Tags

, ,


Tulisan saya tentang ‘Nikmatnya berobat ke Penang’ mendapat banyak kunjungan dan pertanyaan. Rupanya masih banyak orang Indonesia yang butuh informasi tentang pelayanan kesehatan di negeri tetangga. Saya harus bersyukur pernah mencicip pelayanan kesehatan di Penang, walau saya tak menyukai jatuh sakit.

salah satu menu sehat ala rumah sakit

Saya ingin berbagi sedikit tentang berobat di Penang. Sepengetahuan saya di Penang ada beberapa rumah sakit swasta yang dibanjiri pasien asal Indonesia, diantaranya adalah : Lam Wah Ee Hospital, Penang Adventist Hospital, dan Island Hospital. Saya akan menjelaskan tentang Lam Wah Ee Hospital dulu.

Di Lam Wah Ee, Anda bisa langsung berobat dengan membawa surat pengantar atau data yang berisi history perawatan kesehatan Anda di Indonesia. Anda tinggal mendaftar di resepsionis, lalu oleh resepsionis akan segera diantar menuju dokter yang sesuai untuk berkonsultasi. Saat konsultasi ini, Anda akan melakukan pemeriksaan laboratorium jika dianggap perlu.

Yang menarik, Anda bisa melakukan semua ini tanpa membuat janji lebih dulu. Bea konsultasi dibayar paska konsultasi, sedang bea cek laboratorium dibayar saat itu juga. Semua ini bisa berlangsung sehari, dan begitu Anda membutuhkan pengobatan lebih lanjut, rawat inap, atau operasi, Anda bisa melakukannya keesokan hari.

Jika harus menjalani rawat inap karena operasi misalnya, Anda harus mendepositkan sejumlah uang tertentu. Jangan khawatir jika tak punya ringgit, rumah sakit juga dilengkapi dengan money changer dan bank. Pemilik kartu atm bank niaga misalnya, bisa menggunakannya di bank CIMB sini.

Soal bea perawatan, Lam Wah Ee tergolong murah. Saya pernah menjalani pengangkatan tumor. Bea 3 hari menginap dan operasi tak sampai 1000 ringgit. Tarif kamar seperti bangsal misalnya hanya 35 rm, termasuk 3x makan dan 2x snak. Bangsal di LWE jangan dibayangkan sama dengan bangsal di rumah sakit Indonesia. Walau bangsal dan berisi 8 pasien dalam satu kamar, tapi dilengkapi AC, dan perawat yang selalu siap melayani. Masalahnya hanya pada letak toilet yang jauh di ujung, sehingga harus berjalan kaki. Namun toilet ini dilengkapi dengan air panas maupun dingin, serta lumayan bersih.

Setiap pasien yang menjalani rawat inap diperbolehkan ditunggu seorang keluarganya, dengan jenis kelamin yang sama. Suami misalnya, tak boleh menunggu istrinya seharian di rumah sakit. Namun ibu si istri, atau anak perempuannya, diperbolehkan menungguinya.

Bagaimana soal makanan? Lumayan menunya. Lengkap antara telur dan ikan. Saya jarang melihat daging merah atau ayam. Menu berganti setiap hari. Seusai makan pagi akan ada pengawas menu rumah sakit yang menanyakan pendapat pasien tentang menu hari itu. Selain itu akan datang petugas yang menanyakan tentang pelayanan rumah sakit. Saya pikir ini sebagai evaluasi bagi LWE untuk mengutamakan service terhadap pasien.

Yang menyenangkan, perawatnya sangat ramah. Mereka menguasai sedikitnya empat bahasa, yaitu Inggris, China, Melayu, dan Bahasa Indonesia. Beberapa diantaranya menguasai Bahasa Tamil atau India. Ini karena Malaysia memang terdiri dari tiga ras, China, melayu, dan India.

Oya, tak semua dokter spesialis ada di Lam wah Ee. Spesialis bedah plastik misalnya, tak ada di sini. Ini spesialisasi yang lumayan langka di Penang. Adanya di Loh Guan Lye Hospital, Adventist Hospital atau Island Hospital. Itupun Anda harus antri dulu berminggu-minggu untuk mendaftar. Jadi kalau mau operasi plastik misalnya mending ke RSCM Jakarta atau Singapura sekalian. Ongkosnya nggak beda jauh.

Di antara orang Malaysia sendiri, Lam Wah Ee dikenal sebagai satu-satunya rumah sakit swasta yang masih memperhatikan pelayanan sosial selain mencari profit. Ada beberapa warga lokal/tempatan yang dibebaskan dari bea perawatan, ada juga yang berhutang bea rumah sakit dan dicicil perbulan. Namun saya rasa hal ini tak berlaku bagi pasien asing. Saya lebih suka berobat di Lam Wah Ee ketimbang rumah sakit kerajaan karena ongkosnya lebih murah. Sebagai contoh, bea konsultasi hanya 35 ringgit, di rumah sakit kerajaan orang asing dikenakan bea 60 ringgit setiap konsultasi dengan pelayanan yang lambat dan kerap diskriminatif. Bisa makan hati kita dibuatnya !

catatan.

jika hendak berobat ke lam wah ee hospital sebaiknya membuat janji dulu, email atau telepon (jika email tak dibalas). siapa tahu anda mendapat fasilitas jemput di bandara gratis. jangan sekedar ke lam wah ee karena tergiur murahnya. oya, beberapa spesialis tak tersedia di lam wah ee, jadi memang sebaiknya konsultasi dulu via email atau telepon.

Tentang Lam Wah Ee dan rumah sakit di Penang lainnya, silakan baca ebook Berobat ke Penang. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu..

Link terkait : Wisata Kesehatan di Penang