Tags


Pulau Penang memiliki daya tarik khusus buat wisatawan asal Indonesia, terutama yang datang dari Medan dan  Aceh. Umumnya mereka datang ke Penang bukan sekedar jalan-jalan atau menikmati keragaman kuliner, tapi berobat, entah itu sekedar medical check up, berobat jalan, atau benar-benar serius berobat. Tak percaya?

penangbookBukti paling sederhana adala postingan saya berjudul ‘Nikmatnya berobat ke Penang’ yang sudah dibaca lebih 60 ribu orang, dan dibanjiri ratusan pertanyaan. Umumnya mereka bertanya tentang rumah sakit terbaik, bea berobat, serta penginapan yang nyaman, terjangkau, dan kalau boleh, dekat dengan rumah sakit tempat mereka berobat.

Memang Penang, khususnya kota George Town dipenuhi banyak rumah sakit swasta bermutu, terjangkau harganya, dan baik serta ramah pelayanannya. Secara umum, ada lima rumah sakit yang paling sering dikunjungi oleh pasien dari Indonesia, yaitu:

1.RS Adventist

2.RS Lam Wah Ee

3.RS Loh Guan Lye

4.RS Island

5.RS Kanker Mt Miriam

Masing-masing rumah sakit ini memiliki kelebihan masing-masing. Di antaranya:

1.RS Adventist

Biasa disebut Penang Adventist Hospital, rumah sakit ini terletak di Jalan Burma, di samping Konjen RI di Penang. Jadi termasuk daerah jalan protokol George Town yang ramai dan mudah dijangkau, termasuk oleh transportasi umum semacam bus, dari berbagai arah.

_MG_4406_1_1Di depan PAH berdiri semacam mall yang dilengkapi dengan hotel di atasnya. Jadi, kalau tak mau repot dan memiliki dana cukup, pasien dan keluarganya dapat menginap di hotel ini.

Sekitar 90%  pasien PAH berasal dari Indonesia, umumnya keturunan Batak dari Medan. Konon, para anggota jemaat HGKB mendapat diskon khusus.

2.RS Lam Wah Ee

Lam Wah Ee Hospital terletak di Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim, dan hanya satu bus rapid yang lewat persis di depan rumah sakit. Jadi tak seperti PAH yang dilalui banyak bus umum.

Seperti PAH, LWEH diminati banyak pasien asal Indonesia, umumnya keturunan Tionghoa. Di banding rumah sakit swasta lain di Penang, PAH tergolong paling murah bea berobatnya. Namun, tak memiliki dokter spesialis selengkap rumah sakit lainnya. Jika kebetulan tak ada dokter spesialis sesuai penyakit pasien, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit lain, misalnya Island Hospital.

Tak ada penginapan atau hotel khusus di dekat PAH. Namun ada beberapa rumah yang berada di kompleks perumahan belakang PAH menyewakan kamarnya.

 3.RS Loh Guan Lye

Ada dua cabang Loh Guan Lye Hospital, di Jalan Macalister yang lumayan banyak dilalui bus rapid dan di Jalan Logan.

Dibanding rumah sakit lain, LGLH memiliki perwakilan di Medan dan Jakarta, sehingga calon pasien dapat berkonsultasi dulu sebelum datang ke Penang. Konsultasi di Indonesia ini bersifat gratis. Itu kelebihan LGLH, memudahkan pasien mendapat informasi dan pelayanan langsung.

Tak banyak penginapan di Jalan Macalister atau Jalan Logan, sehingga calon pasien mesti mencari penginapan di sekitar Komtar.

4.RS Islands

Islands Hospital merupakan rumah sakit terbaik dan termewah ditinjau dari kelengkapan fasilitas dan pelayanannya mirip hotel bintang 5. Banyak pasien asal Indonesia, khususnya golongan ekonomi atas yang berobat di sini.

Rumah sakit ini juga terletak di Jalan Macalister, di bagian yang paling nyaman dan jauh dari kebisingan.

ruangan di Mount Miriam Cancer Hospital

ruangan di Mount Miriam Cancer Hospital

5.RS Kanker Mount Miriam

Ini rumah sakit khusus yang ditujukan buat penderita kanker. Banyak pasien asal Indonesia yang sudah divonis berumur pendek ternyata sembuh setelah dirawat di Mount Miriam Cancer Hospital.

Rumah sakit ini terletak di Jalan Bulan, Fetters Park, Tanjong Bungah. Jadi berada sedikit di luar kota George Town. Ada satu bus rapid yang melalui depan rumah sakit, namun pasien dan keluarganya masih harus berjalan sekitar 400 meter memasuki kawasan rumah sakit. Rumah sakit ini memang didirikan di atas bukit, di tempat yang nyaman dan sunyi, untuk menunjang proses penyembuhan pasien.

Pihak rumah sakit menyediakan semacam paviliun bagi keluarga pasien, karena penginapan terdekat memang jauh dari rumah sakit.

Jika Anda berniat berobat ke Penang, perhatikan hal-hal berikut:

1.Siapkan paspor, buat penderita dan pengantar.  Pembuatan paspor biasanya butuh waktu sekitar 5 hari, dengan dua kali datang ke kantor imigrasi. Pendaftaran paspor bisa dilakukan secara onlen. Beanya kurang dari Rp 275 ribu.

2.Tak diperlukan visa untuk ke Malaysia, dan tak ada fiskal.

3.Petugas di bandara mungkin akan menanyakan tiket penerbangan pulang pergi, karena mereka selalu curiga dan mengira setiap orang yang ke malaysia berniat jadi tki ilegal. Jadi sebaiknya tiket pp dipersiapkan. Jika tak tahu berapa lama akan tinggal di Penang, tunjukkan surat pengantar berobat dari dokter atau rumah sakit lokal. Dapat juga meminta konformasi dengan pihak rumah sakit tempat berobat untuk mengetahui berapa lama pemeriksaan dan pengobatan berlangsung

4. Tentukan rumah sakit yang dituju, konformasi waktu berobat dan lama pengobatan sangat diperlukan (disamping taksiran biaya yang dibutuhkan). Beberapa rumah sakit memberi fasilitas jemputan gratis dari bandara, sebagian mengenakan bea tertentu.

5. Jangan lupa membawa rekaman medis pemeriksaan di rumah sakit Indonesia jika ini adalah kunjungan yang pertama kali.

6. Jika rumas sakit tak menyediakan fasilitas jemput di bandara, usahakan ikut penerbangan pagi atau siang hari, sehingga sampai di Penang tidak kemalaman dan berakibat susah mendapat tarnspotasi. Bus dari bandara ke kota hanya sampai pukul 9 malam, ongkosnya sekitar 3,5 rm. Jika naik taksi, harganya sekitar 80 rm..

7.Pastikan mau menginap di mana. Hotel dekat rumah sakit, hostel atau guest house sepanjang komtar, apartemen, dsb. Bisa juga menggunakan pemesanan online di agoda, tripadvisori, atau lainnya sehingga Anda tak bingung ketika sampai di Penang.

8. Bawa uang yang cukup. Atm CIMB bisa diambil di Malaysia tanpa fee, atm BCA diterima di beberapa bank dengan dipotong fee. Bagi yang ingin memanfaatkan asuransi kesehatan, biasanya sistemnya bayar dulu baru kemudian beanya diganti pihak asuransi. Jadi tak ada sistem ‘guarantee letter’ seperti warga Malaysia atau TKI di Malaysia.

 9. Sebisa mungkin sisakan beberapa pecahan kecil ringgit (bisa 1 ringgitan, 5 ringgitan, 10 sen, 20 sen, dan 50 sen) untuk bea beli makan, ongkos bus, dan lainnya. Kalau membawa 50 rm akan susah mendapat uang kembalian, kecuali di mall atau toko besar, atau ketika sudah sampai di Georgetown.

Artikel terkait:

Nikmatnya Berobat ke Penang

Serba-Serbi Lam Wah Ee Hospital

Mt Miriam, Rumah Sakit Kanker di Penang

Ebook Berobat ke Penang  .