya ambil VCO atau virgin oil, saya teteskan di kapas lalu oleskan ke bagian gigi yang sakit tadi. mulanya sakit luar biasa, tapi lama2, setelah saya ulang-ulang, rasa sakit mereda. jadi saya tak bergantung pada obat penghilang sakit seperti ponstan atau amoxan.

  17. Duhhh.. skrng lg senat senut nih gigi..
    geraham kiri bawah lubangnya d besar..
    pernah pengen ditambel, ke puskesmas kt dokternya d g bs krn lubang d terlalu besar ktnya..
    udah luama banget g sakit.. bln kmrn giginya somplak..
    dan mulai kmrn brsa sakiiitt… d mnm asam mefenamat, g ngaruhhh…
    virgin oil merk apa mas?? kl bwng putih prnh cb g?

    • merk apa saja. tapi awalnya bakal kesakitan. fungsi VCO kan sebagai antibiotik sekaligus mematikan bakteri penyebab gigi berlubang. saya cuma pake vco, lainnya ga pernah

  18. gigi geraham sy yg bwah berlubang tp jg agak goyang,klo bwd nggigit,ngilu” gk enak,kt dokter hrs dcabut tp dfoto dulu,nah sy mw tanya apa nanti klo udh dicabut gigi yg sblhny bs geser dn bs ikutan lepas?trims:)

  19. saya ikutan komen yah/ Saya gak berani ke dokter gigi krna mahal. Saya pilih ke puskesmas. ke ditambal permanen hingga 2 bulan. Tapi baru 3 hari yg lalu saya merasakan sakit lagi. KOk bisa pikira saya sampai gak percaya. kan sudah ditambal masa bisa sih sakit gak ketulungan sampe nangis.
    Saya pun minum obat yg dari puskemas karna lagi2 amoxilin. tapi nihil gak berhasil, akhirnya saya beli obat di apotik yg warnanya pink mahal 28 rbu isi 10. Lmayan setgah hari mendingan tapi kudu minum lagi, karna bsa kumat. akhirnya saya beli racikan di apotik dekat rumah lumayan nyeri berkurang.

    tanyaain dunk. knapa udah ditmbal kok malah bebrapa bulan sakit lagi ga ketulungan? Helps hikzzz

    • karena kualitas tambalannya dari jenis yg murah, namanya juga di puskesmas. kalo takut ke dokter praktek gigi spesialis, ya ke rs swasta yang punya poli gigi. karcisnya 50 rb sekali periksa. ga mahal. selain itu setelah ditambal mesti rajin merawat gigi. saya sih kalau sakit gigi pilih saya olesi VCO dengan kapas. awalnya sakit, lama2 ilang sakitnya. lalu sering2 kumur dg vco, kan fungsi vco sbg antibiotik sekaligus pembunuh kuman penyebab gigi berlubang.
      jadi orang miskin memang sukah kalo sedang sakit di indo :(

  20. Mas mbak saudara” ku setanah air
    saya mau minta pendapat ne…
    sudah 2hari ini gigi graham bawah sebelah kanan saya sakit sekali,
    memang gigi saya yang itu sejak
    1 tahun belakangan ini kurang bersahabat
    gak bisa untuk makan!!
    pernah kejadian makan di gigi yg sakit itu owww Sakit nya luar biasa
    sampai loncat”saya di buat nya
    seperti ada yg berdenyut di dasar gigi itu… dan sampai sekarang saya gk mau makan di sebelah kanan lagi . . .
    padahal gk berlubang,
    hanya ada karang kecil dan agak sedikit goyang . . . .

    padahal saya ne paling
    rajin gosok gigi,,, :”(
    sekian dan trimakasih

    help meeeee

  21. ke dokter nanti saya takut dicabut maz
    hee

    kalau obat untuk ngilangin
    rasa sakit nya,,
    yg bagus apa mas
    yg mudah di temui di apotik

    trimksh . . . .

    • obat penghilang rasa sakit sifatnya cuma sementara, 3-4 jam mesti minum lagi. lama2 malah hilang khasiatnya kalau terus2an diminum. belum lagi dosisnya makin besar.

      yang bagus ke dokter, karena dia yang tahu apa yang salah dengan gigi anda hehe.. apa karena saraf giginya terbuka, atau ada semacam kanker di akar gigi, atau infeksi. banyak penyebabnya dan hanya bisa dipastikan dengan periksa ke dokter

  22. Mbak…

    Boleh iku curhat nggak? Huhu..

    Saya beberapa hari lalu sakit gigi yang teramat sangatttt banget (setelah bertahu2 gak pernah lagi ngerasain sakit gigi)

    Jadi gigi saja ada yang bolong. Tapi kayaknya bukan geraham deh, karena letaknya di sebelah kiri atas, dan urutan ke tiga dari belakang. (Ia di depan dua gigi geraham).

    Waktu bulan November tahun lalu, gigi itu patah secuil bagian belakang dan sejak itu jadi ngilu terkadang kalau kena makanan manis. (Kayaknya sih masuk kategori berlubang juga).

    Tapi saya takut ke dokter gigi, jadi sering nunda ‘niat periksa’.

    Tapi karena beberapa hari lalu entah kenapa sakitnya teramat sangat (untuk yg pertama kalinya, sebelumnya gigi yg ini nggak pernah sakit), saat lagi makan pisang goreng, akhirnya mutusin untuk ke dokter gigi. Untungnya waktu tu sakitnya cuma 1 jam, .. saya guling-gulingan di tempat tidur, meringis2 kesakitan, nahan nangis, belu dikasih obat sih..tahu-tahu 1 jam kemudian sakitnya hilang sendiri, dan sampai hari ini, detik ini, nggak pernah sakit lagi. Tapi, tetap saya pengen ke dokter gigi untuk membereskan masalah gigi in. Cuma kok ya rasa berani itu nggak muncul2 >_<

    Ini gigi saya ini kalau menurut mbak kira2 bisa ditambal ga ya? Karena bagian belakangnya sepertinya patah gitu atau mungkin kini sudahberlubang (mengingat dari bulan november sampai sekarang saya belum periksakan ke dokter gigi dan membiarkannya saja).

    btw saya trauma ke dokter gigi, karena dulu gigi saya pernah dicabut padahal giginya lubangnya tidak terlalu parah. Karena saya nggak ngerti dan percaya saja dokternya, ya saya manut-manut aja apapun yang dokter lakukan. Namanya juga dokter gigi.

    Tapi oleh dokter gigi saya yang sekarang, saya malah kena marah karena waktu itu mau saja dicabut giginya, karena gigi yang lubangnya tidak parah (kecil) bisa ditambal atau dibikinkan gigi sambungan. Hiks…. tapi sudah terlanjur dicabut sama dokter yang satu, mau di apa :'(

  23. tapi kalau ntar harus dicabut gimana? :((

    Btw mas, kalau gigi sambungan itu namanya apa ya? Bukan cabut gigi dan bukan ditambal juga, tapi giginya kayak dibungkus gitu, jadi namanya sambungan gigi.

    • kalo mau dibuatin mahkota gigi mesti ke spesialis gigi, jangan ke puskesmas atau poli gigi biasa. karena biasanya penanganan lebih banyak dicabut.

  24. ass. mas mau tanya ttg transplantasi gigi. gigi geraham pertama sudah dicabut, apakah ditransplantasi dgn gigi geraham bungsu kita sendiri. trus biayanya mahal gk?

    • saya kurang begitu tahu, bukan dokter gigi hehe..

      dari literatur yg saya baca, implan pake gigi buatan jenis porselen. sekali implan 10-15 tahun lalu sekitar 2 juta, sekarang bisa belasan juta :P

      makanya orang pilih gigi palsu

  25. Mas saya mau tambel gigi nih tp masih takut buat kedokter gigi…
    Gigi saya graham 2 udah berlubang bahkan yg 1 lg tgl akar saja, saya diamkan slama bertahun2 sampe akhirnya 2 gigi ini tidak menimbulkan masalah lg sampai sekarang akhirnya saya memutuskan untuk membiarkan saja toh dicabut jg gak berani..
    Permasalahan ada pd gigi depan saya di samping gigi kelinci berlubang besar dan sudah keropos 1/4 nya, dulu pernah ngerasain sakit luar biasa karna gigi ini, tp krna lama dibiarkan skrg sdh tdk ada sakit bahkan ngilu pun tidak, tp sy risih karna ini gigi depan jd kalo terlihat sangat membuat tidak percaya diri, blm lg ini sewaktu2 bisa semakin keropos, saya berniat menambal gigi ini, pertanyaan saya :
    Jika saraf gigi saya sudah mati apa perlu dilakukan PSA ?? Mas PSA itu sakit gak sih ??? Saya trauma banget sm jarum suntik

  26. Mas ,
    Kmren gigi graham saya sudah di cabut 2 hari yg lalu ,tiba2 gigi graham yg lain jd geser
    dan juga gusi saya jd bengkak dan bernanah ,pertanyaan saya apakah gigi yg geser t masih bisa di luruskan dan berapa biaya pasang 1 gigi graham kira2 y

    ♧ƭћǟπƙs!♧

    • kalo gusi bengkak bernanah berarti infeksi. usai dicabut biasanya pasien akan mendapat obat penahan rasa sakit dan antibiotik. coba kontrol ke dokter gigi, agar bengkak segera diatasi. cari dokter gigi yang bagus. setelah luka bekas cabut gigi benar-benar sembuh, baru pasang gigi palsu. di dokter gigi, pasang gigi palsu bisa 500 rb, tapi di tukang gigi antara 100-200 rb. kualitasnya tak jauh beda. cari tukang gigi berpengalaman

  27. mas, udah hampir 3 minggu aku menderita sakit gigi…obat dari dokter itu amoxan, tp obatnya udah habis n sakitnya blm sembuh. Trus disaranin minum cataflam dan puyer walangkrik oleh tmnku, sembuh sih beberapa jam, abiz itu kumat lagi…
    skrg kembali lagi ke antalgin…masih nyut2…pengen nangis…
    aku juga takut ketergantungan obat, bahaya buat hati dan ginjal….
    oia, ada 3 gigiku yg sakitnya bersamaan, 2 gigi graham atas bawah, yg 1-nya gusi gigi palsu…gusiku meradang akibat gigi palsu nggak bisa dilepas2…air liur terjebak disana n susah dibersihkan…I am confused, what should I do??

  28. mas,.umur saya 23 tahun. 3 gigi seri depan saya patah bulan desember kemaren karna kecelakaan nabrak anjing. sedih bnget krna saya mau test kerja. tp udah ditambal dulu . tapi kemaren pas saya bngun tidur, 2 gigi tambalan saya patah dan mau lepas. sakitnya juga lumayan. menurut mas sebaiknya diganti dengan gimana?emm,..kira2 berapa masang jaket/crown gigi seri tuh(katanya bagus untuk gigi yang patah).mohon informasinya mas.mohon bnget.

    • mungkin itu tambalan sementara ya. makanya gampang lepas. sebaiknya memang pasang mantel atau crown. kurang tahu beanya, tergantung dokternya. agar murah, berobat saja di klinik gigi rumah sakit swasta, bukan di klinik praktek dokter gigi.

  29. mba, gigi graham saya yg dsebelah kanan atas sakit bgt, dlu wktu kecil (8th) sempat goyang, tpi saya hiraukan, skarang malah jdi 2 gigi yg menumpuk tpi terpisah, krena ada prtumbuhan gigi baru, dan skarang (17th) gigi graham yg tumbuh itu (yg baru) goyang, tpi goyang’a gk goyang2 bgt, lalu saya paksa biar goyang’a tambah kencang, tpi hasilnya malah sakit luar biasa, saya pingin’a cabut mba, krena gk tahan dgn sakit’a, dan lagi pula bntuk gigi’a jelek (gak berarturan), mohon solusi’a mba !?

      • ia, tpi klo keadaan’a masih sakit boleh dicabut? dan goyang’a pun gk kencang2 bgt, takut mba, ktanya klo gigi yg gk goyang/goyang bru sdikit gk boleh dicabut, apa lagi gigi geraham atas, ktanya bisa mengalami kebutaan, btul gak mba?

      • justru itu mesti ketemu dokter gigi langsung untuk mengetahui tindakan yang harus dilakukan. diagnosa ditegakkan setelah melihat langsung kasusnya. soal sakit tidaknya, kalau dibiarkan malah menyiksa dan lebih sakit. mending sakit sebentar lalu sembuh

  30. Klo perawatan saluran akar, tapi akarnya sudah mati , kira2 brp Ÿª biaya nya ?? Aq tanya di klinik dokter barata jaya itu sekitar 800 ribuan, mahalll banget…

    • kalau di dokter praktek memang mahal. kalau mau agak murah ke rs umum yang punya klinik gigi. itu pun beanya 200 ribuan. makanya, untuk menghemat ongkos banyak dokter gigi menyarankan dicabut saja, lebih murah.

  31. Aq kmaren abis perawatan akar gigi, inii kunjungan yg ke pertama, katanya sih akarnya sudah mati, tp tetep d rawat akar nya. Tp sepulang dr klinik, gigiku sakit sampe 3 hari an trus gusiku yg diatas gigi sakit td kyk ngeluarin nanah, pdhl pas waktu prawatan Ъќ sakit sama sekali.. Gigiku jg udah di kasih tambalan sementara. Kenapa Ɣα̩̩º°˚˚°ºα̩̩?

  32. law gigi geraham ku sakit trus goyang,,apalagi dibuat makan sakit bngett…….

    solusinya diapain cz q g kuat sakitnya…..

  33. Mba,, minta solusi dong..
    Gigi geraham saya yg kanan sama kiri berlubang, yg satunya msih bsa ditambal.tapi gigi kanan saya keropos dan tinggal setengah.. Wktu saya periksa dan mau ditambal, katanya udah gk bisa harus dicabut.. Klo dicabut msih bisa tmbuh gk dlam setahun? Umur saya skrang 16 thn.. Tlong ya solusinya..

    • kalau itu geraham bungsu yang baru tumbuh setelah dewasa jelas nggak bisa tumbuh lagi. kalau harus dicabut cepat ganti dengan gigi palsu agar gusi tidak turun. pada beberapa orang memang berbakat giginya menjadi keropos (bisa karena makanan atau keturunan)

      • Tapi ada juga yang bilang kalo blum pernah dicabut bisa tumbuh. Itu bener apa gk? Saya mah dripada pake gigi palsu lebih baik gk usah dicabut deh :D

      • kalau geraham itu berasal dari gigi susu semasa kecil, tentu bisa tumbuh lagi. tapi kalau bukan, ya ga bisa. ada geraham yang tumbuh setelah manusia menginjak dewasa, namanya geraham bungsu.

        soal dicabut atau tidak itu pilihan kita. apakah nantinya lubang sampai ke saraf gigi, menyebabkan infeksi dan sakit, itu juga pilihan kita tahan menanggungnya atau tidak.

      • Oo.. Gitu ya.. Klo gigi palsu buat geraham itu brapa kira2 biayanya mba :D mklum, msih anak skolahan :D

  34. Waduuuhhhh… punyaku udah 24 gigi geraham dicabut… dengan kalkulasi, 2 gigiku, 22 gigi tetangga.. Benar bro… jangan dicabut, lebih baik ditanam aja.

  35. Sekedar mengingatkan kawan-kawan disini yang berpikir mau implan gigi. Implan gigi itu sebenarny sangat berbahaya dan beresiko. Ceritany waktu saya ingin membuat gigi palsu untuk gigi saya, sy tanya tentang implan gigi. Dokter bilang ‘jangan implan gigi, lbh baik gigi palsu jauh lbh aman’. Dan dia menjelaskan ada pasien ibu-ibu yang datang padany, seluruh giginya di implan lalu wajahnya membengkak dan gusinya busuk smua sampai hitam karena keracunan. Implan gigi itu teknik yang menjebol tulang rahang kita, menggunakan bahan titanium atau plastik. Jebol/ menancapkan tulang itu sangat berbahaya, krn sekali salah jebol gak bisa diapa2in lg. kita memasukan benda asing ke dlm tulang, maka itu kita harus tes darah dulu kira2 apa ada alergi Atau tidak. Implan gigi juga bisa menyebabkan sinusitis, dan yang terburuknya kanker tulang. Kedokteran luar negri bilang, dokter2 di Indonesia berani2, dan pasien2 di Indonesia lebih berani lagi, mereka punya uang dan siapa dokter yang gak mau?? Sekali jebol 25-30jt hanya untuk satu gigi. Maka dr itu di indo sebelum action, pasien diminta tanda tangan kontrak kalau semua tindakan dan resiko menjadi tanggung jawab pasien. Sebetulnya implan gigi itu cuma cocok untuk pasien umur 90th keatas(yg artinya implan gigi itu bisa dibilang metode gagal, sukur2 bisa hidup segitu lama). Jadi, pertimbangkan dahulu sebelum mau implan gigi. Saya menyarankan jauh lbh baik gigi palsu saja. Info ini sy dpt dr ahli gigi berpengalaman.

    • saya juga setuju, lebih baik pakai gigi palsu. sudah belasan tahun saya pakai gigi palsu dan sejauh ini tak ada masalah. murah lagi

  36. mau tanya mas, hari kamis tgl 25 april sore kemarin saya cabut gigi (mungkin gigi geraham) kanan bawah,giginya uda tinggal separuh karena dinding yg bagian dalam uda ga ada.
    kasus nya sebelum cabut gigi, memang sudah berlubang besar dan dindingnya atau mahkota(mungkin) sudah tidak utuh.sebelumnya tidak sakit tp bbrp minggu sempat sakit sekali saat gigi tsb saya pakai untuk mengunyah makanan,ngilu sekali rasanya,shg saya putuskan untuk d cabut.proses pencabiutan sekitar 1 jam dan sangat susah, kata dokternya posisinya terjepit dengan gigi yg paling belakang(mungkin gigi bungsu). saya juga dengar ada suara gigi saya di patahkan karena saking sulitnya.sekarang obat sudah habis tp saya masih merasakan sakit.pertanyaan sy apakah mungkin masih ada gigi tertinggal/tidak tercabut atau ada kesalahan dlm pencabutan atau mungkin ada infeksi(karena saya lihat ada seperti benjolan sariawan didaerah yg di cabut)?bagaimana solusinya?

    • kondisi gigi saya sama dg mas andree, awalnya nat saya mau ke dokter gigi untuk cabut gigi, tapi setelah membaca cerita dari mas, saya jadi takut, ..gigi geraham saya masih kuat, gak goyang, klo dicabut pasti sulit dan akan membuat sisa gigi akan pecah.. bingunga jadinya.

      • ya ke dokter gigi saja, minta pengobatan terbaik, dicabut atau bisa ditambal :P

  37. Pingback: Sakit Gigi? Mungkin Gigi Anda Berlubang! | Othervisions

  38. permisi, numpang nanya pa’e
    aku punya masalah tentang gigi nie..
    satu gigi geraham bawah barusan selesai di tambal, sebelah nya ada dua gigi geraham yang berlubang dan kata dokter itu harus dicabut , makanya aku cabut 2 gigi geraham kanan tersebut, tapi setelah dicabut bukannya sembuh malah tiap hari hampir sering sakit…aku balik ke dokter giginya tapi kata dokter giginya bekas cabut kemarin ada tulang gigi yang timbul sehingga harus dilakukan operasi kecil, dibedah terus di jahit..setelah check up lagi untuk buka jahitan , katanya hal itu sudah beres,,tinggal nunggu obat resep habis dan sembuh , 2 hari kemudian setelah habis obatnya bukannya tambah sembuh, malah sakit hampir tiiap hari,,aku jadi bingung harus diapain lagi, minta saranya ya pa’e. mksh

  39. Permisi, numpang tanya Mas.. Kalau dr.Lingga itu masih tinggal di deltasari kah? Buka praktek di rumahnya ngga ya? terima kasih

  40. dok klk gigi depan berlubang sampai dalam tp masih bagus, dan 1 gigi depan patah dan belubang .kt dokter puskes suruh dicabut . tp aqu takut dicabut. klak ditambal atau pun cara nya kecuali dicabut gimana caranya dok , kasih saran ya dok

    • jangan datang ke puskesmas, ke poliklinik gigi rs, temui bagian konservasi gigi. baru minta saran untuk memperbaiki gigi patah dan gigi yang berlubang :P

  41. Aq kan dah selesai Prawatan saluran akar , tapi akar ku udah mati,, setelah PSA itu lebih baik di tambal permanen atau pake crown ٻ ??? , soalnya crown nya sendiri mahal hargane 1,5 juta dan pasakx 450 ribuan.. Klo di dokter lingga brp ٻ harga crown nya??

  42. gigi geraham kanan saya sudah hancur yg ke 2 dr belakang sisa dikit mungkin ya.. tp pas saya pegang ato makan di mulut kanan biasa aj tidak terasa sakit bgt (tp ada sakit nya jg cmn ms b s ditahan).. nah disini masalah nya saya menderita sakit saraf yg nyebelin jg nyeri nya nyebelin tp ms bs ketahan dr pundak leher sampe kekepala rasanya… apakah ini faktor dr gigi jg atau sakit dr mana ya? mohon pencerahan nya

      • ♍àΰ tanya, skrg ini sy Sakit gigi luar biasa sakitnya dan sdh ke dr gigi 2 org . Yg terakhir sy kesana hour selasa dan gigi sy dibersihkan dan diberi semacam tambalan dan hrs kembali lg hour jumat. Kt dr Πўª kl sdg dilakukan mematikan saraf gigi mmg akan terasa Sakit . Tp waktu sy minum amoxan dan …flam tiba2 nyeri. Tdk hilang dan bertambah bengkak, mata sy jg ikut bengak sdngkan sy hrs balik ke dr hour jumat krn bsk libur ɑ̤̈̊ɑ̤̈̊ yg hrs sy lakukan? Tks

      • beda orang memang beda kasusnya. saya sendiri tak merasakan nyeri saat mengalami perawatan saluran akar. bahkan obat anti sakit yang diberikan dokter tak saya minum.
        cara satu-satunya memang kembali ke dokter gigi. untuk mengurangi nyeri bisa dilakukan meditasi atau kompres dengan air panas

  43. Mau tanya, kalo di dr. Lingga temennya mbak, tarifnya berapa ya? Tambal gigi sama perawatannya. Lalu minimal perawatannya berapa lama? Seminggu sekali kah?

  44. Hmmm hai gan…
    Ane baru pulang dari dokter gigi (browsing2 tetang mematikan syaraf gigi nemu curhatan ente)
    ikut curhat ya pengalaman ane barusan, Awalnya gigi ane berlubang 1 udah lama banget 1 tahun yang lalu tapi selama itu tidak merasakan sakit apa-apa dan akirnya pada minggu-minggu kemarin gigi ane tumbang lagi eh maksutnya berlubang lagi disebelah kanan yang pertama disebelah kiri mungkin gara-gara yang kanan dipakai terus selama 1 tahun tidak pernah gantian sama gigi sebelah kiri karna sudah berlubang (gigi kiri) akirnya gigi kanan terkikis juga dan menimbulkan rasa sakit disertai nyeri-nyeri gitu rasanya bener-bener tidak nyaman buat ane (masak buat ente sih :D) ane mau ke dokter gigi takut mahal dan denger-denger cerita kalo lagi sakit dokter tidak mau nambal nunggu sembuh dulu. Akirnya beberapa hari ane ati-ati saat makan, sampe ane kasih lakban gigi kiri yang berlubang ane biar tidak ada makanan masuk tapi al hasil labal lepas hahahaha ide yang konyol :D, akirnya sembuh juga sakit itu ketika ane minum wedang jahe. Ke esokan harinya ane ke dokter gigi dan gigi kiri kanan ane di bor semua setelah itu ditambal sementara dan beberapa hari lagi suruh datang lagi. Setalah beberapa hari ane datang lagi dan ditanya gimana ada keluhan tidak? kata bu dokternya, dan ane jawab tidak ada bu semua baik-baik saja. Eh akirnya di bongkar lagi tu tambalan dari yang kanan dulu setalah itu langsung ditambal permanen dan selesai, tetapi ada malah lagi yang kiri saat dibongkar ternyata sudah mengenai jaringan syarafnya tidak bisa ditambal permanen harus dimatikan jaringan syarafnya terlebih dahulu (dalam hari ane yah sakit ni, nyesel deh dulu dibiarin aja ) akirnya gigi ane dimasukin bor lagi dan di kurek-kurek tau deh dikasih apaan sampe sakit banget berdarah juga huhuhuhu :(( , eitt tapi habis itu dikasih obat apa gitu rasa sakit hilang dan ditambal sementara lagi serta dikasih obat untuk mematikan syaraf.. Hmmm dan sampe rumah browsing-browsing deh nulis ini sambil ngerasain sakit padahal dulu yang kiri kagak sakit…

    nah kesimpulanya = Bagi anda yang mengalami sakit gigi atau gigi berlubang mulailah dari sekarang untuk ke dokter gigi sebelum terlambat seperti gigi kiri ane, walaupun awalnya tidak sakit tapi akirnya seperti ini.. Hmmmmmm

    • itu sebabnya 3 bulan sekali mesti ke dokter gigi untuk cek ada ga lubang pada gigi. sebelum terlambat dan habis banyak buat berobat gigi

  45. Kalau kasus saya gimana ya mas,saya barusan cabut gigi 2 sekaligus. gak tau gigi apa itu yg pasti dua gigi belakang gigi taring bawah. awalnya gk dicabut cuma ditambal tp tiap dibuat ngunyah makanan sakitnya masya allah sampek nangis2 dikamar trus saya putusin buat cabut saja mas drpd terus sakit loq dibut makan. 2 gigi itu yg satu berlubang dan yg satu tinggal akar mas berjejeran giginya. kata dokternya kalau sudah sembuh langsung dipasangkan gigi palsu saja biar gak miring kedepannya. katanya gigi palsunya yg biasa dan pakek kawat itu 2 gigi 250 mas dan yg bagus 2 gigi 500rb. memang segitu ta mas,pa da gigi palsu yg lebih bagusan lg dan nyaman dipakeknya dan dibuat makanpun nyaman. trimakasih…

    • saya malah ke tukang gigi, bayar 75 ribu/gigi. awal memakai gigi palsu memang terasa ada yang janggal, tapi begitu selalu dipakai akan nyaman dan terbiasa.

  46. gigi geraham 8 saya 2 bulan lalu sakit karena berlubang, sudah ke dokter di obatin dan rasa sakit itu hilang, tp dua bulan kemudian sakit itu dtng lagi, balik lagi kedokter yg dlu dan dikash penanganan yang sama tp sakitnya ga hilang juga, dan di anjurkan di cabut tp melalui operasi kecil di RS (karena gigi miring), pindah ke dokter lain untuk di tambal tp dokter trsbut juga tdk bisa menambal n di anjurkan untuk di cabut juga dgn melalui operasi kecil di RS.
    saya mau nanya apakah memang gigi saya sudah tidak bisa di obati dan di tambal sehingga harus dicabut, kira2 brp ya biaya cabut gigi dgn operasi kecil dan apa efek sampingnya?

    • di poli gigi rs swasta, cabut gigi cuma 50 ribu (ongkos bayar karcis), tapi mesti beli obat di apotik. setelah dicabut, cepat pakai gigi palsu, dijamin nggak ada efek sampingannya.

  47. Rasax ingin segera bertemu dgn dokter itu,
    sekarang sy sedang mangalami gusi bengkak krn sementara berlangsung tambal sementar, rasax menyakitkan sekali saat makan, maux perawatan saraf sj deh tp kira2 sekitar berapa adminx tiap kali konsul yah?

    • saya tidak ke praktek dokter, tapi ke rs adihusada, bagian poli gigi. hanya bayar karcis 50 ribu dan menebus resep obat setelahnya.

  48. Terlanjur dicabut. sudah seminggu masih berlubang gusinya. Kira2 ada Tips Biar Cepat Sembuh ga ya??? Terus Kalo Keadaanyya Seperti ini, bisa dipasang Gigi Palsu???

    • kompres dengan es batu. setelah sembuh, pasang gigi palsu segra, ongkosnya antara 75rb-150 rb di tukang gigi, kalau di dokter gigi antara 250rb-500rb

  49. mau tanya
    saya 19 thun, gigi taring kiri atas saya goyang.. ga trlalu goyang bgt sih..
    trus kmrin hbis fto panoramik,. kta dokter it gigi susu, tp ga ada benihnya, dan akarnya udah keropos..
    apa hrus dcbut ya? dan pakai gigi palsu?
    atau bisa kuat lg? mohon sarannya
    makasih..

  50. Gigi kelinci saya yg tngahnya di tambal mas, 6bln yg lalu tp msh bagus tambelannya. Tapi skrg rasa ngilu banget di salah satu gigi kelinci nya,kalo disentuh lidah sakit banget :(
    Itu kenapa ya?
    Saya br tnggal di kota tangerang, dimana ya tempat poliklinik gigi di rs swasta yg mas bilang kl disni. Mksih ya mas sblmnya :’)

    • saya juga bukan orang tangerang, coba tanya sekitar mana rs swasta yang bagus dan punya poli gigi
      mungkin rasa ngilu karena pulpa sudah terbuka, sehingga saraf gigi tak lagi berpelindung (keterangan bisa baca: sakit gigi? mungkin gigi anda berlubang),

      salam,

  51. Salam..saya cew usia 22th..

    dulu semasa msh kecil, saya plg takut utk cabut gigi ke dokter gigi..
    keturunan keluarga saya smw penyakitan gigi, mereka blg itu kekurangan kalsium, sehingga gigi saya mudah keropos..
    alhasil banyak geraham saya yg tidak dicabut, dan berakibat gigi tsb busuk, dan hanya tgl sedikit (akarnya saja)..
    saya sudah pergi ke puskesmas terdekat di padang..
    mereka blg gigi saya sudah terlalu parah.. daging2 sudah menutupi gigi..
    sehingga tdk bs dicabut.. n hrs dibawa ke RS besar..
    sedangkan biaya naa sgt besar..
    dokter2 trs sll berkomentar melihat parahnya gigi saya, n itu membuat saya sedih n malu..
    apa yg harus saya lakukan dokter..
    apakah ad solusi lain yg bisa dilakukan…

    • ada rsud di padang, pergi ke poligigi sana saja. lebih murah ongkosnya. setelah gigi dicabut, lalu pasang gigi palsu. kalau ke tukang gigi, paling hanya 75rb-100 rb

  52. mas, saya mau tanya nih, gmna yah cara ngilangin sisa makanan yang terselip di gigi geraham??soalnya udah mulai nyut2an nih, selipnya sih tadi malem waktu saya makan daging nah nyut2an’y mulai terasa pagi ini mas padahal saya sudah sikat gigi, saya khawatir efeknya akan berkelanjutan, tlong informasi dan solusinya ya mas, mkasi.

    • kalo disikat ga hilang ya pake dental gloss. kalo mulai nyut-nyutan berarti mulai berlubang. coba baca yang artikel : sakit gigi? mungkin gigi anda berlubang. di sana disebut banyak penyebab sakit gigi karena gigi berlubang.
      kalo gigi berlubang, mesti ke donter gigi buat ditambal segera

  53. Saya lagi searching tentang sakit gigi karena saya sedang mengalaminya, dan kebetulan menemukan artikel Anda.

    Saya mau tanya nih. Saya mengalami sakit gigi (masih tidak begitu parah, hanya terasa senut-senut sedikit) pada hari Sabtu, 5 hari yang lalu. Terasa akar masalah karena gigi nomor 3 dari kiri bagian atas. Keesokkannya, rasa sakit makin bertambah, rasanya saya ingin lompat dari lantai 2 saking kesakitannya, haha. Seseorang menyarankan saya untuk minum ponstan. Syukurlah rasa sakitnya saat itu juga mereda. Keesokan harinya lagi, saat mau tidur, saya kembali mengalami rasa sakit itu. Mungkin karena terlalu capek mengeluh, akhirnya saya ketiduran, tapi saya terbangun saat menjelang subuh karena rasa sakitnya. Saya minum ponstan lagi dan perlahan hilang.

    Hari ini saya, saya mengalaminya lagi. Tidak begitu parah, tersentuh lidah tidak terasa sakit, Hanya, jika saya “menekan” gigi nomor 3 dari kiri bagian atas itu dengan lidah, baru terasa sakit. Mau mengunyah makananpun saya terpaksa pelan-pelan agar gigi itu tidak beradu. Saat ditekan lidah, saya merasa gigi itu goyang, tapi tidak terlalu. Apa menurut Anda lebih baik dicabut atau dibiarkan saja? Dulu sebenarnya saya juga pernah mengalami ini karena makan daging. Namun, setelahnya hilang.

    Maaf ya cerita saya panjang :D Biar jelas aja. Terima Kasih :)

      • minum amoxilin n cataflam. 3×1 . itu obat anti nyeri n antibiotik. minum barengan. kl gag mefinal dan amoxilin. ponstan dosisnya tinggi :)

  54. Permisi. Ikutan curhat.
    gi2ku graham bintik htam disamping. Takut tambah parah, aku ditambal di poli gigi. Udah 1 tahun berjalan, kadang2 terasa ngilu. Eh g taunya tambalanya bocor, trz lepas tambalanx. Parahnya lg tambah besar lubangx. Aq cb ke dokter praktek. Kata dokter lubangx udah dalam cm giginya msh hdup. Jd perawatan dulu br bs ditambal permanen. Apa memang kalo tambal di poli rumah sakit asal2 gitu ya

  55. gigi sya ada 3 yg brlubang,1 d antra nya tinggal akar nya aja..kmaren sakit tp tba2 dia smbuh lagi…gmana ngatasi rasa skit nya? apa perlu d cbut smua? mhon solusi nya dr.mksh ya

  56. Mba Ary~ salam kenal sebelumnya… Nama saya Mawar Alanisa.

    Tadi siang baru saja saya dari Siloam, Bingung mau ngemanain gigi graham yang sudah berlubang parah ini.. awalnya gigi saya berlubang /dari luar baik baik saja kelihatannya tapi dalamnya “ngerong” krn ndak sakit tak biarin aja, sampai 2 graham atas pecah, bawah juga pecah dan sisanya sakit banget …

    Di Siloam tadi oleh dokter di liat (graham bawah saya) dan di kasi obat buat ngempisin bengkak gusinya sudah kena charge 435ribu… T_T

    Di kasi rujukan (pertama) ke lab Parahita untuk foto gigi. Dan satu rujukan lagi ke Dokter Bedah Mulut untuk membedah gusi dan mengambil sisa gigi dan melakukan perawatan untuk graham sebelahnya yang tertular (bolong). Saya dengar” oprasi bedah mulut di sini bisa 3,5jt…

    Ini saya belum berangkat foto gigi krn horor biayanya, Minta tolong share DIMANAKAH kiranya yang harganya terjangkau…

    - poli RS mana yang sebaiknya saya kunjungi, Adi Husada Kapasari atau Undaan Wetan ?
    - foto gigi (panoramic) ?
    - bikin gigi palsu ?

    Informasi dari Mba Ary akan sangat membantu sekali buat saya.

    • mungkin itu yang mahal antibiotiknya, sama ongkos dokter. siloam kan masuk rs internasional.
      saya dulu berobat ke poli gigi rs adihusada di undaan wetan. cuma bayar karcis 50 rb (nggak tahu sekarang berapa tarifnya), tapi obat beli sendiri di luar. waktu perawatan saluran akar kena Rp 150.000.
      sekarang saya ‘teledor’ dengan gigi, merasa sakit, saya biarkan. infeksinya sampai ke tulang pipi dan menyebabkan abses. kalau dg antibiotik ga bisa (antibiotiknya paling keras, harganya Rp.25.000/butir) harus dioperasi.
      saran saya, jangan anggap remeh jika sakit gigi atau gigi berlubang

  57. Saya punya gigi geraham, dalam 2 tahun gigi lubang dan semakin membesar, sekarang sakitnya bukan main, ketika ke dokter cuma dibersihkan dan diberi obat. Tetapi tidak pengaruh masih sakit sampe sekarang. Lalu saya berikan dentasol obat cair mengandung lidocain nya, hanya sesaat langsung reda sakitnya tetapi kadang dalam satu hari sakit terus menerus. Saya bingung harus bilang apa lagi ke dokter.

    • biasanya sih diberi obat untuk menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan infeksi. kalo rasa sakit hilang, baru ditambal atau dicabut tergantung kerusakan. paling enak memang dicabut, menghilangkan infeksi dan sakit yang terus menerus. lalu pakai gigi palsu.

  58. Saya juga habis cabut gigi, walaupun hbs itu nyesel. Tapi ♏ªªªuuu gimaήa ℓάgi …. Udh terlanjur. Oh ya mas… Gigi palsu nya itu model lepasan atau gimaήa ya…

    • kalo giginya infeksi, sudah bernanah, mending dicabut. karena infeksi gigi bisa nyebar ke pipi, otak, juga jantung. gigi palsu bagus yang lepasan, karena mudah dibersihkan dan tidak membuat infeksi di rongga mulut. atau pilih implan kalau malas lepas2 gigi, harganya sekitar 10 juta satu gigi

  59. Pingback: Bila Infeksi Gigi Pindah ke Pipi | Othervisions

  60. hal itu lg dialamin sama sy. udah 1 tahun lebih ngunyah pake gigi yg disebelah kanan krn sebelah kiri geraham kirinya bolong jd kl dipake ngunyah sakit bgt. apalg kl ada makanan yg masuk ke bagian yg bolong. rasanya pengen lgsg dicabut aja. tp berkat artikel ini sy lebih ngerti tntg gigi yg berlubang. tp akibatnya ada karang gigi & geraham kanan jd bolong jg. dan makasih banyak kak infonya.

  61. pacar saya udh cb ke dokter gigi. udh dilakukan pencabutan tp gag jd cz dia ngerasa bius msh berasa. bermasalah di gigi geraham bwh kanan, bahaya gag seh udh di bius tp gk jd di cabut. kni udh seminggu udh rutin minum obat msh skit jg?

  62. pacar saya udh cb ke dokter gigi. udh dilakukan pencabutan tp gag jd cz dia ngerasa bius msh berasa. bermasalah di gigi geraham bwh kanan, bahaya gag seh udh di bius tp gk jd di cabut. kni udh seminggu udh rutin minum obat msh skit jg?
    mhn infonya yaa

    • ga juga, obat bius kan cuma berfungsi mematikan saraf sementara. yang tahu benar harus tidaknya dicabut berdasar kondisi gigi ya dokter gigi. yang penting saat dicabut, infeksi sudah hilang. kalau soal gigi masih sakit, ga masalah

  63. Boleh tau tempat praktek dokter Lingga?tpi yang poli saja.hehehehe…nyari yang murah.ini lagi ada masalah ama gigi.kemarin datang ke dokter di puskesmas disuruh cabut.tpi ndak berani.hehehehehe….

    • di poli gigi rs adihusada, di sana ada 3-4 dokter gigi, ditangani secara acak. karcisnya 50 ribu. belum termasuk resep obat dan bea pendaftaran

  64. Suami saya hbs kecelakaan nih gigi depan atas copot 3gigi. Awalnya uda d bedah mulut di siloam kena 3Jt tuh belum biaya lain2 ya.. Trus d saranin rawat akar gigi, 1gigi kena 1Juta. Itu info yang rawat akar gigi 250rb sampek skg kah ? Trs itu disana dokternya ciamik smua atau cuma dokter lingga ya? KAlau misal minta dokter lingga yang tanganin gitu bisa kagak? Hehehe Tq

    • wah kurang tahu saya, coba aja. kalau dokter giginya abal-abalan, ga bakal direkrut rs tsb hehehe. atau coba aja ke fakultas kedokteran gigi unair, lebih murah. yang merawat mahasiswa yang praktek. tapi pengawasnya para profesor kok

      • Oke.. Kamsia infonya,rencana besok mw k adi husada. Trus mw nny lg nih.. tukang gigi yang bagus d sby dmn ya gan? sama info dong barangkali ada info harganya. Tq

      • harga membuat gigi palsu antara 50-150 ribu, tukang giginya banyak di daerah blauran, pasar atom, juga di buku kuning (yellow pages) milik telkom

      • sayangnya ga bisa. saya tidak sedang di surabaya sampai januari th depan, sedang di lain pulau. semua alamat ada di rumah surabaya. kalau mau bagus ya ke dokter gigi, pesan di sana langsung. paling harga satu gigi palsu 500 ribuan

      • pasang gigi terakhir saya cuma telpon, teman yg nelponin, dan hp saya rusak. no hilang semua

    • di mana? kalau cari murah, di puskesmas. agak mendingan harganya di fakultas kedokteran gigi universitas setempat, jadi bahan praktek mahasiswa, tapi pengawasnya para dokter gigi senior.
      agak mahalan lagi di poliklinik gigi rumah sakit swasta atau negeri, cuma kena karcis masuk (sekitar 50 ribu lebih), tapi masih harus beli obat sendiri.
      paling mahal, ya di klinik praktek dokter gigi.

      di indonesia dokter giginya tergolong lebih murah daripada di malaysia atau singapura. kalau boleh saya nasihatkan, soal gigi jangan terlalu pelit. akibatnya bisa fatal. melebihi sakit jantung atau hati.

  65. betul selain tidak pelit, jangan ke dokter gigi kelas abal-abal alias tidak terlampir, mungkin lulusan cuci gudang, dokter mahal belum tentu terampil. Selidiki dulu dari lulusan dokternya, kalau bagus biasanya dari universitas negeri. Kalau mau cabut sih bisa ke dokter abal-abal. tapi kalau perawatan gigi kayak nambal atau pasang gigi, harus pasang telinga yang mana yang baik. perawatan pembersihan gigi juga harus ke dokter yang mengerjakannya dengan benar, masa ada dokter yang pake bor diamond yg biasanya dipakai untuk melakukan perawatan penambaln gigi , dipakai untuk membersihkan karang gigi, ia gak peduli kalau email ente terkikis sampai ke dentin. Gak usah segan menolak perawatannya, kalau cuman cabut sih ngampang, tapi kalau penambalan, perawatan gigi lainnya pilih lah dokter gigi yang sudah teruji. Supaya tidak menyesal di kemudian hari. Banyak orang yang kedokter gigi yang prakteknya asal-asaln aja. Jadi saran saya pilih drg dari lulusan universitas negeri saja, karena untuk masuk universitas negeri saingannya berat. Kalau dari universitas swasta pilih drg gigi yg prakteknya sudah lama dan teruji untuk kasus perawatan gigi. Tapi kalau untuk nyabutsih bisalah dari dokter gigi universtas tidak terkermukan.

  66. mas hebat banget commentnya sampe ratusan gini aku sudah baca dr awal hingga akhir, dan jd mengerti ttg apa itu fungsi gigi dan betapa sangat pentingny merawat gigi, saya ingin bercerit sdkt gigi geraham kiri ku ditambal sementara oleh dokter dan gusiku membengkak lau pipi kiriku juga ikutan membengkak, apa sebaiknya dicabut/perawatan saraf? krn lubangnya sudah sangat besar, apa yg lbh bagus? trims

    • kurang tahu saya, mending konsultasi langsung ke dokter gigi. kalau bengkak, biasanya ada infeksi. sebelum ditangani (dicabut atau ditambal), harusnya infeksinya dulu disembuhkan dg minum antibiotik. saran saya, ke poli gigi rs aja, sedikit mahal tapi dokte gigirnya lengkap.

    • Maaf ikutan jawab ya. Saya juga punya masalah yang sama layak mbak. Kemarin akhirnya saya bawa lagi ke drg. Kata dokternya itu abses. Akhirnya tambalannya dibuka lagi dan pas diliat, saraf yang kedua bermasalah (saraf gigi geraham ada 3 katanya). Kemudian saya diberi antibiotik sama anti inflamasi, buat bunuh bakterinya. 4 hari lagi saya diminta dateng lagi kesana, trus diliat kalau masih bisa dipertahanin mau dilakuin perawatan akar, tapi kalau emang udah beneran terpaksa dicabut ya dicabut. Semoga jawaban saya membantu :)

    • wah mesti tanya dokter gigi tuh, kalau ga di puskesmas ya di poli gigi rs, tanya tindakan apa yg bisa dilakukan selain cabut gigi, dan jangan kaget kalau ongkosnya lebih mahal dp di puskesmas

  67. q udah baca maz komentnya dr ataz ampe bawah,, tp q msh bingung mw di cabut apa di tambal… Takut kenapa2 -_-’ cz gi2q 1mggu yg lalu skt n gusinya bengkak trz prksa,, giginya c sembuh tp gusinya msh bengkak dikit.. Pdhl dh minum obat..

  68. Pingback: Si Pemasang Gigi Palsu | Othervisions

  69. gan.. ane mau tanya, dijawab ya? :D
    umur ane 16 tahun. 2 geraham belakang ane bolongnya udah hampir setengah gigi. yang 1 udah ditambal sekitar 2 tahun lalu, ane 5x datang, setiap datang ditambal sementara pakai kapur kalo ga salah.. lalu ditambal permanen warnanya hitam. udah sekitar 6 bulan terakhir ini kayaknya kekikis gitu dan mulai kerasa sakit. ane jadi mikir untuk nambal geraham ane yg 1 nya lagi karna tambal gigi cuma bertahan 1 tahun, udah gitu harganya lumayan mahal (1x pertemuan sekitar 50 ribu).
    ibu ane nyuruh dicabut aja, tapi ane takutt banget, takut dicabut, takut disuntik, kan malu kalo nangis sesegukan di depan dokternya :D trus ane juga ga yakin mau pake gigi palsu apa nggak.
    pengen ngikutin cara agan sih di atas.. tapi ane masih bingung. giginya sekarang gimana gan? apa masih suka kerasa sakit? apa tambalannya bener2 permanen, atau agan harus tambal ulang setiap berapa waktu sekali? atau harus kontrol gitu? bisa dibuat ngunyah makanan seperti biasa? apa waktu ditambal itu sakitnya bener2 sakittt?
    oh ya gan, kalau matiin syaraf gigi bahaya ga? ane maunya giginya ga usah dicabut/tambal, yg penting ga kerasa sakit aja..

    sebelumnya makasih gan :)

  70. mas… gw mau nanya nih…
    gigi graham sya berlubang & lubangnya lumayan besar. awalnya ngak ada masalah tapi udah 2 hari ini sakit & gusi disekitar gigi berlubang tersebut bengkak, malah bengkaknya seukuran kacang…mau kedokter gigi duit blom cukup. tolong penjelasannya….

  71. mas mas.. mau nanya deh, kalau paskitalagi ngunyah pake gigi atas sebelah kiri (biasanya saat makanan yg keras), mata saya yg sebelah kanan yg bagian bawahnya kok terasa gyang goyang ya? itu knp ya mas?

  72. gni y ms brow ggiku yg atas tuh tptnya gigi grham skrg lubang semua dua2ne. sering kumat sih tp aq ksih obt cataplam. lum k dokter sih aq. trs solusinya gmn? hrs dicabut gk. trims

    • ke dokter gigi aja langsung, ntar kalo bisa ditambal ya ditambal, kalau terpaksa dicabut ya dicabut, lalu pasang gigi palsu

      • maaf, ada saran drg spesialis bedah mulut yg bagus dan kisaran biaya operasi cabut gigi bungsu (graham blkg bwh) ?
        tlg info almt drg sp bm trsbt ya..
        tx be4.

      • beda dokter gigi beda tarifnya, kalau praktek di rs lebih murah ketimbang di rumah pribadi atau mall. beda kota juga beda tarif. saya sarankan ke rumah sakit, dijamin dokter gigi spesialisnya bagus dan beanya terjangkau

  73. Sayaa sudah berumur 20 thun dan saya masih memiliki gigi kelinci
    bagaimana cara mengatasinya?apakah harus memakai kawat gigi??

    • konsultasi ke dokter gigi saja langsung. saya bukan dokter gigi, hanya menuliskan pengalaman dicabut gigi :P

  74. Mas. . .saya mau nanya
    gi2 geraham bwah sblh knan sy kmrn trlnjur dicabut, nanti sy brniat untk pasang gi2 palsu n sya pgen pasang gi2 palsu seperti pnya mas, yg bsa dilepas
    yg mau sy tanyakn, perawatanny gmn mas? Dsaat2 apa saja gi2 palsu msti dlepas? N katany kalo pasang gi2 palsu ntar bau mulut, bnr gk? Mksh sblumny

    • gigi palsu saya cuma dibuka saat sikat gigi, ikut disikat. makin sering dipake, gigi palsu makin enak kayak gigi asli. soal bau, ga juga kalo rajin sikat gigi dan berkumur :D

      btw, saya perempuan

  75. Gara2 gi2 sya dicabut, sya nangs sehari smlem, tkut makan minum, gk bsa tdur jg ;-( sya nyesel bngt gi2ny dicabut. Gi2ny emg brlubang, tp gk pernh sakit gi2 n gk ada keluhan apa2, tp pas kmrn k drg, doktrny blg msti dcabut soalny gi2ny udh mati n brwarna abu2 trus lg gi2 disampingny tumbuh msuk k lubang itu. Bnr2 mumet n dilema ;-( kta tmen mstiny gk usah dcabut jd tmbh nyesel ;-(

  76. Hehehe. . .kirain cwok :D gipal yg mbk pake yg make kawat buat dikaitkn ke gi2 sblah apa yg ditempel aja?
    Oh ya, kumurny make air biasa apa make obt kumur?

  77. Ktany kalo dikaitkn pke kawat bhaya mbk? Bsa karatan, bnr gk? Oh ya, bekas gi2 dicabutkn gusiny jd brlubang, kalo gosok gi2 n bulu sikatny kena gusi yg brlubang itu gmn mbk? Sx lg Mksh ya, maaf kalo cerewet :(

    • kurang tahu. saya cari yang murah saja. maklum, cabut giginya aja gratis :P

      saya pake sikat gigi yang super halus. agak mahalan tapi aman

  78. Tapi yah, aku kalo dateng ke dokter gigi pasti disuruh cabut emg sudah belubang parah tapi dokter tak menganjurkan cara lain? ini namanya dokternya yg pengen cepat2 biar semua beres! menyebalkan bukan?

Leave a Reply

