Beberapa minggu ke depan mungkin saya tak banyak posting tulisan baru. Begitu melimpah kerepotan, kesibukan, dan kegiatan coba-coba. Jadi saya minta maaf tak menjadi blogger yang baik dan aktif.

tanaman hijau penyerap polusi, penyerap radiasi, dan penghilang bau

tanaman hijau penyerap polusi, penyerap radiasi, dan penghilang bau

Saya mesti merevisi naskah lama, dengan penambahan sekitar 8-10 bab (dan ini berat, karena mirip tugas akhir yang tak selesai di masa lalu). Si penerbit sudah berkoar dan menagih. Di saat yang bersamaan saya harus mulai menulis sesuatu yang baru sama sekali, memulai penelitian tentang kebudayaan lama (dan hampir hilang) tentang masyarakat agraris di suatu tempat. Belum lagi kesibukan mencoba ini itu di laboratorium sederhana buatan sendiri, serta menjalin koneksi dengan banyak wajah dan rupa di mana-mana, termasuk rencana baksos Banda Kepulauan dan volunteering di Manggarai Flores dalam waktu dekat.  .

Kata kawan, menjadi penulis itu nikmat. Sepengalaman saya, saya bukan total penulis. Juga bukan total pejalan. Ada sedikit jiwa peneliti, petualang, tukang eksplorasi hal baru dan coba-coba dalam diri saya. Meneliti di laboratorium maupun di lapangan sudah menjadi cita-cita saya di masa kecil, menemukan sesuatu buat orang lain dan kemanusiaan mirip magnet yang terus menarik, menarik, untuk mendekat, dan melebur.

Menulis saja tak mengenyangkan jiwa, pemikiran, atau raga. Ada yang lebih utama ketimbang itu. Semata bekerja mencari uang, memperkaya diri, kerap tak memiliki batas kepuasan. Setidaknya buat saya. Ada sesuatu yang patut diperjuangkan dalam kehidupan, melebihi diri kita dan lingkungan kita sendiri. Entah kita menyadarinya atau tidak.

Kawan lain berceloteh, saya mirip mengaku-akukan diri. Memberitakan kelebihan diri dalam tulisan. Aku yang begini, aku yang begitu, aku yang berhasil melakukan ini, aku yang menang itu, dan sebagainya. Jika Anda merasa begitu, sungguh saya minta maaf karena berarti saya sudah melenceng dari tujuan semula menulis..

Akhir kata, mari berjuang mewujudkan cita-cita dan keinginan diri. Menjadi manusia yang berguna buat sesama, tak sekedar menulis, tapi juga beraksi.

Nuhun,

