Tags

, ,

Jika Anda tiba-tiba menderita sakit ketika sedang jalan-jalan di Penang, jangan panik. Ada sebuah klinik yang menyelenggarakan pengobatan gratis bagi warga setempat. Andai berbayar, ongkosnya murah. Klinik ini terletak di Jalan Burmah 182, jadi dekat saja dengan kantor Konjen RI di Penang.

_MG_4338_1_1Gedung klinik menjadi satu dengan gedung Malaysian Buddhist Association. Kalau vihara dan pusat pendidikan buddha ini menghadap jalan, maka P&W Free Clinic menghuni gedung di belakangnya. Untuk masuk ke klinik ini, Anda harus mengambil jalan memutar, tak dapat langsung lewat gedung utama.

Klinik gratis ini merupakan salah satu bentuk pelayanan dharma yang dimiliki persatuan masyarakat buddhist Penang. Kalau di Indonesia, mirip pelayanan kesehatan yang dimiliki Yayasan Tzu Chi. Di klinik ini ada dokter yang memeriksa dan merawat, rumah obat, dan ruang tunggu pasien. Sistem pengobatannya mengacu pada pengobatan China.

Keberadaan klinik ini menarik saya. Penang, khususnya Georgetown, dipenuhi dengan rumah sakit bertaraf internasional. Tapi kota ini dan warganya masih memiliki kepedulian kepada warga kurang mampu dan lanjut usia yang membutuhkan pengobatan murah, bahkan gratis. Warga asing yang kepepet pun dapat berobat di sini, dan dikenai bea sangat ringan. Ingin mencoba? Datang saja!

Advertisements