Nikmatnya Berobat ke Penang


Saya kembali mem-posting tulisan ini berhubung banyaknya pertanyaan yang masuk ke email. Semoga tulisan yang sudah saya edit ulang ini berguna bagi pencari informasi berobat ke negeri tetangga.

Saya masih ingat ketika akhir tahun 2009 seorang sahabat pamit hendak ke Singapura. Mau merayakan tahun baru sekaligus  ‘check up’ kesehatan, katanya. Ada kista di rahimnya, sudah tiga kali menjalani operasi  di Indonesia dia, tapi  kistanya membandel dan tumbuh terus. Kini setiap mau kedatangan ‘tamu bulanan’ dia pasti kesakitan sangat.

“Lho, kok jauh-jauh ke Singapura?” tanya saya waktu itu.

“Iya, ini atas rekomendasi teman. Katanya di sana pemeriksaan lebih lengkap, lebih teliti, dan murah, daripada di Indonesia. Temanku yang kena kanker rahim sekarang sudah sembuh total. Bahkan berhasil punya momongan,” akunya.

Saya teringat pengalaman beberapa tahun lalu kala bekerja di Malaysia. Rekan kerja saya yang asal Medan, menjalani operasi  pengangkatan kista di sebuah rumah sakit pemerintah di Penang. Setelah beberapa waktu, kawan saya itu kembali sehat bahkan menggemuk badannya. Dia berkisah kawannya yang menderita penyakit serupa di Medan dan menjalani operasi pengangkatan rahim, ternyata hanya berumur dua minggu saja. Dia bersyukur tak mengalami nasib yang sama, walau walau kistanya cukup besar dan tak perlu menjalani pengangkatan rahim.

Saya percaya umur di tangan Tuhan. Namun saya lebih percaya manusia harus berupaya semaksimal mungkin untuk meraih kebahagiaannya. Saya tak akan menuduh bahwa pelayanan kesehatan rumah sakit di tanah air lebih buruk daripada di luar negeri. Saya hanya mencoba menggambarkan kenapa ramai-ramai orang Indonesia berobat ke luar negeri, terutama negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Apa sih yang mereka cari? Masih terang di memori bagaimana kasus Prita dulu mencoreng nama rumah sakit di tanah air.

Saya pernah dua kali menjalani perawatan di dua rumah sakit swasta di Penang, Lam Wah Ee Hospital (LWEH), dan Penang Adventist Hospital (PAH). Dua rumah sakit terbaik dan mahal menurut ukuran warga Penang. Namun cukup murah buat warga Indonesia, khususnya yang berasal dari Medan atau Aceh. Saya berobat ke sana bukan karena kaya, tapi kebetulan sedang bekerja di sana sehingga bea perawatan sebagian ditanggung asuransi.

Yang menarik, mayoritas pasien kedua rumah sakit tersebut berasal dari Indonesia. Mungkin sekitar 70-80 %. Begitu juga dengan  rumah sakit swasta lain di Penang seperti Island Hospital, maupun Loh Guan Lye Hospital.

Ada perbedaan prinsip dan cara pelayanan pasien di RS Indonesia dibanding di RS luar negeri. Pengalaman saya, ketika pertama kali mendaftar di LWEH akan ditanya sakit apa. Setelah saya tunjukkan surat pengantar dari klinik, saya diantar ke ruang dokter spesialis tertentu oleh seorang perawat yang lancar sekali bahasa Indonesianya.

“Lho kok nggak ditarik karcis untuk bayar?” tanya saya keheranan waktu itu. Soalnya kalau di Indonesia kan bayar dulu baru konsultasi. Di sini kebalikannya. Bayar belakangan, paska konsultasi.

Setelah konsultasi dengan dokter yang ditunjuk, saya disuruh melakukan USG. Seorang perawat kembali mengantar saya ke tempat USG yang dituju dan menjelaskan apa yang harus saya lakukan. Di situ saya baru membayar 55 rm (sekitar Rp 165000). Setelah di USG dan membawa hasil foto, kembali saya menuju ruang konsultasi.

Dokter lalu memutuskan saya untuk operasi. Barulah dia bertanya apakah saya mau membayar memakai bea sendiri atau lewat asuransi. Jika bayar sendiri, saya mesti menyerahkan deposit uang baru boleh masuk kamar rawat inap atau wat. Tapi kalau lewat asuransi, saya mesti menunjukkan guarantee letter yang diberikan oleh perusahaan/pabrik tempat saya bekerja. Ketika hendak pulang,  saya disuruh bayar bea konsultasi 40 ringgit atau sekitar Rp 120.000 di kasir.

Singkat kata, beberapa hari kemudian saya kembali menemui dokter dengan membawa surat jaminan asuransi kesehatan tau guarantee letter sebesar 3000 ringgit atau sekitar sembilan juta rupiah. Tanpa menunggu lama saya kemudian ditempatkan di bangsal kelas tiga wanita. Satu ruangan berisi delapan orang, bed-nya saling berhadap-hadapan, umumnya pasien kanker payudara. Waktu itu saya hendak operasi ringan, membuang benjolan di kulit perut.  Kata dokter, semacam tumor jinak atau abcess.

Saya terkesan dengan pelayanannya yang sangat amat ramah. Mulai dari perawat, tukang bersih-bersih, tukang masak, sampai yang antar-antar pasien. Bandingkan dengan RS di Indonesia, baik negeri maupun swastanya, bagai langit dan bumi. Hahaha..

Pada waktu itu, pasien di bangsal mirip saya dikenai tarif 20 ringgit atau Rp 60.000 semalam. Itu sudah termasuk makan tiga kali sehari dan snack dua kali sehari. Makan pagi berupa roti dan teh, kadang nasi goreng. Makan siang ada sayur, lauk, dan buah. Begitu juga makan malam. Snack diantar setiap petang, sekitar pukul empatan berupa biskuit dan kopi, lalu snack malam berupa wedang jahe, kadang sari kacang hijau atau air barli.

Saya mendapat hospital kit berupa handuk kecil, perawatan mandi, dan tempat minum. Hospital kit ini sebetulnya tak wajib kita ambil. Kita bisa menolaknya jika sudah membawa dari rumah sehingga mengurangi bea perawatan. Walau dirawat di bangsal, tapi suasananya tidak mengerikan. Perawat muda hilir mudik datang pergi, banyak diantaranya masih pelajar. Mereka memeriksa kita, mengajak ngobrol, menghibur yang kesepian, dan siap melayani selama 24 jam. Mereka selalu bertanya, mau ngomong pake bahasa Inggris, Indonesia, atau China, karena semua perawat menguasai ketiga bahasa tersebut.

Kadang ada juga pasien yang rewel, minta ini itu, membanting makanan. Biasanya mereka adalah pasien lanjut usia yang kurang diperhatikan keluarganya. Meski pasien berlaku kasar, namun sikap para perawat tidak berubah. Tetap ramah, hangat, dengan senyum selalu menghias wajah. Paling-paling mereka cuma bilang, “Oh sorry..sorry grandma, minta tolong apa?” Wah rasanya seperti dikelilingi malaikat saja.

Setiap pasien diijinkan ditunggu oleh satu anggota keluarga. Para penunggu disediakan kursi tidur jika malam. Penunggu harus berjenis kelamin sama dengan pasien. Jadi jangan harap ada bapak-bapak masuk  ke bangsal wanita di malam hari untuk menunggu istrinya. Kalau pasien tanpa keluarga seperti saya, para perawatlah yang on time menjaga saya. Jadi serasa punya bodyguard khusus nih.

Meski ramai orang, gampang saja saya terlelap. Karena ruangan memang ber-AC sekaligus ada kipas angin. Kalau hawa terlalu dingin, AC dimatikan diganti dengan kipas angin. Pernah ada satu dua nyamuk nampak terbang di siang hari. Kepala perawat langsung panik, memanggil tukang untuk mengecek ventilasi, mencari penyebab datangnya nyamuk.

Oya, kalau mau charge HP ada, mau nyolok laptop pun bisa, tapi pasien diminta tak berisik. Kalau mau panggil suster tinggal pencet bel, dan setiap hari selalu ada petugas jaga  yang bertanya kepada setiap pasien apa keluhan mereka hari itu. Wah, pasien laksana raja saja. Keluhan saya waktu itu hanya soal kamar mandi yang agak jauh, di ujung ruangan, dan menjadi satu-satunya kamar mandi untuk semua bangsal dalam satu lantai itu.

Ketika dirawat di Penang Adventist Hospital sebelum operasi kanker, suasananya nyaris tak banyak berbeda.  Perawat yang ramah dan siap membantu. Perbedaannya adalah bangsal di PAH ditempatkan dalam ruang tersendiri, dengan kamar mandi dan WC masih di ruangan itu. Jadi tidak perlu jauh-jauh berjalan. Lalu makanan yang disajikan di PAH adalah menu vegetarian. Mungkin karena itu harga di PAH relatif lebih mahal ketimbang LWEH, 35 ringgit per hari untuk bangsal kelas 3. Tapi tetap lebih murah daripada RS swasta Indonesia.

Yang juga menyenangkan, selalu ada pastur atau pendeta yang datang menjenguk. Jika kita muslim, dia akan bertanya apakah kita mau didoakan. Jika dijawab iya, maka mereka pun mendoakan kesembuhan kita, tentu saja menurut agamanya tersebut. Tapi yang paling saya tunggu-tunggu setiap hari adalah datangnya koran dan buku yang dibawa oleh petugas perpustakaan. Yah, walau pelayanannya mirip hotel bintang 3, tetap saja bosan berbaring terus. Jadi enakan baca.

Soal keahlian dokter, menurut saya sebetulnya sama dengan dokter di tanah air. Cuma dokter di LWEH atau PAH nggak neko-neko. Mereka tak akan memberi obat ke pasien kalau dianggap tak penting sangat. Selepas operasi pembuangan kulit perut akibat kanker di PAH, dokter tak memberi saya antibiotik untuk diminum. Setelah saya infeksi seminggu kemudian, baru beliau memberi antibiotik dalam bentuk salep dan pil. Hampir setiap hari asisten dokter menelepon menanyakan kondisi saya ketika sedang menjalankan rawat jalan. Jadi, pasien merasa diperhatikan.

Karena tak banyak obat yang dikonsumsi, total bea berobat ke luar negeri setelah saya hitung dan bandingkan jatuhnya lebih murah ketimbang berobat di negeri sendiri. Mungkin kalau di negeri sendiri duit kita habis untuk membeli antibiotik yang mahalnya minta ampun itu. Saya hanya berharap kelak pelayanan kesehatan di Indonesia seperti di negeri tetangga, sehingga pasien asal Indonesia tak perlu shopping kesehatan ke luar negeri.

Note.

Begitu banyak pertanyaan yang masuk, ribuan jumlahnya, sehingga saya tak mampu lagi menjawab. Karena itu saya persilahkan membaca langsung ebooknya yang merupakan lima rumah sakit di Penang. Ebook ada di  berobat-ke-penang

tentang permasalahan global rumah sakit di Indonesia dan apa yang membuat rumah sakit di Malaysia menarik, bisa dibaca di ‘Sakitkah Pelayanan RS di Indonesia?

baca juga postingan ‘wisata kesehatan di penang’ untuk mengetahui persiapan sebelum berobat ke penang

SEMOGA BERMANFAAT

About these ads

395 thoughts on “Nikmatnya Berobat ke Penang

    • Hi Novi, untuk informasi mengenai Rumah sakit LohGuanLye di penang, bisa hub rep officenya di JKT di nomor 9797-3677.
      Thanks.

      • saya dulu ikut terapi jus pak, wortel+brokoli 3x sehari, tapi stadium saya masih dini (2) belum menyebar.
        selain itu ikut saran dari bukunya hiromi shinya, the miracle of enzyme soal apa yang boleh dan pantang dimakan.
        lalu olahraga (dipaksa walau awalnya sakit), melakukan hal2 yang menyenangkan, selalu tertawa. intinya melakukan tindakan2 yang meningkatkan kekebalan tubuh, karena sel2 kanker akan melemah jika kekebalan tubuh meningkat

    • maaf saya mau tanya kalau mau berobat dengkul bagus dimana kalau di indo dr bilangnya rematik pada dengkul atau kekurangan oli dan biayanya berapa? thx

      • Hallo ary….saya ingin membawa mama saya medical check up di penang…Mohon informasi rumah sakit yg bagus yah serta biayanya…dan klo mengenai hotel ato penginapan lainnya yg terdekat dr rumah sakit dmana yah ? thanks before…

  1. Ary, terima kasih untuk informasinya. Saya kebetulan mau membawa saudara saya untuk berobat/operasi di Penang. Yang mau saya tanyakan, apakah waktu itu sebelum anda sendiri datang ke Penang, anda menggunakan jasa seseorang yang membantu untuk melakukan konsultasi dengan rumah sakit yang dituju? Ataukah anda langsung datang dan dirawat/operasi disana? Bagaimana bisa mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan,mengingat kita harus menukarkan Rupiah dengan Ringgit?

    Terima kasih

    • saya datang sendiri tanpa kawan (kebetulan waktu itu saya bekerja n belajar di sana). begitu selesai periksa dan konsultasi, dokter memutuskan saya harus operasi. lalu saya tanyakan perkiraan biaya. jika tak punya cpver asuransi, kita diwajibkan mendepositokan sejumlah uang tertentu di rs. semua rs punya semacam moneycanger. untuk operasi selain bedah plastik (yg dokternya jarang), pasien bisa menginap hari itu juga dan dioperasi keesokan harinya.

      salam,

  2. kalu mau berobat ke sana dari Medan bagaimana caranya ya ? apa harus langsung kesana dan register disana ? atau bisa pesan di Medan dulu baru disana ntar disana tinggal periksa ?? terima kasih, mas jawab ke email saya aja bisa … please ;)

    • rasanya ga ada hotel sekitar situ, mesti naik bus ato taksi ke seputaran komtar dulu untuk mendapat hotel atau penginapan. ada hotel berkelas 40-50 rm/malam di komtar

  3. yth,..
    saya penderita tumor, sdh cek di sby klo operasi kena kira2-kira 25 jt itu blm termasuk obat, kt dokternya yg mahal ruang operasinya, klo dokternya krn masih saudara tarifnya 1/2 harga, saya mau minta tolong bisakah tanya harga di RS penang, dan apakah mmg lbh murah drpd di Indo??
    Pengalaman sy diRS Indo, tdk memuaskan, susternya judes2, malah galak susternya dibanding dokternya, kadang minta selimut tambahan / air minum, mrk ga cepat responnya.
    THx infonya sngt membantu,…regards

    • benar lebih murah, dan pasien tidak dibebani membeli obat yang tak perlu. lam wah ee dan adventist lebih murah tarifnya, bisa separo bea di indonesia. kalo penderita kanker parah yang butuh pengobatan progresif, bisa ke mt miriam. perawat di sana sangat perhatian dan memanjakan pasien. ini pengalaman saya,

      salam,

      • perkenalkan saya erwanto
        mama saya terkena kangker rahim , kira2 berapa ya biaya berobat di lam wah ie
        saya takut kemahalan & jadi sia2 sudah pergi jauh2 ke malay takutnya mala lebih mahal dari indo.
        info bisa email ke saya jawabannya enter_dj@yahoo.com or ke 082184995555 / pin bb 216D8DA2
        Thanks

      • saya sarankan ke mt miriam cancer hospital, biar tuntas pengobatannya. pasien kanker dr rs lain di malay, kalo tak bisa ditangani akhirnya dibawa ke mt miriam. di blog saya ada postingan ttg mt miriam cancer hospital, sekalian contact person. bisa tanya langsung ke mereka soal biaya dan bandingkan sendiri dg rs di indonesia. kalo lebih murah di indo, ya berobat saja di indo

      • Berangkat ke Penang hari minggu pagi dari Medan sampai di Penang Adventist Hospital (PAH) kita bisa register dan konsultasi dokter..? dan rekomendasi Dokter spesialis jantung yg bagus siapa di Penang Adventist Hospital (PAH) atau semua dokter jantung nya bagus semua, saya mau bawa istri berobat jantung karena di RS swasta Surabaya tidak ada perubahan sudah lebih 3 bulan

      • mesti tunggu senin dulu, sekitar jam 8 baru bisa register. semua dokter jantung bagus, tinggal nanti ambil yang jadwalnya kosong atau pasiennya tak banyak untuk konsultasi. biasanya langsung diarahkan oleh petugas di sana.

  4. Terima kasih infonya, ini sangat membantu.
    Tp saya mau tanya lebih detail tentang perjalanan dari airport penang ke Penang Adventist Hospital ( mulai dari bandara naik apa dan ongkosnya berapa?). Trus kalo untuk penyakit asma rumah sakit apa yg bagus di penang.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    • selama anda sampai bandara penang sebelum 10 malam, ada bus rapid yang turun di jetty. tanya saja, agar nggak keliru dengan bus rapid jurusan balik pulau. ongkosnya 2 rm (dulu). dari jetty bisa naik bus rapid juga ke PAH, ongkosnya sama. atau naik taksi sekitar 10 rm. semua rs bisa menangani asma, mulai PAH, Lam Wah Ee, atau lainnya.

  5. hi pak, mau minta info nih..
    saya mau membawa ibu saya ke penang,
    klo di indo divonis kena kista di bagian rahim dan sudah membesar.
    rencana mau di penang utk pengangkatan rahim
    tapi msh bingung ke rmh skt ap? and dokter ap?
    tolong info nya donk,,
    and sekalian kalau ad no yang bisa dihubungu ato email yg bs di hubungi.
    makasih banyak y..

    • kawan saya pernah sakit kista parah, tapi nggak perlu sampai diangkat rahimnya waktu operasi di penang. saudaranya dg masalah sama, dioperasi di medan, diangkat rahimnya, 2 bulan kemudian meninggal. memang umur ditangan Tuhan, tapi manusia wajib berusaha. coba ke adventist hospital, penanganan paska oprerasinya bagus. sayang saya sudah di indonesia, nggak bisa banyak bantu.

      salam,

  6. yth
    kami berencana mengikuti progran bayi tahung di RS lam wah ee Penang, untuk dokter di rs tersebut siapa ya yang terbaik, kira-kira untuk program bayi tabung ini memakan waktu berapa lama di rs tersebut serta perkiraan biaya untuk program tsb, dan adakah penginapan/apartement yang bapak bisa rekom ke saya tentunya dengan harga yang terjangkau ?

    trimakasih

  7. Hi mau info aja nih. Nanti tgl 2-3 maret 2012, Kantor perwakilan dari Rs Lohguanlye penang di Jakarta akan ngadain Free consultation. Dokter yang datang ada 2, spesialis orthopedic (mostly spine), sama general surgeon ( Beliau bagus handle Vascular surgery, gall bladder, cyst, dll). Untuk informasi bisa hub 5698-3677 atau 9797-3677.

  8. Blog-nya bagus sangat informatif sekali pak :)
    November ini rencananya saya mau mengantar mama saya untuk check ke Penang, karena terdapat benjolan di bagian pantat dekat dengan *maaf* dubur. Mungkin bapak bisa merekomendasikan lebih baik mengambil LWEH atau PAH?

    Rencananya sih mau konsultasi dulu, tapi kalau memang harus diambil tindakan ya sekalian dirawat inap. Lalu untuk masalah dokter, apakah kita harus memilih sendiri, atau langsung dirujuk oleh RSnya ke dokter siapa… Terimakasih atas bantuannya pak

    • saya perempuan mbak,
      baik LWEH maupun PAH bagus. biasanya konsultasi dulu di awal, baru dokter akan memutuskan pemeriksaan dan tindakan yang dilakukan beserta rincian beanya. kalau di rs, kita akan mendapat daftar nama dokter beserta keahliannya.

      salam,

  9. saya punya keluhan didada kiri sering berdenyut dan terasa panas , mo chek up di dalam negri takut hasilnya gak akurat… rencana mo ke penang aja ( PAH ) . klo untuk general chek up kira kira berbiaya berapa lah bapak….?

  10. Salam Kenal mbar ary , sy mau Tanya kan apakah Rumah Sakit adventis juga melayani Sakit alergi gatal tidak ya. Apakah ada kantor Perwakilan mereka di jkt. Makasih

  11. saya mau bawa ibu saya operasi laparoscopy di rs lam waa ee, kira2 sewa aptement yg terdekat dan gak mahal di mana ya? Thx

  12. Sorry ketinggalan maksudnya opersai laparoscopy untuk batu empedu di rs Lam Waa Ee.
    bisa dapat informasi untuk sewa apartement yang dekat dengan rs dan harga bagus. Thx

  13. Hi Ary, trims banyak info nya,
    saya mau bawa ibu saya ke Penang untuk berobat, beliau sudah 5 tahun menderita stroke. segala obat dan pengobatan sdah dicoba, tapi kemajuannya tidak terlalu signifikan… saya mau coba berobat di Penang, mudah2an cocok.
    mohon info untuk rekomendasi rs dan hotel/apt nya pleaseeeeeeeee…

    • saya nggak berani merekomendasikan rumah sakit terbaik, nggak tahu banyak juga. saya hanya punya pengalaman dirawat di lam wah ee hospital dan penang adventist hospital, karena tarif keduanya masih di-cover asuransi kesehatan yang saya ikuti (allianz). saya kurang tahu dengan rumah sakit lain seperti lou guan lye, island hospital, glene eagles, dll.

    • ttg bea saya tak bisa jawab, karena bukan agen hospital yang bersangkutan. tapi sudah saya jawab via imel tentang no telpon PAH yang bisa dihubungi beserta imelnya.

      soal penginapan, di depan PAH ada mall yang di atasnya ada semacam hotel dan menyediakan sewa mirip apartemen. tapi kalo cari yang murah harus di dekat komtar (15 menit dari PAH dengan bus) harga berkisar 35-60ringgit. bus ke PAH tersedia dari jam 6 pagi sampai 8 malam

  14. Dear Ary’
    Saya rencana mau bawa bereobat istri ke penang, tetapi ada pertanyaan sebagai berikut
    1. Apakah ada hotel / penginapan murah dekat dengan rumah sakit tersebut, berapa kira-kira tarif 1 malam ?
    2. Kalau tidak ada hotel yang dekat dimana paling dekat dan berapa tarifnya permalam ?
    3. Kalau dari penang air port, apakah ada bus ke rumahsakit di penang dan berapa ongkosnya ?, atau kalau naik taksi berapa ongkosnya ?

    Please reply ya, kalau bisa ke email saya

    Salam

  15. hi mba ary,
    anak perempuan saya usianya 14 bulan, dan sampai hari ini kalau kentut atau perut mulas selalu menangis. itu terjadi setiap malam, jadi waktu tidurnya selalu ngga full, kebayang kan tiap malem mamanya ga pernah tidur pulas karena anak saya bisa sampe 8x bangun untuk minum ASI atau nangis2 karena sakit perut, padahal udah usia segitu. Tiap 1-2 hari sekali anak saya pasti BAB, tapi tiap mau BAB harus selalu begitu, mending kalau bisa langsung keluar.

    awal2 sih diduga dr SPA anak saya kena hisphrung dan harus operasi, dokter lain bilang gada masalah apa2. terakhir dibilang dyschezia dan otot panggulnya belum sempurna jadi tidak bisa mengejan. tapi sampai hari ini ga pernah ada solusi anak saya kenapa masih kebangun tiap malem. saya takut perkembangan otaknya jadi terganggu.

    saya ingin informasinya apakah dr gastroenterology khusus anak di PAH bisa memberikan solusi, apakah harus di scan bagian perutnya atau bagaimana. mohon dibantu yah, atau mungkin ada rekans yang mengalami kejadian serupa dengan anaknya.

    salam dari bandung,
    Chans

    • coba kontak saja PAH langsung pak dan konultasikan masalah, karena di sini saya hanya berbagi pengalaman.
      di no tlp : +6042227200 atau email AdventistHealth@pah.com.my

      kalau mau ke klinik paediatric, mesti datang ke PAH langsung, jadwalnya senin-kamis 8.30-12.30, petang 14.00-16.30
      jumat dan minggu, 8.30-12.30

      ada klinik malam, dari 19.00-20.45

      semoga membantu

  16. Hi Pak Ian, biasa untuk di penang, di sekitar rs pasti ada apartemen atau hotel yang dekat dan lumayan terjangkau harganya.
    Dan biasa untuk masing2 RS ada service penjemputan di airport. Untuk RS lohguanlye bisa hub 5698-3677, Ini kantor perwakilan RS lohguanlye di jakarta.

    Untuk Chans, apakah ada hasil2 yang bisa dikirim by email? Kalau ada hasil2 berupa USG atau lab bisa diemail ke saya di imelda.souw@gmail.com, nanti sy bisa bantu tanyakan spesialis anak di lohguanlye mengenai kondisi anaknya. Dan apakah memang perlu dilakukan operasi. Thanks.

  17. mba ary, sorry saya oot nih, kalo rs lohguanlye itu di penang juga or di KL ? dan mba ary sekarang masih disana ? saya ada hasil foto barium enema untuk hischphrung suspect (mudah2an sih bukan sakit itu, jadi ga usah operasi segala) nanti saya coba scan besok dan kirim emailnya. tq b4 ya mba

    • Hi Chan, sorry ini bukan Mbak Ary, tapi dengan Mbak Imelda. RS lohguanlye itu di penang juga. Kita ada kantor perwakilan di jakarta, dan kadang2 untuk beberapa kasus, bisa diemail dulu hasil2 yang ada untuk ditanyakan apakah dokter disana bisa handle dan apakah pasien perlu segera ke penang untuk konsultasi.

  18. Hi Imelda, bapak saya penderita diabetes dan stroke,dan saat ini mnrt hasil pengecekan sudah mengenai ke prostat, empedu juga. Apakah bisa dibantu? Thanks sebelumnya

    • Hi Ratna, kalau menurut pengecekan sidah mengenai ke prostat dan empedu,mungkin bisa diobati untuk prostat dan empedunya terlebih dahulu? baru nanti sekalian diabetes dan strokenya? Di lohguanlye sendiri ada spesialis urologi yang khusus handle masalah prostat. mungkin bisa email sy di imelda.souw@gmail.com untuk lebih jelasnya? Thanks.

  19. Pagi mbak Imelda dan mbak Ari, bulan depan saya sekeluarga mau liburan ke Genting, ada rencana mau mampir ke Penang 1 hari untuk konsultasi ke RS Adventist, keluhan saya dalah kista dan miom dirahim, dilutut sakit ostriartriris, dan batuk ( mau cek paru) jd ada 3 dr yg berlainan, bisa ngaak dalam 1 hari utk konsultasi dilakukan ,dan apakah harus daftar dulu pada tgl yg sdh kami tentukan, terimakasih atas infonya, salam.

    • Hi Mbak Merahwati, saya hanya bisa bantu untuk pendaftaran di RS Lohguanlye penang, karena Lohguanlye ada kantor perwakilan di jakarta. Untuk Adventis mungkin bisa tlp langsung ke Adventis penangnya, seperti yang mbak Ari pernah info? Kalau di Lohguanlye, selama datang dr pagi,dan dokter semua praktek di hari yang sama, konsultasi bisa dilakukan dalam 1 hari. Dengan catatan tidak ada pemeriksaan lanjutan. Kadang apabila pasien harus melakukan MRI atau Foto di sore hari, hasil baru keluar besok paginya, jadi lebih baik spare waktu 2 hari di penang. Jadi misal hari senin sampai penang, selasa malam baru jalan ke genting. Thanks.

    • umumnya yang berobat ke penang bukan orang kaya, tapi yang ‘putus asa’ karena tak mendapat perbaikan kesehatan paska berobat di dalam negeri pak. padahal sudah banyak duit yang keluar. berobat di penang, melaka, atau KL jatuhnya lebih murah daripada di RSCM atau RSUD dr Soetomo. ini sudah saya alami sendiri dg membandingkan seluruh bea pengobatan, khususnya jika melakukan operasi.

      salam,

  20. Slamat siang mba Ary dan mba Imelda,
    sy mo menanyakan apakah ada referensi utk pengobatan saraf kejepit di lumbar ke 4 dan 5, utk ibu sy?mohon info,dokter terbaik,yg pernah ada pengalaman ,di PAH or LWE ? thanks before

    • Mba Merci, berdasarkan pengalaman pribadi sy, utk penyakit saraf kejepit asalkan belum sempat dioperasi silahkan hub email saya dan dengan senang hati sy akan berbagi pengalaman dengan anda.

      • mhn info anak saya kecelakaan dirawat idrs telogorejo slama 4 bln divonis lumpuh seumurhidup karena terjadi kerusakan saraf tulang belakang sudah sembilan bulan.saya cr second opini di rs tan hok seng singapura dan betesda jogja hasilnya sama blm bs dunia medis yg bs menangani.tp sy ketemu teman disaraankan di bawa ke penang krn ada kasus seperti anak saya dan skrng udah bs sembuh’.apakah sy hrs kesana langsung membawa anak saya atau kah bs konsultasi dulu dng membawa seluruh hasil rekam medis yg ada.krn repotnya membawa annak yg kondisinya tdk bs jalan dan sampai saat ini blm bs BAB dan buang air kecil sebagai tambahan di rs tdk ada tindakan medis apa apa. sementara blm ada kepastian bs ditaknya anak saya.ditangani sc r medis.trksh.H.Eko BudiS Purwodadi Jawa Tengah

      • coba
        Neurology
        Dr Samuel Easaw
        Visiting Consultant Neurologist
        MBBS (S’pore), FRCP (Edin), Diploma Clinical Neurology (London)

    • Dear Mbak Merci,
      Setahu saya untuk saraf kejepit memang pengobatan biasa dengan menggunakan obat anti sakit, dan ada beberapa case, apabila belum terlalu parah bisa dengan laser. Tapi dokter tetap harus lihat kondisi terlebih dahulu. Apabila sakit sudah parah dan sakit tidak tertahankan, dokter akan menganjurkan unutk operasi. Semoga membantu. Thanks.

  21. selamat siang, saya mau tanya

    mohon info untuk rumah sakit ahli tiroid di penang?
    kira-kira berapa biaya berobatnya?

    terima kasih sebelumnya

    • Dear Triana,

      Untuk Tiroid sendiri harus dilihat dahulu apakah casenya hiperthyroid atau hipothyoid. Untuk hyperthyroid sendiri apakah didalam kelenjar atau berjendol terlihat di luar leher. Untuk kasus thyroid yang tidak berjendol, pengobatan biasa hanya dengan obat, dan obat untuk thyroid sendiri tergolong murah. Untuk kasus yang berjendol biasa harus dengan operasi. Mengenai kisaran biaya, bisa email saya di imelda.souw@gmail.com.

      Thanks.

  22. Mbak, kalau saya liat di tarif RS Penang, selalu ada biaya utk Nursing Care disamping biaya kamar, maksudnya biaya apa ya mbak ? Apa biaya suster gak termasuk di room ratenya ?

    tks
    Rida

    • setahu saya itu jika kita butuh pelayanan seorang perawat secara khusus selama 24 jam, misalnya pada orang lanjut usia atau yang berobat tanpa keluarga. ketika saya berobat dulu (tahun 2008-2009) tak ada nursing care, tapi kami berbagi perawat dengan pasien lain.

  23. Saya setuju banget sama tulisan ini.
    Pertama saya ikut antar kakak ipar utk operasi dan opname bbrp hari di Lam Wah Ee.
    Setahun kemudian saya temenin Mama yg juga operasi di LWE.
    Hebatnya, selain dokter, suster, dan adminnya yang sangat membantu dan tanggep,
    ternyata cleaning service pun perhatian.
    Gak disangka seorang ibu cleaning service (org India) menyapa saya ramah dan ingat kalo saya setahun lalu pernah ke LWE. Wah saya jd ge-er :))

    Wkt di LWE itu,pernah jam 3 pagi Mama saya muntah, suster2 (kl ga salah ada 4 org) langsung datang membersihkan, dan mukanya ga ada yg jutek.
    Kerjanya juga cepet banget.
    Operasi empedu hari Senin, kalo ngga salah Rabu udh bisa jalan kaki ke Mall dari hotel.
    Benar2 hebat tuh RS nya.

    Sayang Mama saya sekarang blm bisa perjalanan jauh (krn jantungnya), jadi “stuck” ditanganin dokter2 di Jakarta.
    Biaya yg dikeluarkan di Jakarta dibanding dengan di Penang (include transport+hotel+belanja), jauh lebih besar di Jakarta!!

    Di Jakarta Mama saya sekali ketemu dokter specialisnya (diabe) bisa kena 1 jt!!
    Boro2 bisa tanya-jawab, less than 10 minutes doang!
    Belum lagi pengeluaran obat yg bisa 3jt lebih (utk sebulan).
    Belum lagi para suster yg kerjanya setengah hati, malah pernah dibentak gara2 saya tanya knp dokter lama sekali datangnya, pedahal ibu saya baru keluar dari di rawat inap di RS itu selama 2 bulan.

    Pernah wkt ibu saya sesak nafas waktu tunggu dokter di klinik praktek dokter langganan,
    Ibu saya ngga dikasih oksigen sama perawatnya dan perawat tersebut tidak berani tanya ke dokternya utk minta penggunaan O2,pedahal ada di ruang itu, pdhl ibu saya ada masalah jantung.
    Untung kami hari itu bawa O2 di mobil.Tp kan berat jg musti angkat2 keluar. Pdhl O2 tuh 13ribu doang!!

    Sakit banget rasanya, punya duit, sdh keluar duit banyak, tapi ngga dihargai.
    Gimana orang yg kurang duit?
    Nyesel knp dulu gak regular check up ke Penang.
    Tdk semua dokter di Jkt money oriented sih dan tdk semua suster jutek,
    tp sepertinya mostly.

    Maaf ya Mba Ary, panjang komennya, tp “nyesek” banget soalnya sama pelayanan kedokteran dan RS di Indonesia.

    • walau tidak semua, memang pelayanan rumah sakit di indonesia sedang ‘sakit’. mungkin ini terkait efek komersialisasi yang besar dan mahalnya kuliah kedokteran di indonesia.

    • Mas/Mbak Ori (?)

      Numpang tanya.. Dulu ibu nya operasi pengangkatan batu empedu itu, batu nya saja yg diangkat, atau empedu nya sekaligus?

      Lalu, operasi di Lam Wah Ee ya mas/mbak? Utk biaya nya, bolehkan diinfo? Krn ayah saya berencana operasi empedu bln dpn..

      Thx

  24. Miris melihat banyaknya orang indonesia yang berobat ke penang. Namun setelah mengalami sendiri pengalaman berobat di dalam negri dengan dipenang, memang berbeda sekali berobat di penang. Nikmatnya tidak terkira. Pengalaman berobat di adventist hospital susternya sangat ramah servicenya memuaskan hati, dan kadang kami berpikir apakah kami sedang di rumah sakit indonesia apa bukan karena 9 dari 10 pasien di adventist adalah orang indonesia, lebih banyak kita temukan bahasa indonesia daripada bahasa malaysia di adventist hospital. Semoga adventist tetap berjaya kini dan masa depan demi kesehatan rakyat indonesia. Terimakasih.

    • andai bisa memilih (dalam kondisi pelayanan kesehatan yang sama mutunya dan harga kesehatan yang tidak terlalu dikomersialisasi), saya akan pilih berobat ke indo. tapi banyak dokter di indo yang merusak reputasi serta kepercayaan orang indo sendiri

  25. Di indonesia, dokter kerap memberikan antibiotik utk tujuan pencegahan / prophylaxis dgn pertimbangan krn menganggap lingkungan di sini “kotor kuman”. Pada literatur2 memang hal ini tidak dibenarkan. Tp ingat, litetatur2 tsb merupakan litetatur luar negeri dmn tentunya dlm pembuatannya mereka melihat keadaan d tmpt mereka.

    • umumnya dokter di malaysia itu lulusan UK dan USA, mereka lebih ‘luar negeri’ minded, tapi tahu batas mana antibioti yang sungguh diperlukan mana yang tidak. saya pikir dokter di indo ‘over dosis’ dan ‘mungkin’ sudah jadi calo perusahaan farmasi.

      • walau berpendidikan sangat barat, dia tak perlu menyerap semua teori medis barat dalam praktek.

        anda tahu over dsis, menipu pasien untuk mengonsumsi antibiotik yg tak perlu. beberapa tahun lalu saya kerap bertemu dokter di RSUD Dr Soetomo untuk mengurus beberapa hal. betapa banyak agen obat mengantri untuk bertemu para dokter. beberapa agen itu harus menyuplai dokter dengan sebuah mobil, agar produknya dipaakai. pemandangan begini tak saya temui di rumah sakit d malaysia

        ingat pula sumpah ketika dilantik menjadi dokter. dokter adalah profesi yang berkaitan dengan kemanusiaan. tugasnya membantu manusia mengusir penyakit, bukan malah membuat si sakit jadi pesakitan. memang dokter butuh uang untuk hidup, tapi itu bukan berarti mengorbankan sumpah kedokterannya. mungkin ini berkaitan dg mahalnya bea pendidikan kedokteran di indonesia. dokter jadi tidak manusiawi (walau tidak semua)

      • oooh, jadi itu yg anda mksud dan yg ada dlm pikiran anda..
        Baiklah2.. Di sini saya coba luruskan yaa.. Dibaca yaa. Jgn hny dilewatkan saja dan dianggap komentar lalu

        Pertama, Ilmu kedokteran Di Asia Tenggara berkiblat pada ilmu kedokteran barat (USA, UK, dll) dimana bahan pembelajarannya banyak sekali yg menggunakan buku2 dari sana. Btuull sekali, ini kurang tepat karena keadaan penyakit, sosek, dan budaya di sana jelas2 berbeda dengan yg ada di asia tenggara. Namun dalam prakteknya setiap negara bahkan setiap pusat2 pendidikan kedokteran d tiap2 negara, katakanlah Indonesia, yg ada di hampir di setiap ibukota di jawa & sumatera, mereka memodifikasi tatalaksana pengobatan penyakit yg dirasa krg tepat utk diterapkan di Indonesia, itupun tdk sembarangan, harus dipublikasikan setelah dilakukan penelitian internal dan di publikasikan pada seminar2 kedokteran yang ada di tanah air. Termasuk apa yg disebut tadi penggunaan antibiotik profilaksis. Bagi yg blg tidak perlu, nanti dulu, anda sdh tanyakan blm SAAT ITU? Klo kemudian anda pergi 2nd opinion stlhnya, lalu dikatakan tidak perlu, anda tahu drmana kalau keadaan anda yg pertama sama dgn keadaan anda yg kedua? apakah anda menjawab pertanyaan pada kedua dokter dgn jawaban yg sama? Apakah saat pemeriksaan fisik kedua dokter tsb mendapati keadaan yg sama? Atau hny asumsi anda saja bhwa dokter pertama keliru, krn pastinya anda akan lbh senang pd dkter ke-2 karena tdk dianjurkan untk meminum obat, btul kan? Di atas itu semua anda pny hak untuk bertanya dgn dktr anda perihal pengobatan yg anda jalani. Dibawah ada materi antibiotik profilaksis dikaitkan dgn penggunaannya pasca pembedahan, anda pasti bisa baca, karena hny ada 2 bahasa disana, Indonesia dan sedikit Inggris.

        Kedua, Overdosis adalah, pemberian obat2an yg melebihi dosis terapeutic sehingga yg didapatkan adalah dosis toxic. Ya, setiap obat akan mnjadi obat, dpt menjadi racun. Stlh dia dikonsumsi melebihi dosis terapeutic maka dia akan menjadi racun, dan akan mengeluarkan efek samping mulai dari yg ece2 sampai yg berbahaya. Jd overdosis bukan menipu dll seperti tulisan diatas. Sekali lg keputusan memberi obat/tidak sangat time-dependent sekali. Hari ini anda berobat dianjurkan minum obat A, lakukan tindakan B, besoknya blm tentu dgn dokter yg sama bahkan anda akan diresepi obat A atau tindakan B, apalagi beda waktunya lbh panjang….

        Ketiga, Itu mungkin bukan agen asuransi mas, itu marketing dari pabrik obat. Waw, saya terkejut ada org tersebut yg ngaku demikian ke anda, bnr demikian atau hny perkiraan anda saja?.. Tp fenomena tsb memang betul, saya akui itu. Obat2 tersebut merupakan obat paten bermerek, pabrikan menghabiskan bnyk dana, waktu dan tenaga utk riset produknya, tak heran obat2 paten tsb lbh mahal. Lalu mereka berlomba-lomba dgn pabrikan sebelah untuk menjual obatnya, salah satunya adalah dgn bekerja sama pada para dokter dalam bntuk pembayaran biaya seminar kedokteran, sampai materi secara lgs. Uang promosi mrk habiskan untuk itu krn mereka tdk bisa promosi di TV/surat kabar. Yaa, sekali lg itu sah2 saja selama dokter meresepkan sesuai indikasi penyakit dan pasien setuju dgn obat yg diresepi tentu stlh mendapat penjelasan knp harus obat ini, itu, kekurangan dan kelebihan dll. Tdk diberitahu? Silakan TANYA. Anda jgn2 blm tanya tp sdh nge-judge yg tidak2. Kalau tidak setuju krn harganya mahal dan lain sebagainya, sangat bisa, minta yg lain yg sejenis, yg sama namun yg generic misalnya. Pasien sangat berhak utk itu. Sampai pada akhirnya pasien bisa saja menolak pengobatan tsb. Di Malaysia yakiiin tidak ada fenomena demikian, atau anda yg tidak tahu dan blm melihat? Di sana ada fenomena tsb tp jls lbh berkelas, marketing2 tsb tdk berbondong-bondong sprti yg digambarkan dan yg saya lihat di tempat pendidikan saya. Namun mrk ada jdwal & ruang terpisah utk mempresentasikan produknya. Yaah lgpula disana biaya kesehatan pake asuransi, pasiennya g akan kerasa ngeluarin duit. Bahkan org non malaysia pun merasakan akibat dari pengelolaan dana asuransi tersebut, disamping bea import obat2an dan alkes yg emg lbh murah saat masuk negara malaysia.

        Keempat, Ahhh, yaa.. Sumpah tersebut. Saya masih sangat ingat sekali sumpah tersebut. Saya sampai berkaca-kaca saat mengucapnya waktu itu. Masih idealis, mudah2an skr sampai kedepannya jg. Ini menarik, Di Malaysia sana, dpt cerita dari temen2 seangkatan saya, saya seangkatan 300 org, 100 diantaranya malaysia. Biaya pendidikan saya tidak mahal, krn disubsidi oleh kerajaan malaysia untuk biaya pendidikan warga mereka d tmpat saya bljr. Mereka selesai sekolah lgs dijadikan “PNS” dgn penghasilan WOW (ga perlu disebutin yaa brp). Bekerja / standby hny sperti org kantoran 9-5 setiap hr kerja di RS (kecuali yg jaga malam itupun ada tunjangan tmbahan). Ada tiada pasien, penghasilan tetap, jadi bagi mereka buat apa buru2 kejar setoran pasien, toh di akhir bulan penghasilan sama2 saja. Itu mengapa mereka bisa meluangkan bnyk waktunya utk pasien. Kami? uda mana kerja 9-5 + malamnya 7-9, penghasilan kaya abang becak, ga ada pasien ga bisa makan, fee jg besarannya bs disandingkan dgn supir angkot… Aaaah, bohong deeh, itu kog tajir2 gtu dokter keliatannya. Yaah, mas itu yg keliatan di kota besar. Kerja di RS terkenal, tp tetep aja mereka dpt duit hny klo ada pasien. tidak ubahnya supir becak. Waah, gilee tetep aja mahal gtu tapi bayarnya yaa? Biaya kesehatan itu lari ke bnyk kantong. Rumah sakitnya, Jasa dokter dan perawat, dan ke barang2 habis pakainya. Blm lg barang habis pakainya bnyk yg ga produksi dalam negeri, harus import. Blm lg klo RS swasta yg pembiayaannya tdk disubsidi pemerintah. Lalu memang anda pikir persenan buat dokter brp proporsinya dibanding ke RS-nya. Sharenya lbh kecil dari yg lari ke RSnya. Kasian ga? Padahal saat anda tidur d malam hari ini, kita2 ini masih terjaga ngurusin air seni bahkan maaf kotoran pasien utk kepentingan diagnosis dll. Uda kerja kaya zombie 24 jam, yaa penghasilan bisa agak lbh bnyk laah dari karyawan lainnya alhamdulillah. Itu jg g lbh byk kog dibanding profesi lain pengacara, notaris, anggota DPR yg jam kerjanya wajar. Apa2an niih, konsul cuma mau 5 menit doang, yaa itu resiko anda pergi k dokter yg pasiennya bnyk, lah skr emg anda klo jd pasien emg mau klo disuruh antri 30 menit per pasien, klo anda urutan 20 brp lama anda antri? Yaaa, dokter mah konsul brp lama jg g mslh tp yg lg antri gmn? Yg ga kebagian gmn, kan bisa demo. Beuuuh, kog ya mahal bayarnya? Ya itu resiko anda sendiri pergi ke RS/dokter yg uda Top. Kaya beli barang aja, makin branded makin mahal padahal fungsi sama. Gila aja, bayar uda kaya mau naik haji, konsul cuma 5 menit?? Ya itu resiko anda klo pergi ke RS/dokter dgn gabungan keadaan diatas. hehehe.. ilustrasinya..

        (note: penggunaan kata “anda” bkn berarti anda lgs yaa, hny sebagai kata ganti org ke-dua bg siapapun yg baca)

        Panjang yaaa.. mudah2an dimengerti. Kasian jg dokternya klo uda ngasi tau panjang lebar pasiennya ga ngerti2, uda abis waktu, dimarahin yg masih antri. ntar d rmh salah minum obat masih aj dokternya lg yg disalahin… Beeuuh.. Ya saat ini saya meluangkan waktu saya bbrp saat untuk menulis ini dgn harapan dpt memberi pencerahan walau sedikit kpd siapapun yg baca, seperti halnya seorang dkter yg meluangkan waktu lbh utk pasiennya. Kbtulan lg ga ada pasien, klo ada boro2 mau nulis sepanjang ini, pasien first lah yaau…

      • iya, itu detailer obat yang mengejar-ngejar dokter di ruang pelayanan rumah sakit sampai ke tempat praktek.

        overdosis yang saya gunakan dg anda, jelas beda istilah dok. anda berkaitan dg obat, saya berkaitan dg hal tak perlu.

        tentang dokter yang saya ceritakan ini, yang bekerja di rumah sakit swasta bukan kerajaan. sudah saya cek tak ada yang lulusan indonesia, umumnya dari eropa dan USA. beberapa malah sudah praktek bertahun-tahun di eropa dan AS sebelum bekerja di rumah sakit swasta.

        oya, rugi orang asing seperti orang indo berobat di rumah sakit kerajaan. selain mahal pelayanan juga lambat dan kerap mengalami pelecehan. umumnya rumah sakit kerajaan digunakan untuk melayani orang malaysia asli.

        kalau anda simak baik-baik tulisan saya, ada pertanyaan tersirat, mengapa pelayanan kesehatan (dalam hal ini pihak swasta) di malaysia bisa nyaman dan beanya lebih murah dibanding di indo? dan ini sudah anda jawab. tapi setahu saya dokter swasta tak disubsidi pemerintah. andai akan lebih banyak orang indo yang berubat ke malaysia, tentu bukan lagi hal yang aneh paska jawaban anda.

        terimajasih atas kesediaan anda meluangkan waktu menjawab sehingga mengurangi pendapatan anda, dok.

      • Bukan2.. kan sudah saya bilang lg tdk ad pasien pas saya ngetik, jdnya pendapatan tdk ada pengaruhnya.. bukan disubsidi pemerintah, tp mereka rs swasta2 LN sdh mendapat jatah dana kelolaan asuransi. Oiyaa,mengrnai perlu tdk perlu sdh saya jlskan d tukisan pnjg td ya. Silakan dibaca lg. Thank u…

      • kalau tahu begitu, apa upaya dokter-dokter di indo supaya dapat jatah dana kelolaan asuransi agar bisa menekan bea pengobatan?

      • oya dok, menurut saya ada satu hal yg penting ketika memilih profesi yang berkaitan dg manusia seperti dokter, guru, pekerja sosial. dia harus tahu, bahwa manusia lebih penting ketimbang uang, jadi materi bukan tujuan utama. kalau ingin kaya, janganlah jadi dokter, guru, penulis, pekerja sosial. jadi pengusaha.

        sayangnya dalam pikiran masyarakat, profesi dokter itu elit, membuat hidup nyaman, kaya, sehingga mempengaruhi bea berobat. pasien pun lebih diperlakukan sebagai ladang uang. mungkin dg anda, pasien bisa bertanya lepas soal baik tidaknya obat atau penyakit. dg dokter lain cuma terima ‘mati’, tak ada komunikasi dua arah.

        sekarang hanya segelintir dokter yang berjiwa sosial, membebaskan bea pengobatan pasien yg tidak mampu, mau tersenyum dan menyapa ramah pasien. (ini saya temukan pada kegiatan sosial seperti yg diusung Tzu Chi). umumnya tidak, apalagi kalau sudah bergelar guru besar universitas anu.

      • Ya memang betul skali itu. Makanya saya blm sekaya teman2 seumuran yg ahli minyak, ahli tambang.. Hahaha.. Tpi seneng aj ngeliat senyum pasien, terima kasihnya yg tulus, mereka ga akan ngerasain apa yg saya rasain..

        Iya, mereka msyrkt, hny melihat ujung dari profesi kami. Bukan awal, bukan prosesnya. Blm tau aja mereka pas pendidikan kaya gmn, pas baru2 selesai kaya gmn. Idealisme dan pengabdian yg selalu mengikuti. Msyrkt akan sangat sulit mengerti yg saya rasakan kalau blm pernah merasakan apa yg saya rasakan selama pendidikan dokter.

        Iya, dokter bisa saja membebaskan fee jasanya, tp utk obat2an/alkes yg habis pakai, akan sangat sulit dibebaskan. kan buat beli alkes yg dipakai pasien pake modal jg, klo diberikan nanti untuk pasien berikutnya kliniknya/RSnya ga bisa sedia lg. Klo jasa dokter mah tdk akan habis pakai. Jd biaya kesehatan itu = jasa dokter & perawat + alkes & obat habis pakai + jatah klinik/RSnya. Lgpula klo jasa dktrnya digratiskan melulu saya ga bisa makan, nanti klo saya sakit ga bisa makan, pasien saya berobat kmn?.. jgn salah looh, pasien sini ga jarang klo lg digratisin malah marah dikira ga mampu, obat jg minta yg bagus. *sekelumit cerita saja*

        Waah itu mah pasti guru2 saya jg tuuh kaya gtu. Maklum mas, beliau2 itu dididik emg satu arah jg ama guru2nya. Untung pas ngedidik saya uda mulai mau diskusi 2 arah. Klo enggak saya jg mungkin akan sprti beliau2 itu. Yaa, beliau2 itu jg makin kemari makin menyadari bahwa skomunikasi 1 arah sperti itu udh ga jaman lg sekarang. Makanya saya selalu diajari oleh beliau2 itu agar berkomunikasi yang baik. Namun bisa saja alasannya karena saking bnyk antrian pasien jd waktu per pasiennya jd terbatas. Ntar klo kelamaan dimarahin yg antri. Itu terjadi looh.

        Oke ini menarik.. Bea pengobatan itu pada dasarnya tidak akan pernah gratis. Kalopun ada pengobatan gratis, itu pasti ada yg biayai jg, ntah, institusi, partai, CSR perusahaan lain, dll. Klo sekarang mah baru ada jamkesmas, gakin, dan sejenisnya sebagai fasilitas berobat. Utk PNS ada askes, askes jg sudah bekerja sama dgn bbrp RS swasta looh, Lalu untuk yg pegawai swasta syukur kalo perusahaannya ngasi asuransi kesehatan. Bagi yg tidak ada, disarankan untuk mengambil asuransi keshatan swasta. Namun cara ini nyatanya tidak efektif dan malah chaos. RS tmpat saya pendidikan aja masih diutangin miliaran dari PT. Askes, dan dari pemda2 setempat terkait pembayaran jamkesmas. Lah, klo uda kaya gini tu RS mau beli alkes gmn caranya coba?…. Utk mslh ini dokter2 Indonesia dlm hal ini dinaungi oleh IDI dgn pemerintah dlm hal ini menkes , telah sepakat untuk menjalankan apa yg disebut jaminan kesehatan universal (Tp bru 2014 kayanya siap), dmn sistemnya mirip asuransi universal bagi seluruh rakyat yg pny KTP (bukan imigran gelap). Pelayanan kesehatan jadi berjenjang, Jadi harus dtg dulu ke pelayanan kesehatan primer / dokter keluarga –> gratis. Klo layanan primer tdk sanggup akan dirujuk ke RS, dst –> gratis.. GRATIS? tentu tidak, selalu ada yg ngebayarin, siapa itu? ya dana asuransi itu. darimana itu ya? ya dari masyarakat jg, nanti ada semacam iuran untuk setiap pegawai mungkin dikutip dari gaji pokoknya. Dikumpulkan, disatuin dalam 1 wadah dan akan digunakan utk pembiayaan kesehatan. Prinsipnya mirip asuransi. Disana gaji dokter diusulkan menjadi tetap/bulannya, uda mirip kaya di malaysia. Sehingga kejadian kejar setoran pasien dapat ditekan. Kendalanya sekarang, siapakah yg kredibel yg akan mengelola dana tersebut? Lalu bagi yg tidak pny penghasilan kan sudah pasti tidak ikutan “nyumbang”, lalu apakah klmpok msyrkt yg lain itu rela jika dana tsb dikumpulkan dan ikutan dipakai utk pembiayaan kesehatan myrkt non-penyumbang, Lalu bgaimana dgn RS swasta? Brp besarkah jatah dana yg mrk dpt / tdk dapat sama sekali? Masih digodok terus..

  26. Dear Ary Amhir

    Anda tahu lulusan dokter malaysia tidak semua berasal dari UK?apa lagi USA? Anda tahu untuk lulus jadi dr di USA SUSAH! Mereka harus lulus USMLE! Bahkan dari asia ,yang sanggup lulus usmle adalah orang Jepang! Hanya sedikit orang asia yang lain! Jadi tidak mungkin semua dr malaysia rata-rata lulusan amerika !

    Anak malaysia banyak Sekolah kedokteran di Indonesia dan Di malaysia sendiri! Di indonesia itu mereka belajar di unpad dan ugm!

    Anda kalau tidak tahu jangan asal bicara!
    Soal antibiotik anda baca jurnal dulu baru bicara , anda berlaga sekolah kedokteran tapi tidak paham dengan yang anda bicarakan, anda baca salah satu jurnal ini dulu baru bicara! Itu pun kalau anda bisa baca ?

    http://images.digestiv.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SR-RcwoKCkQAAAKw4KA1/Prof.%20Sunarto-PENGGUNAAN_ANTIBIOTIK_PROFILAKSIS.doc?key=digestiv:journal:31&nmid=135220022

    • terima kasih kritiknya. yang saya maksud adalah dokter di kedua rumah sakit swasta tempat saya dirawat. kebetulan saya punya daftarnya. bahkan dokter bedah plastik yang menangani saya di PAH sudah dua puluh tahun praktek di Amerika sebelum bekerja di PAH.

      saya tidak mengecilkan kemampuan dokter indonesia. beberapa kawan saya adalah dokter. bahkan ada yang menjadi lulusan terbaik UI lalu disekolahkan ke jepang, mengambil spesialis bedah jantung. yang saya permasalahkan adalah pelayanan dan tingkat pengabdian mereka kepada kemanusiaan dibanding sisi komersialisasi.

      oya, saya tak pernah sekolah kedokteran. hanya pernah menjadi jurnalis khusus masalah kesehatan selama dua tahun, sebelum mengambil paska sarjana di bidang sosial. dan saya tidak bisa baca, cuma paham 4 bahasa.

      • Salam Mba Ary,
        saya baca diskusi alot antara Mba Ary dengan “davipiero”.
        Saya sangat sependapat dengan Mbak, maju truz Mba. Mbak mungkin bukan dokter seutuhnya, tp sudag menjadi penolong, membuka jalan bagi saudara2 yang ingin berobat ke Jiran sana, yang masih buta sama sekali karena belom perna kesana, termasuk saya.kalo udah bicara sisi kemanusiaan dan nurani. Di Indonesia ini sudah pupus kayaknya Mbak. Saya malah Enek jg pas baca kutipan si “davipiero” di atas. Gmana tidak Enek, saya sudah 2 kali pengalaman dengan spesialis hampir membuat saya cacat pisik. 1 mata saya hampir buta akibat kelalain dokter,
        2. dan yang masih saya alami sekarang, telinga saya berlubang penuh, akibat salah obat dr dokter SPPD.. Dan skarang ini saya mencoba mencari informasi tentang RS disana. Bisa tolong saya Mbak?
        ( NB: harapan saya, kapan ya pelayanan kemanusiaan khususnya Dokter di Rumah Sakit di Indo ini bisa jempolan? ) Itu mimpi dan Asa ku.

      • soal rs yang tepat bisa unduh ebook berobat ke penang, gratis kok. beberapa rs memberi semacam ‘grant’ atau keringanan, misal adventist memberi keringanan pada jemaat HKGB dll

    • Tidak disangkal kalau dulu (yg cerita Bapak saya) orang Malaysia menuntut ilmu kedokteran di Indonesia.

      Tapi dimana ya mereka (para “murid” tersebut) kemudian mendapat keikhlasan, ketulusan dan mengedepankan rasa kemanusiaannya daripada menjadikan pasien “ladang”nya?

      Setau saya kalo kita ke RS di Malaysia, di dinding2 ruang prakteknya di pajang sertifikat2 univ mereka termasuk kursus2 dan ijin2 yg mereka pernah ambil.
      Saya juga pernah ke Adventist dan LWE, di Andventist saya ingat sekali di situ dipajang kok. Jd Mba Ary tidak asal bicara,

      Kalo di Indonesia, saya lihat yg begitu cuma di Klinik Mata Nusantara.
      Dari sertifikat yg dipanajang, kelihatan bila dokter2nya banyak yg ngambil studi lanjutnya di LN juga.
      Nah di Klinik ini, beda sekali dengan umumnya pelayanan kesehatan di Indonesia. Dokter2nya pun komunikatif dan ngga komersil! Semoga selalu begitu.
      Makanya bbrp kali kesitu, ketemu orang asing berobat,sbg orang Indonesia,tentu sy jadi bangga juga, walau baru satu dua yg terlihat.
      Seandainya kecerdasan bukan hanya kecerdasan otak saja, tapi juga “kecerdasan” moral, tentunya Indonesia bisa menjadikan pelayanan kesehatan sebagai masukan devisa seperti Malaysia. O iya, tidak perlu kaya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yg decent di Malaysia.

      Sayang di Klinik Mata Nusantara cuma ada pelayanan utk mata

    • Memang semua dokter dan RS di INdo itu ga berhati nurani.
      Sudahlah bayar mahal, hasilnya kayak taik kita dibuatnya.
      jangan marah kalo orang kehilangan kepercayaan
      introspeksi dirilah,,
      Pengalaman masyarakat Indonesia adalah SAKSI, ga perlu banyak cerita.

      • ada juga dokter yang baik kok, saya kenal beberapa. tapi kalau di kota besar umumnya yaa matre. ironis memang

  27. tulisannya panjang lebar banget….
    gimana pun juga (pendapat saya ini mungkin berbeda dgn pendapat anda ya)
    dengan adanya pengalaman kecewa ketika berobat di indo. dan puas berobat di luar negri. so saya lebih percaya dengan pengalaman saya dari pada pernyataan pernyataan yg berlawanan dengan pengalaman saya. thx

  28. Pingback: Sakitkah Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia? | BALTYRA

  29. slmt sore mbak Ary. ini sy dgn pak Tobing, mau tanya biaya perobatan di RS Adventist, shbgn rcn sy bawa isteri berobat ke Penang…

    • kalo besar bea pengobatan saya kurang tahu. sebaiknya kontak Adventist via email atau telepon. ada jawaban email dan telepon di bagian atas.

      secara umum, bea konsultasi antara 40-60 rm, tergantung bagiannya. oya sebaiknya bapak bandingkan juga dg rs lain seperti LWEH atau LGLH.

  30. Hallo mb ary, utk pengobatan anemia aplastik gmana ya? Saya lg mencari-cari rumah sakit di penang utk pengobatan suami saya. Mohon infonya. Juga utk mb imelda, mohon infonya ya. .. Terima kasih. ..

  31. Terimakasih atas share info nya.
    Tulisan yg sangat bagus dan bermanfaat.
    Kapan ya negeri ini bisa seperti itu :((

    • ada kawan yang menyarankan : RS Siloam Gleneagles di Karawaci – Tangerang

      atau di Santosa Hospital Bandung Central di Jalan Kebonjati, Bandung
      bisa dibuka di http://www.santosa-hospital.com/

      menurut kawan (yang juga pernah berobat di singapura), pelayanannya bagus serta bea terjangkau.
      bisa dicoba dan dibandingkan :D

      • Saya belum pernah ke Santosa akan tetapi pernah ke Siloam Karawaci.
        Menurut saya, dokter-dokter si Karawaci, berlebihan dalam memberikan obat.
        Sedikit sedikit memberikan antibiotik.
        Bahkan Siloam Surabaya, anak saya yang mencret saja diberikan antibiotik dan obat demam, obat yang sama sekali tidak saya gunakan karena ternyata anak saya tidak panas

      • kalo di malaysia, infeksi baru diberi antibiotik. sedapat mungkin pasien diberi obat level rendah. tapi teman saya ‘ngotot’ rs di indo lebih baik. kalo saya konsultasi dulu dg teman yang ahli farmasi jika hendak membeli obat, terkait dosis obat tersebut. apalagi jika berkaitan dg obat untuk anak-anak. ada kawan, sejak muda terbiasa meminum antibiotik jika sakit, kini usianya 40 tahun dan selalu sakit2an. tubuhnya rentan terhadap berbagai macam obat. akhirnya dia kembali ke herbal, karena tubuh penuh dg racun kimia.

        salam

  32. siang mau nanya, ada ga yg perna d rawat d rmhsakit dr,soetomo , darmo sby, bagian kanker, dgn prof budiwarsono.. suami sy sakit kanker kelenjar getah bening, katanya stadium 2. apa bagus dok nya???

    • saya kurang tahu. mestinya kalau yg merawat profesor ya tak diragukan lagi kemampuan medisnya. banyak kawan yang keluarganya terkena kanker kelenjar getah bening dan berhasil disembuhkan saat dirawat di indo, misalnya ibu kawan yang dirawat di rs piringadi semarang dan menjalani kemoterapi.

  33. slamat sore.. saya mau tanya info Rs di penang. slm bbrp taun ini kondisi kesehatan sy smkain turun, banyak gangguan yg ada di bdn sy.
    setiap hari sy hrs merasakan kesakitan di hampir semua bagian badan sy.
    sy srg migren.
    sy punya tukak lambung yg parah.
    mata sy penglihatanx sering sperti org melamun.
    sy sulit berkonsentrasi dan sgt pelupa.
    sy punya alergi dingin dan debu, sehingga sering membuat sy pilek.
    sy sering sesak nafas.
    sy srg skt pd perut bagian bawah, rasax seperti teriris2.
    semua badan sy hampir setiap hari sll sakit, linu, ngilu, cekot2.
    hampir semua bagian sendi2 pd tubuh sy bila digerakkan selalu berbunyi, dan jg skt.
    lutut sy stiap hari sakit skali, apa lg kl dibuat naek turun tangga, nyeri dan rasanya seperti g ada kekuatan.
    punggung dan pinggang sy jg skt sekali, nyeri dan kaku.
    bagian leher sy jg skt dan kaku.
    sy srg tiba2 kehilangan keseimbangan, seperti mau jatuh.
    sy srg merasa meriang tanpa sebab.
    dengan beberapa keluhan2 sy sperti di atas, kira2 sy harus berobat ke mana?
    rumah skt mana yg cocok unt sy, mgkin sy hrs general cek up dl, kr2 sy hrs ke dokter yg mana?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih apa bila bpk bersedia membantu memberikan info kpd sy, dengan gangguan fisik yg sprti diatas, sy bnr2 tidak bs beraktifitas dgn baik.
    skali lagi trima kasih…

    • hehe.. membaca keluhan vina, mirip gejala psikosomatis ya? fisik menjadi sakit karena beban pikiran dan mental.kalau mau general checkup, bisa dilihat di link bawah tulisan ini hospital2 di penang. di link tersebut lengkap disebutkan general check up dengan harganya. vina bisa menentukan mana yang paling cocok.

      semoga membantu

  34. trima kasih banyak Mr. Ary..
    oya, apa lbh bgs sy ke psikiatri atau ke dokter umum dl unt menentukan kmn arah pengobatan sy nanti..
    skali lg trima kasih…

    • andai sudah general check up dan tak ditemukan kelainan yang berarti, biasanya dirujuk ke psikiatri

      begitu juga jika selama ini sudah berobat, tapi tak kunjung sembuh, malah memburuk keadaannya, juga dirujuk ke psikiatri

      andai memang merasa memiliki beban pikiran, sebaiknya memang pergi ke psikiatri. dokter umum hanya mendiagnosis penyakit berdasarkan keluhan dan gejala penyakit, lalu mengobatinya.

      semoga lekas sembuh

    • soal bea tergantung tujuannya. apa hanya mau konsultasi dan berobat jalan, mau check up saja, atau operasi. perlu rawat inap atau tidak.

      di bawah artikel ini ada link rumah sakit, di sana kalau Anda buka sudah tercantum bea di tiap rumah sakit beserta jenis perawatannya

    • nodul tiroid jarang terjadi ya. biasanya diperiksa di bagian endokrin, di rs indo banyak yang bisa mengobati (kalau jinak). di rs penang bisa mengunjungi Loh Guan Lye atau Adventist (tautan blog rs ada di bawah artikel)

      tapi kalau sudah menjadi ganas, mesti dioperasi. bisa langsung menghubungi RS Mt Miriam (ada tautan di blog bagian bawah) yang memang khusus menangani kanker dan hasilnya bagus.

      semoga membantu,

      • terima kasih atas informasinya, selama 2 tahun ini saya di kontrol tiap bulan ke dr Dante Saksono. Belum ganas dan semoga tidak menjadi ganas, hanya sudah lelah saja tiap bulan harus kontrol dan minum obat setiap hari.

      • kalau begitu bisa dicoba di LGL atau PAH. semoga bisa mendapatkan pengobatan yang tuntas, dan saya pikir tak perlu rawat inap jika ke sana, sekalian berwisata ke penang

  35. Dear Ibu Ary Hana,

    Saya memiliki rencana untuk mengirim ayah saya ke Penang untuk general check up. Ayah saya akan didampingi oleh Ibu. Saya tidak dapat mengantar mereka karena keterbatasan budget/keuangan.

    Sekilas tentang kondisi ayah saya adalah sabagai berikut:
    1). Saat ini umur ayah saya kira-kira: 77 tahun.
    2). 6 tahun yang lalu ayah saya, terkena serangan stroke. Menurut hasil pemeriksaan saat itu stroke yang menyerang ayah saya adalah pada otak sebelah kiri dan kanan (pecah pembuluh darah otak sebelah kiri, dan penyumbatan pada pembuluh darah otak sebelah kanan). Setelah perawatan di RSI PGI Cikini, Jakarta – kondisi ayah saya sudah kembali membaik. Keluhan ayah saya saat ini adalah pada kaki sebelah kiri yang agak berat untuk melangkah.
    3). Saat ini, ayah saya juga mempunyai keluhan pada organ prostatnya. Menurut pemeriksaan di RSI PGI Cikini, Jakarta, terdapat pembengkakan pada organ prostatnya. Walaupun demikian, saat ini kondisi ayah saya sudah lumayan.

    Pertanyaan saya adalah:
    1. Kira-kira, rumah sakit mana di Penang yang menurut Ibu paling cocok/tepat untuk memeriksa ayah saya.
    2. Kira-kira berapa biaya/dana/uang yang dibutuhkan untuk pemeriksaan semua itu?
    3. Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan semua itu?
    4. Apakah ada hotel/tempat tinggal untuk Ibu saya selama pemeriksaan ayah saya dilakukan di Penang?? Tentunya hotel/tempat tinggal yang cukup baik dan dengan harga yang cukup murah/terjangkau??

    Kira-kira demikian latar belakang yang dapat saya sampaikan. Semoga Ibu dapat memberikan informasi terkait dengan kepada saya.

    Terima kasih.

    Ade Simatupang

    • kebetulan sekarang saya berada di penang, tapi hanya seminggu sebelum melanjutkan perjalanan keliling SE Asia selama 2 bulan.

      kemarin saya bertemu seorang lelaki penderita jantung yang berobat ke Adventist.

      coba buka link hospital di bawah tulisan ini, di sana lengkap apa saja pemeriksaan buat penderita jantung dan berapa beanya. soal penginapan, banyak sekali hotel di penang, dari tarif 30rm hingga beberapa ratus ringgit. di dekat rs juga ada.

      maaf baru bisa jawab sekarang, karena tak selalu bisa online

  36. Hi mba Ary,

    Saya Paulus. Ibu saya ( 67 th ) sudah batuk kurang lebih 3 bulan dan belum sembuh hingga sekarang. Saya mau tanya rumah sakit di Penang yang khusus menangani penyakit batuk serta minta referensi nama dokter+bagian-nya.
    Tolong dibantu info mengenai penginapan terdekat-nya yang terjangkau harganya.
    Terima kasih.

    • saya sedang melakukan perjalanan keliling asean hingga akhir september, jadi tak bisa memberi jawaban akurat.
      kalo mau coba datang ke lam wah ee hospital (andai cari yang murah) atau ke adventist hospital.

      penginapan atau guest house murah banyak di sekitar komtar, misalnya di sekitar lebuh muntri atau lebuh chulia, berkisar 30-50 ringgit sudah dg sarapan.

      semoga terbantu,

  37. Mbak, infonya berguna banget, apakah mbak ari punya info dokter neurolog yang spesialisasi di parkinson? untuk ibu saya yang sudah di stage 2 parkinson, Terima kasih sebelumnya ya mbak.

    Btw, ttg comment mbak ari ttg rs. siloam karawaci dulu memang bagus pelayanannya tapi sekarang karena barangkali sudah ramai jadi tidak seramah dulu lagi, mau konsultasi sama dokter juga harus buru2, suster dan adminnya juga sudah tidak ramah lagi.

  38. hello mbak ary, mau tanya apakah dokter specialyst bagian THT selalu praktek walau bulan december menjelang natal dan tahun baru? karena saya cmn ada waktu libur di bulan december. mohon bantuan infonya. dan minta recomendasi dokter kulit yang terbaik di penang untuk mengatasi masalah bekas jerawat di muka yang keliatan bolong2 di wajah. makasih sebelumnya

    • Hi Ecy, untuk bisa tau dokter cuti atau tidak di bulan des, baru bisa cek sekitar awal nov. Karena jadwal cuti dokter tidak menentu, kadang mereka cuti tahun kemarin, tapi belum tentu cuti di tahun ini. Untuk cek jadwal cuti dokter di RS lohguanlye bisa email saya di imelda.souw@gmail.com. Thanks.

  39. Hi mba Ary,

    Terima kasih banyak atas informasi-nya soal rumah sakit di Penang.
    Saat ini kami sedang coba herbal tanaman untuk mengobati ibu saya dan hasil-nya positif dalam 2 minggu ini.
    Mohon doakan kesembuhan ibu saya. Terima kasih.

  40. Mohon info rumah sakit khusu penyakit kanker di malaysia atau rumah sakit umum yang terbaik untuk kanker. Sekalian perincian pembayaran, jika ada. Thank’s

    • yang terbaik mount miriam cancer hospital. banyak pasien kanker yang divonis mati di rumah sakit kanker dharmais ternyata berhasil diobati di sini. soal bea dan jenis pengobatan, silakan konsultasi langsung ke wan liyana, koordinator pasien dari indonesia
      emailnya di patientcoordinator@mountmiriam.com

  41. hii mbak ary,saya mohon informasi mengenai rumah sakit yg terbaik dipenang yg bisa mengobati sakit ibu saya,ibu saya sudah 1thn menderita sakit yaitu radang dileher rahim begitu hasil papsmer nya,dan sdh 1thn pula ibu saya makan obat yg diberikan dokter,tapi tdk sembuh2 juga,utk itu saya ingin membawa ibu saya berobat kepenang,mohon bantuannya rumah sakit mana yg baik utk mengobati sakit ibu saya dan dokter mana yg hrs menangani ibu saya,dan kira2 brp biayanya,dan apakah ada hotel atau tempat tinggal yg dekat dgn rumah sakit tersebut,mohon informasinya ya mbak terima kasih sebelumnya.

    • banyak rumah sakit bagus di penang, di antaranya island hospital dan penang adventist hospital. keduanya berhadapan dengan hotel, dan dikitari banyak hotel di sekitarnya. coba buka link rumah sakit tersebut, dan cari dokter di bidang obgin, lalu konsultasi via email dulu untuk mengetahui perkiraan beanya.

      kalau belum jelas, boleh email saya. saya tak selalu buka blog, dan kebetulan saya baru mengunjungi malaysia baru-baru ini.

      semoga membantu

  42. Hii mbak ary,

    Saya izal (21 th ), Saya mau tanya nih mbak,,rumah sakit di Penang yang khusus menangani bedah tulang sendi serta referensi nama dokter+bagian-nya.
    Tolong dibantu ya mbak info mengenai penginapan terdekat-nya yang terjangkau harganya.
    Terima kasih.

    • coba buka adventist hospital, di sana ada nama dokter bedah tulang, lalu coba konsultasi dg pihak rumah sakit via email dulu. soal penginapan banyak sekitar komtar, jaraknya 10 menit dari rumah sakit dg bus.

      kalau kurang terang, coba email saya

    • Hi Pak Izal, Untuk bedah tulang sendi, coba buka web lohguanlye di penang. Disana ada beberapa pilihan untuk dokter tulangnya. Beberapa pasien yang sudah pernah berobat kesana, rekomen Dr. Goh Eng Tat, spesialis tulang and joint construction. Untuk tanya2 bisa email saya di imelda.souw@gmail.com. Thanks.

  43. hi mba Ary,
    tulisan yang bagus, sangat setuju dengan artikel diatas. saya juga berniat membawa ibu saya berobat ke penang kalau memungkinkan.
    mohon infonya jika mempunyai pengalaman atau pernah dengar tentang polip di lambung, ibu saya usia 63th pada saat diperiksa dilambungnya terdapat polip, yang menjadi pertanyaan apakah harus diangkat tanpa perduli apakah polip tersebut potensial tumor atau tidak. karena dokter dijakarta menganjurkan untuk dipotong polipnya, baru diobservasi, yang menjadi concern saya apakah tidak bahaya jika polip tersebut dipotong, saya takutnya akan cepat menyebar jika benar itu tumor, dan ada efek samping lainnya. karena ibu saya juga diabet. terima kasih sebelumnya.

    • coba konsultasi dulu dengan beberapa rumah sakit di penang via email, misal PAH, Loh Guan Lye, atau lainnya. biasanya untuk mengetahui polip itu jinak atau ganas memang harus dipotong dulu, lalu dianalisa di laboratorium.

      ketika kena kanker (macam tumor di perut), dokter mengoperasi tumor saya lalu menganalisa bahwa itu ganas. setelah itu baru saya menjalani operasi kanker yang sesungguhnya.

      salam,

  44. Saya antoni dari medan, saya mau membawa orangtua berobat gangguan pencernaan ke rumah sakit penang. Saya mau menanyakan nama dan alamatnya rumah sakit yang dekat dgn hotel

  45. Maaf mbak, saya pengen tanya. Kakak saya mengalami gangguan penglihatan. sudah berobat ke rumah sakit Cicendo, Bandung, Jawa barat dan rumah sakit siloam lippo karawaci, Tangerang. Menurut analisa dokter saraf mata bagian belakang mati akibat kena toksin. Ada yg bilang coba berobat PAH. Mohon informasinya, dokter mana yg harus kami temui? berapakah biaya yg harus disiapkan? mohon jawabannya, terima kasih.

  46. Siang mbak…saya punya anak umur 10bulan..setelah diperiksa di rscm didiagnosa menderita tumor ganas di pangkal pahany…klo ke penang baikny dbawa ke rs mana ya…dan mohon klo kita pengen nelpn dri indonesia ke rs yg bersangkutan tlng dkasih no. Telpnnya..tq

  47. Tgl 25 Sept ’12 saya pergi berobat ke RS.Lam Wah Ee (LWE) dan konsul ke Dr.Low Eng Joo,dan disarankan untuk pemeriksaan RONTGEN,USG,VIBROSCAN dan ENDOSCOPY (krn hasil lab,usg dan endoscopy yg saya bawa dari Jakarta dia kagak ngerti).
    Untuk VIBROSCAN saya dirujuk ke RS.ISLAND (krn mnrtnya di Penang hanya rs tsb yg mempunyai alatnya).
    Dari LWE saya naik taxi menuju ISLAND,supir taxi tsb berkata kpd saya,bahwa hampir seluruh rumah sakit di PENANG dibangun pakai duit orang Indo.
    Di RS.ISLAND saya harus membayar 650 ringgit + 15 ringgit untuk adm,jd total 665 ringgit (1 ringgit Rp 3140,-) (kl di rupiahkan total Rp 2.475.000,-),di dlm hati sy bertanya2 kl di Jakarta pasti biaya VIBROSCAN diatas 4 jtan.
    (setelah smp di Jakarta sy cari info brp biaya untuk VIBROSCAN,dan ternyata sungguh sanggat fantastis,krn di RS.MMC Rp 1.300.000,-,di RS.FATMAWATI tergantung kelasnya,dari 400 rban sampai 970 rban).
    Hua..ha..ha..ha..saya ketipu mentah2,sebab semua berita dan ulasan di Google menceritakan bahwa biaya pengobatan di rumah sakit PENANG sanggat murah (hampir separuh harga kl dibandingkan di Indonesia).
    Singkat kata,stlh hasil VIBROSCAN keluar,sy lsg meuju ke LWE untuk ENDOSCOPY.
    Smp di LWE pk 16.00,sy lsg menuju ruangan ENDOSCOPY di lt.4 (krn rencananya sya akan di encoscopy pk 16.30)
    Ternyata dokternya dtg pk 19.00.
    Kesimpulan saya terhadap pengobatan di rumah sakit PENANG:
    1. Di RS.LWE,dari petugas penerimaan tamu dan suster2 tidak RAMAH bahkan terbilang KASAR2 (baik bahasa maupun prilakunya),padahal yg sy lht hampir sebagian besar pasiennya dari Indo semua.
    2. Dokternya SANGAT TIDAK KOMUNIKATIF (sangat jauh dari berita2 di Google),dan tdk bisa berkomunikasi dlm bahasa Indonesia (bisanya bhs Mandarin),jd kita yg tdk bisa bhs Mandarin sy rasa lbh baik JANGAN PERGI KE RS.LWE,krn yg sy perhatikan pasien2nya LWE kebanyakan berasal dari orang2 Cina Medan.
    3. Jika kita ingin benar2 berobat di PENANG,sebaiknya kita HARUS mengetahui kisaran BIAYA di Indo (supaya jgn smp terlena dg berita2 di Google yg menyatakan berobat ke PENANG sangatlah MURAH).

    • itulah selalu saya sarankan kalau mau berobat ke luar negeri mesti konsultasi dulu via email berapa kira2 ongkos yang dibutuhkan, bandingkan dg harga dalam negeri. kalau rs di dalam negeri bisa menangani n lebih murah, kenapa pula mesti ke luar negeri. berobat jangan demi gengsi. lagian island hospital itu rumah sakit termahal di penang, bea nginapnya saja 1 juta rupiah per malam. ongkos tes lab dan lain2 bisa 3-4x lipat dari rs lain pak :D

      dulu di lam wah ee saya ditangani dokter lulusan inggris, dan kami menggunakan bahasa inggris sehari-hari, dan saya punya asuransi sehingga bea dicover asuransi. total bea 1000 ringgit (termasuk menginap 3 malam, n pengobatan paska operasi), jelas lebih murah dibanding di indonesia.

      • Memangnya di LWE kita bisa konsultasi dulu via email…???
        Sblm brkt tgl 20/9/12 sy sdh email ke csnya,tp smp skrg aja kg dijawab2…!!!!
        Kan di Google sdh digembor2 kan RS.LWE bisa berkomunikas pakai bhs Indonesia,tp nyatanya ….!!!!!!!!!!!!!
        Hua..ha..ha..ha….

      • wah .. kalau tak dijawab, harusnya telpon saja atau pilih rumah sakit lain yang lebih open. banyak pilihan rs di penang. setahu saya perawat dan resepsionis di LWEH bisa berbahasa melayu yang mirip indonesia, karena ini syarat untuk bisa diterima bekerja di rs swasta di penang. di LWEH banyak pasien orang batak juga.
        kalau mereka pura-pura tak bisa, komplain saja ke petugas bagian inspeksi pak. tapi bapak hebat juga, bisa berobat di island hospital. hanya sedikit orang yang berobat ke sana, orang2 kaya indonesia hehe

  48. hi mbak….
    saya pny ank umur 7 thn, berat lahir 2,5 kg. lahir normal2 aja. tidak ada kejanggalan. tp umur 4 thn dia terkena sesak nafas. setiap udara dingin, kecapekan dan makan makanan yg ada penyedapnya dia langsung batuk dan sesak nafas. ktnya anak saya terkena asma, sdh berobat kemana2 tp gak sembuh jg. mau bw ke penang gak ngerti caranya. tolong dong mbak saya di bantu ttg rumah sakit dan dokter yg bagus untuk anak saya. trus biayanya kira-kira mahal gak ya….(kalau tau berapa kira2)…..

    thanks ya mbak atas bantuannya…

    • oya, setahu saya, penyakit asma tak bisa disembuhkan, tapi bisa dikendalikan agar tak selalu sering menyerang, misalnya dengan mengajak anak berlatih berenang dan menghindari stress. ini pengalaman berdasarkan mengasuh keponakan yang terkena asma.

  49. dear mba ary,
    rencananya saya mau bawa anak saya berobat ke penang, dia ada penyakit megacolon kongenital, saya dengar pengalaman teman yang hanya sekali melakukn operasi pembedahan, tidak perlu dua kali pembedahan seperti di indonesia yamh
    g kedengrannya menyakitkan.boleh kasih tau dokter dan rumah sakit yg bisa kita kunjungi di penang mba, trims

    • kenapa nggak tanya kawannya rumah sakit mana mbak? di penang banyak rumah sakit, yang murah sampai mahal. kualitas dokternya sih nyaris sama. coba tanya kawannya dulu

  50. Sore mbak ary..skrang saya lgi di penang nemenin ibu saya cek up di adventis..saya pegen nanya dokter anak ya bgus di rs loh guan lei siapa ya..tq

  51. dear mba ary,
    ternyata teman saya itu berobat ke kualalumpur bukan ke penang,
    kalo perwakilan rumah sakit adventist di jakarta ada tidak yah?
    biar aku bisa tanya2 lebih banyak, soalnya dapat rujukan ke penang adventist hospital
    dari dokter di tempat aku bekerja.
    ada nama sama no telp atau emailnya ya gak mba, mba ary tahu tidak yah?

    • di link PAH bawah ada alamat, no telpon, dan email PAH.
      kalau ingin cepat, bisa message saja via fesbuknya di Penang Adventist Hospital, biasanya langsung dijawab dan mendapat fasilitas jemput di bandara.

  52. mba ary,
    boleh minta rekomendasi untuk dokter pencernaan anak sama dokter bedah anak yang bisa kita datangi di PAH?
    Terima kasih atas bantuannya

    • Paediatric Surgery
      Prof. Dr Thameem Ansari
      Consultant Paediatric Surgeon
      MBBS, MS (Gen), M.Ch (Paed. Surgery), FICS (Paed Surgery)
      Paediatrics
      Dr Khaw Poh Guan
      Consultant Paediatrician
      MD (UKM), MRCPCH (UK)
      Dr Tan Yao May, Agnes
      Consultant Paediatrician
      MD(M’sia), MRCP(Paed) (UK), AM (M’sia)
      Paediatrics & Neonatology
      Dr Pong Kwai Meng
      Consultant Paediatrician & Neonatologist
      MBBS (Mal), FRCP (Glasg), FRCP (Edin), MRCP (UK), MRCP (London), MRCPCH, M.Med. (Paeds), AM
      Paediatrics & Paediatric Cardiology
      Prof. Dr Mary Antony Koothoor (Mary Tan)
      Consultant Paediatrician & Paediatric Cardiologist
      MBBS (Ludhiana), DCH (Patiala), MD (Paed), MRCP (UK)

      itu semua spesialis anak

  53. mbak ary saya dan suami berencana berobat ke aventist hospital. belum diketahui penyakit suami saya,suami saya sering kali buang air kecil tdk bisa ditahan .ada yg mengatakan kanker prostat dan terakhir suami saya mnjalani Mri hasilny ada syaraf yg terburai harus operasi.pdahal sudah pernah operasi d slh satu rs di riau dan jg di rscm.dokter mgatakan tdk ada penyakit tp buktinya suami sy msh saja buang air tdk bs dthan. suami sudah pernah menelpn dokter teh chu liong..mhon data lgkap dokter urologi di pah & kira2

  54. mbak ary saya dan suami berencana berobat ke aventist hospital. belum diketahui penyakit suami saya,suami saya sering kali buang air kecil tdk bisa ditahan .ada yg mengatakan kanker prostat dan terakhir suami saya mnjalani Mri hasilny ada syaraf yg terburai harus operasi.pdahal sudah pernah operasi d slh satu rs di riau dan jg di rscm.dokter mgatakan tdk ada penyakit tp buktinya suami sy msh saja buang air tdk bs dthan. suami sudah pernah menelpn dokter teh chu liong..mhon data lgkap dokter urologi di pah & kira2 bgaimana tntg pnyakit sy mnurut anda,suami saya 28 thn,saya mhn infony, trimakasih sblmny mbak

    • coba langsung email atau telpon PAH, biasanya langsung dijawab. ada alamatnya di link bawah, atau message via facebooknya langsung, cari penang adventist hospital

  55. Terima kasih Bang atas informasinya, saya ada juga seperti daging tumbuh (tumor) di tengkuk dan ada rencana juga untuk diangkat. Menelisik cerita abang sepertinya menjalani operasi 2 x ya, pertama di LWEH dan yg kedua di PAH. Bagaimana rupanya Bang apakah di LWEH tidak dapat tuntas menanganinya. Tks Bang infonya

    • lam wah ee tidak lengkap dokter spesialisnya, biasanya kalo tak ada mereka akan kirim ke island hospital. tapi saya pilih PAH karena waktu itu lebih murah dp island

  56. Dear Mbak Ary,

    Mohon informasi kalo di Penang yang recommended untuk bagian Urologi – Prostats atau Spesialis Penyakit Dalam di Rumah sakit mana then sama dokter siapa ?

    Terus apakah ada perwakilannya di Jakarta untuk menanyakan informasi2 pendahuluan ?

    Thanks ya mbak

    • kalau di PAH lengkap untuk semua pak, coba tanya langsung via emailnya (ada di link bawah) atau kalau ada facebook, tanya via message ke ‘penang adventist hospital’. yang penting dapat info semua dulu lengkap sebelum berangkat

      • Saya sudah email ke PAH 2 hari lalu namun belum dibalas..apakah memang harus ditelpon ya.. btw sepengetahuan mbak apakah dokter spesialis PAH disana memang juga praktek di hari minggu / public holiday ? thanks

      • kecuali klinik bayi, biasanya public holiday libur. kalau belum dijawab, message aja di facebook. mungkin weekend memang ga ada orang administrasi kerja pak

  57. hai mbak…

    akhirnya ketemu juga sama blog seperti ini. Ini benar2 sangat membantu. Langsung saja ya mbak.

    Saya adalah penderita emboly paru sudah 1 tahun lebih. Saya terkena setelah saya menjalani persalinan via operasi caesar. Beberapa hari setelah operasi, saya tidak bisa aktifitas. Makan, mandi, berjalan kaki ter engah-engah. Sampai akhirnya saya dilarikan ke RS, dan didiagnosa terkena emboli paru.

    Dalam kurun satu tahun ini, saya sudah 3 kali masuk RS. Pertama RS Swasta di Jakarta, ditangani oleh dokter spesialis jantung, yang kedua di RS yang sama, dan si dokter pun menyerah.

    Akhirnya saya dirujuk ke RS Pusat Jantung di Jakarta, dilarikan ke ICU dikarenakan kadar oksigen dalam darah dibawah normal dan sesak nafas hebat. Kurang lebih 1 bulan akhirnya saya diperbolehkan pulang dengan biaya habis puluhan juta, walau tanpa tindakan apapun. Di RS Tersebut saya ditangani oleh prof yang sangat hebat katanya. Setelah pulang saya d wajibkan kontrol 1 bulan sekali.

    Yang sangat berat adalah, harga obat yang diberikan, setiap bulan saya harus menebus di angka 2.7 juta plus konsul jadi 3 juta per bulan. Itu dengan dosis paling minimal.

    Yang membuat saya sangat kecewa adalah, tyap kali saya datang untuk kontrol, saya tidak pernah bertemu dengan dokter yang menangani saya, selalu saya hanya dipertemukan oleh asisten dokter nya saja. Dan tyap bulan asisten dokter nya itu selalu berbeda. Saya sangat ingin direview oleh mereka mengenai progress saya. Namun ini tidak sama sekali. Tiap bulan saya datang kesana, hanya ditanya, ada keluhan apa?? kemudian keluhan saya dicatat di lembaran riwayat kesehatan saya. Kemudia dia tanya “kamu sakit apa sih” sambil membuka-buka kronologis riwayat saya. kemudian dia membuka resep bulan lalu, di copy dan d serahkan kesaya untuk ditebus. Begitu saja tiap bulan nya. tidak ada di suruh cek ulang untuk review atau bagaimana. Obatnya kan sangat2 tidak murah.

    Pernah saya tanya ke dokter nya “Apakah saya bisa sembuh? pengobatan ini sampai kapan? karena jujur saya tidak sanggup jika terus2an mengeluarkan uang sebanyak ini setiap bulan. Saya hanya karyawan swasta, tulang punggung keluarga” si dokter tidak bisa menjawab.. dia hanya bilang “Yaaa pokoknya obatnya jangan sampai putus. Bisa fatal”

    Kata2 yang keluar dari mulut dia membuat mental saya drop. Dengan kata lain hidup saya bergantung dengan obat itu? kalo ga minum lalu saya mati? apa begitu?

    Makin kesini rasanya badan saya tambah kebal sama obat, efeknya kemana-mana. Skrg kondisi saya masih tdk bs aktifitas banyak walau sudah di doping obat. Sepertinya harus nambah dosis obatnya. Tapi harus keluar biaya berapa lagi?

    Saya sudah googling untuk mencari teman sependeritaan alias yang punya riwayat penyakit emboly paru, namun tidak ketemu.

    Akhirnya saya ingin cari second opinion untuk berobat ke luar negeri. Karena saya pingin tau apa opini dokter di luar mengenai penyakit saya yang katanya langka.

    Mudah2an dengan saya posting disini ada yang bisa memberikan referensi jika masih ada RS yang bersahabat. Jadi saya tidak harus jauh2 ke negeri seberang.

    Mohon info jika berkenan untuk range biaya… hotel.. dan transportasi…

    Bisa japri ke moktafianty@yahoo.co.id

    Terima kasih

    • Kalo yg paling top menanganin masalah jantung itu Penang Adventist Hospital, temen saya yg non-Indonesia dan non-Malaysia juga tau, dan saya tau pertama kali dari temen saya (org Indonesia) yg Bapaknya sukses op by-pass di Adventis. Tapi kalo emboly paru ngga tau ya.
      Semoga cepat sembuh ya.

      • makanya tanya langsung adventist saja. saya kan bukan PR para rumah sakit di malaysia. saya cuma mantan pasien kanker yg dirawat di malaysia. sudah bagus saya mau menjawab pertanyaan yg masuk di sela kesibukan :P

      • Bukan hanya sudah bagus kok Ry, tp sangat membantu sekali posting tentang Nikmatnya Berobat ke Penang ini. Saya malah kasih referensi ke kenalan yg minat berobat kanker ke Penang utk baca blog ini berikut komen2nya dulu, krn bisa tanya langsung ke penulis blognya. Maaf ya kalo ikutan jawab :)

  58. hi all, ada yg tau tentang terapis ozon gk y?
    katanya bisa buat menyembuhkan penyakit penyempitan jantung ya?
    trus ad yg tau g? rs penang ad yg menyediakan terapi ozon ini g?
    Trus ad yg tau ap bedanya dengan cuci darah
    anyway terimakasih ya

    • di indonesia terapi ozon sudah dilakukan sejak tahun 1995. di surabaya ada di rsal dr ramelan, di jakarta rs harapan kita, dan masih banyak klinik swasta yang melakukannya. googling saja

  59. Hai MBA ary, sy mau tny ….mama sy br 2 hr yg lalu msk ICU RS Pluit krn sesak napas. Stlh diperiksa trnyta tknan darah n diabetnya tinggi. Mmg mama sy sdh lama mengkonsumsi obat2an trsbt. Dan skrg sdh Kena ke ginjalnya. Angka utk hsl ginjalnya skrg sdh diatas 6 pdhl kata dktr disini normalnya 1.9 yg mengakibatkan hrs cuci darah. Kami keluarga berencana membawa mama sy ke Adventist. Bisa tlg recomen dktr siapa yg bgs? Dan apakah bnr di Penang Bs kalo tdk sampai cuci drh? Yg sy dgr BS dgn suntik insulin? Dan jg apakah kmr VIP bs ditemanin keluarga utk menginap? Tq a lots

    • banyak dokter internist bagus di sana. daftar dokter bisa dilihat di link adventist hospital di bawah. jangankan kamar vip, di kelas bangsal pun boleh ditunggu keluarga, tapi harus berjenis kelamin sama. soal apakah butuh cuci darah atau tidak sebaiknya konsultasi langsung. bisa email adventist, tanya melalui message fb (penang adventist hospital), atau langsung telepon rs yg bersangkutan

  60. hai mba ary salam kenal, info mba sangat membantu soal rumah sakit di penang. kebetulan saya pny rencana ke penang juga, mau tanya info ke mba imelda tentang lohguanlye. saya sudah coba email tapi invalid email address, boleh dibantu email lain atau no kontaknya mba? trimakasih

  61. Dear Mba Ary and All,

    Saya berencana untuk membawa adik saya yang berumur 11 th untuk berobat ke Penang, Malaysia. Adik saya menderita kelainan saraf tulang belakang sehingga badannya lemah, tidak bisa jalan, dan sering sakit seperti demam, batuk, dan perut. Kondisinya kian hari tidak bertambah baik, untuk itu saya mau tanyakan rumah sakit di Penang yang recommanded untuk anak-anak dengan penyakit demikian. Apa Mba tau alamat RS nya? Tks.

    • di penang adventist hospital ada dokter ini
      Neuro Surgery
      Dr Ng Cheok Man
      Consultant Neurosurgeon
      MBBS (Mal), M Med (Surgery) S’pore, FRCS (Edin), CMIA, AM (M’sia),
      Neurosurgical Fellowship (Aust)

      coba buka link PAH di bawah, ada email (enquiry) atau phone number yg bisa dikontak langsung. saran saya, konsultasi dulu via email atau telepon, kalo sudah pasti baru datang langsung

  62. saya yolanda dari surabaya .adik saya berumur 8 tahun dan dokternya mengatakan ada kebocoran pada ginjalnya. hasil lab menunjukkan eritrositnya 250. sama dokternya udh diberi obat namun setelah dilihat dan dipantau selama 2 minggu dan test urine kembali, hasilnya tetap menunjukkan adanya eritrosit dan dokter menyuruh untuk segera melakukan diopsi ginjal ke penang. apakah mbak tau rumah sakit mana yang bagus untuk melakukan diopsi ginjal? beserta email dan nomer telepon rumah sakitnya?

  63. Hi mbak, saya ada wacana untuk melakukan transplan ginjal untuk suami saya. Bisakah diberikan informasi rumah sakit apa di Penang yang baik untuk itu? Apakah benar Island Hospital atau ada yg lain? Berapa kisaran biayanya, berapa lama waktu pengobatannya? Adakah alamat email & nomer telpon yg bisa dihubungi? Thx.

    • program bayi tabung ada di LWEH, PAH, dan semua bagus.

      LWEH
      IVF Lab Manager
      IVF Centre
      Hospital Lam Wah Ee
      141 Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim
      11600 Penang, Malaysia.
      Tel : 604 – 6528976 (DID)
      Tel : 604 – 6571888 ext:4010
      Email : loosc@hlwe.com
      ivfcentre@hlwe.com
      Fax : 604 – 6570940
      Klinik bayi tabung berada di lantai 3, LWEH. IVF dibuka pada
      Senin-Jumat pukul 8.30-13.00, lalu pukul 14.00-17.00
      Sabtu pukul 8.30-12.00

      PAH
      klinik bayi tabung di samping rumah sakit, tepatnya di kanan PAH

      DI Loh Guan Lye juga ada, namanya unit fertility

      yang penting bandingkan harga :P

    • program bayi tabung dan kehamilan ada di LWEH, PAH, dan semua bagus.

      LWEH
      IVF Lab Manager
      IVF Centre
      Hospital Lam Wah Ee
      141 Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim
      11600 Penang, Malaysia.
      Tel : 604 – 6528976 (DID)
      Tel : 604 – 6571888 ext:4010
      Email : loosc@hlwe.com
      ivfcentre@hlwe.com
      Fax : 604 – 6570940
      Klinik bayi tabung berada di lantai 3, LWEH. IVF dibuka pada
      Senin-Jumat pukul 8.30-13.00, lalu pukul 14.00-17.00
      Sabtu pukul 8.30-12.00

      PAH
      klinik bayi tabung di samping rumah sakit, tepatnya di kanan PAH

      DI Loh Guan Lye juga ada, namanya unit fertility

      yang penting bandingkan harga :P

  64. dear mbak ary

    sy punya keluhan suara serak (acquired laryngeal web) udah bertahun2, jadi ada jaringan seperti dahak membandel yang menutupi sebagian pita suara. dokter sarankan di operasi tapi hasilnya 50:50 katanya kalo operasi gagal suara sy akan hilang sama sekali, kan sy jadi takut.
    karena operasi ini pasti mengenai pita suara…

    sy mau tanya apakah ada dokter THT yg bagus dan ramah yg bisa menjelaskan secara rinci tanpa ada yg ditutup2i resikonya nanti pasca operasi. juga biaya yg terjangkau dan murah di rmh sakit penang-malaysia?

    kalo di LWEH apakah ada dokter THT yg bagus dan apakah alat2nya lengkap?
    mohon infonya mbak karena ini sangat membantu sy.
    terima kasih byk.

    • LWEH ya, spesialisnya ini
      Ear, Nose & Throat Surgery
      Dr Ng Hee Hua (MBBS, FRCS, MS ENT)
      Dr Gopalan Nair (AM, MD, MS ORL-HNS)

      hubungi aja
      LWEH berada di Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim No. 141, Penang. Kode pos 11600.
      Tel: 604 – 6571 888 / 6528 888
      Fax: 604 – 6570 940
      Hotline: 604 – 6571 898
      Email: hlwe@po.jaring.my
      Calon pasien bisa juga menghubungi bagian Service / General Information
      Direct Line: 604 – 6528 926 / 6528 927
      Email: cuservice@hlwe.com
      Sementara calon pasien yang hendak mendaftar konsultasi atau perawatan, bisa menghubungi:
      (Ms Marianne) 604-652 8902
      (Mdm Teoh) 604-652 8990
      Email: hlwe@po.jaring.my

      • Dear All,
        Mohon dibantu Info Bapak/Ibu.
        Saya Michael, beberapa hari yang lalu adek saya cek up jantung ke RS A***** Penang. Hasil cek up di indentifikasi terjadi Klep Bocor. Dan di sarankan segera mungkin dilakukan operasi. Yang mau saya tanyakan:

        – Berapa kira-kira biaya yang dibutukan ya? informasi sementara dari RS ybs biaya yang dibutuhkan lebih kurang RM 33.400 (hanya biaya operasi saja) belum termasuk biaya komplikasi lainnya. Dan menurut hitungan kami mesti menyiapkan biaya Rp.150 Jt (for all)
        – Menurut pengalaman Bapak/Ibu, rumah sakit rujukan lainnya ada gak? dan berapa kira-kira biayanya?

        Keadaan adik kami saat ini biasa-biasa saja, hidup normal, dan masih melakukan aktifitasnya sehari-hari (bekerja), sepengakuan adik saya tidak ada keluhan apa pun.

        Demikian terima kasih. Salam

        Michael

      • Hi Pak Michael,
        Saya perwakilan dari Gleneagles Hospitals Malaysia dan Pantai Hospitals Malaysia. Membaca tulisan bapak mengenai kondisi adik bapak, saya ingin share info mengenai sepsialis jantung yang ada RS Pantai & Gleneagles. Jika berkenan, bisa contact saya di 021-29681703 / 021-29681704..semoga saya bisa membantu bapak.

  65. Mr Ari thanks a lot atas postingnya… Boleh minta info, untuk dokter dan rs penang yg bagus untuk penyakit kista atau sejenisnya? Seperti yang telah di ceritakan sdr.Ari diatas. Soalnya adik saya jg sama, kalau stlh datang haid, perutnya suka sakit dan dulu memang pernah punya kista.
    Banyak yg rekomend suruh check up ke penang, katanya bagus.
    Tp saya dan mereka tdk ada nama referensi dokter yg bagus.
    Tolong ya pak.. Info nya sangat dibutuhkan. Kalau berkenan tlg di email ke saya : fitri.ling@gmail.com .
    Thanks before…

    • saya kurang tahu dokter obgin yang bagus, menurut saya semua bagus

      1.di Loh Guan Lye Hospital ada
      Mr Loh Hun Yu, Kelvin
      AM, LRSM(D), LRCPI, LRCSI, DRCOG, LM(Rot.), FICS, FRCOG(Lond.)
      Mr Nicholas Loh Shin Wye
      MBBS(Lond.), FRCS(Edin.), FRCOG(Lond.)
      Dr Voon Meng Hoon
      MBChB(Glasgow), MRCOG(London)

      2.di Penang adventist hospital ada:
      Obstetrics & Gynaecology
      Dr Low Chin Soon
      Consultant Obstetrician & Gynaecologist
      MD (UKM), MRCOG (UK)
      Dr Zokhumi Poey
      Consultant Obstetrician & Gynaecologist
      MBBS, MRCOG (Lond), FRCOG
      Obstetrics & Gynaecology / Gynaecological Oncology
      Dr Soon Su Seong
      Consultant Obstetrician & Gynaecologist – General OBGYN, Gynaecological Oncology
      MBBS (Mal), MMed(O&G) (UKM), MRCOG (UK), MRCP (Ireland),
      Fellowship in Gynaecological Oncology (Singapore)

      di Lam Wah Ee hospital ada
      Obstetrics & Gynaecology
      Dr Quah Thong Sai (MBBS, FRCOG)
      Dr S Shankar (MBBS, Dip OBST RCP, FRCOG)
      Dr Ng Peng Wah (MBBS, M.Med O&G, MRCOG)
      Dr Lau Soon Yen (MBBS, MRCOG)

      yg penting tahu jenis kista atau miom-nya, kalau jenis yang gampang tumbuh/kambuh lagi, memang tak ada obatnya. soal kista coba buka kliniku.com

  66. kalo mau berobat ke penang, ada yang nyaranin lebih baik tukarkan ke ringgit dulu sebelum berangkat karena disana kursnya ga imbang (lebih mahal) apa benar begitu? soalnya saya baca di komen diatas, semua rs menyediakan money changer.. bagaimana dengan kurs nya?
    thanks

    • paling beda 100 rupiah dg moneychanger indo, pak. kalo punya rekening cimb malah enak, karena beda kurs-nya lebih menguntungkan. masalahnya, kalau mesti bawa banyak uang seperti 5-10 ribu ringgit atau lebih, itukan bahaya. rawan penipuan n perampokan. andai bawa cash, bawa saja dolar, lebih stabil.

  67. Salam kenal Pak Ary, saya mahasiswi Indonesia yg sekarang belajar di Monash University Malaysia yang sedang mengumpulkan data data tentang pasien2 indonesia yg pernah berobat ke Malaysia. Isi blog Pak Ary sebenarnya sudah cukup lengkap dengan berbagai link2 yg memungkinkan pembaca untuk mengalami sendiri kualitas medical di Penang. Pak Ary tertarik ga untuk berbagi cerita pengalaman Pak Ary berobat di Penang melalui telephone interview? Terima kasih sebelumnya :)

    • semua bisa menangani kista, masalahnya kan ada banyak jenis kista, ada yg membandel n tumbuh lagi tumbuh lagi dll. saya pernah nulis kista panjaaang. saran saya, berdasarkan pengalaman teman, baik yg ditangani dokter dan nggak, coba herbal saja dulu. minimal teh mahkota dewa, tapi tehnya meracik sendiri, jangan beli yg sudah siap pakai di pasaran.

      tapi semua terserah Anda.

  68. Mbak Ary, mau tanya untuk dokter jantung di Lam Wah Ee siapa ya Mbak? Ayah saya rencana mau pasang stent di sana? Terima kasih infonya Mbak

    • Cardiology
      Dr Lim Guan Choon (MBBS, MRCP)
      Dr Liew Chee Tat (MBBS, MRCP)
      Dr Barakath Badusha (MD, M Med, MRCP)

      Cardiac Electrophysiology
      Dr Neoh Kean Huat (MBBS, MRCP)

      Cardiothoracic Surgery
      Mr Eng Ji Bah (AM, MA, MB BChir, FRCS, FICA)

  69. Mbak Ary, terima kasih atas jawabannya. tapi bisa referensiin yang mana Mbak karena cardiologist nya ada 3…
    Kalo dibandingkan dengan Adeventis, kira2 bagus mana ya Mbak?
    Thanks a lot

  70. Pingback: Ketika Wanita Dikepung Kista | Othervisions

  71. mbak ari, trimks atas sharing penglaman’a
    saya sdh sangat prustasi brobat di negeri trcinta ini, sya menderita penyakit trsa pnas dan kecabean seluruh badan, jari tangan sy kaku dan tidak bertenaga lagi, kdg2 kaku tidak bs dibuka, punggung trsa pnas smpe ke pinggang, kaki jg kebas dan smkin lemas, klo saya ke penang, ke dokter mana n RS mana sy hrus brobat..
    trimks ats infonya

    • kalau boleh tahu berdasar diagnosa dokter di rs indo, sakitnya apa pak? kalau diagnosa tidak jelas, ketika berobat di penang (baik adventist hospital, lam wah ee hospital atau loh guan lye), bapak akan menjalani pemeriksaan awal seperti check up hingga dapat diketahui kelainannya. ketiga rs di atas bagus dan harganya bersaing.

  72. mbak ari…
    mnrut diagnosa dokter, kemgkinan saya mengalami penympitan syaraf atau syaraf tepi, tp sdh enam bulan lebih sy konsumsi obat, blm jg ada tnda2 pnykit sy berkurang..
    trimkasih, ats info’a..

    • obat begitu sifatnya placebo, seperti orang masuk angin lalu digosok rheumason.
      ada satu alternatif pengobatan ketika berbagai resep dokter ternyata tak berguna, khususnya jika berkaitan dg saraf. nanti kalau ternyata berobat ke penang juga gagal, bapak boleh tanya ke saya :D

    • salam..
      sya mhon infonya, mbak..
      setelah diagnosa dgn MRI, ternyata sya mnderita syringomyelia, apakah selain operasi, pnyakit trsbut dpt di obati, n klopun hrs operasi ke dkter mna klo di penang.. trimks..

  73. Mbak Ari,

    apakah punya saran bagaimana kita memilih onkologist yang bagus di Malaysia ? atau kita pilih rumah sakitnya saja, dan biar mereka nanti yang tentukan ?

    kemudian apakah hasil USG, lab di Indonesia dapat digunakan oleh mereka ? Atau musti mulai dari nol lagi disana ? Trims.

    • biasanya pilih rumah sakit, kalo sudah tahu dokternya malah enak. kalo ga, ya minta saran ke pihak hospital. di adventist banyak pasien jantung tahunan dari indonesia .

      kalau periksa, sebaiknya bawa hasil rekaman medis dari indo, bisa usg, rongent, dll. nanti bisa jadi kalo dianggap perlu akan mengulangi pemeriksaan lab sekali lagi. kalo ga, ya tak ada pemeriksaan lab lagi.

  74. Halo, saii, skedar ingin tau aj. Kok qm pindah hospital dr LWE ke PAH, emang qm operasi 2x atau LWE memindahkan km ?
    Thxx sebelumnya.. Soal’a ak jg mau bawa mama ku berobat kesana..

  75. Untuk penyakit kanker apakah lebih baik ke rumah sakit kanker Mount Miriam atau LWE ke PAH, mana kah rate yang lebih murah serta akomodasi nya disekitar rumah sakit tersebut. Terima kasih.

    • kalau saya pilih mt miriam, soalnya kalo LWEH atau PAH ga mampu mengatasi kanker, akhirnya dikirim ke mt miriam. soal rate bisa ditanyakan langsung via email ke mt miriam, ada postingannya khusus di mt miriam

  76. Pingback: Ebook Berobat ke Penang | Othervisions

  77. mbak ari..
    setelah diagnosa MRI, sya mendrita syringomyelia, apakah selain operasi pnykit trsbut bisa di obati, n klopun hrs operasi ke dokter n RS mana di penang.. trimks info’a.
    kafrawi- aceh

    • coba konsultasi dengan dokter spesialis tulang belakang pak. di ebook saya ada nama2 dokter khusus spesialis tulang belakang di 4 rs, bapak bisa menanyakannya langsung via email kepada rs yg bersangkutan

  78. Tumpang Iklan ya Miss Ary..Assalamualaikum dan salam sejahtera..kepada siapa yang merencanakan mau berobat di Penang, kami ada sediakan akomodasi bajet dari RM60-RM80 sehari(2orang per kamar). Bisa memasak dan mencuci pakaian. gas, minyak goreng , sabun cuci, sampo, pasta gigi diberi gratis. rumah sangat nyaman berkelas kondominium hanya 2km dari RS Lam Wah Ee. Pengangkutan dari RS(Rumah Sakit) ke penginapan disediakan gratis. Bisa juga ambil dari bandara (Penang Airport) ke RS hanya RM20(IDR 60,000). LCD TV dan Satelit TV siaran Indonesia-channel Bintang dan Pelangi juga tersedia. Sebuah PC dan webcam dan Internet kecepatan 1Mbps tersedia gratis.

    scroll internet: http://www.facebook.com/pages/Al-Kauthar-Condominium-Homestay-in-Penang-Island-near-USM/602456983115418

    untuk tempahan/booking : 0060 10 5625211 (Farabi) atau 0060 19 7105104 (Shiful)

    Kalau mau pandu sendiri juga bisa, harga mobil sewa dari IDR 300,000 sehari. Harga bensin (RON97) = RM2.90 seliter / ~IDR 8700 seliter.

    silahkan hubungi kami, segala pertanyaan akan diperlakukan. atau tanya saja di facebook dialamat seperti diatas.

    sekian, Terima Kasih.

  79. bekas operasi di penag itu gimana? kelihatan kah bekasnya? aku rencananya mau kesitu mau operasi tiroid, minta doanya ya

    • kalo anda punya bakat parut, sebaiknya suntik anti parut setelah operasi. tapi jika tak berbakat parut, ya bekas lukanya nyaris tak kelihatan

  80. wah sangat membantu sekali ini
    kebetulan memang punya rencana ke Penang
    saya kena hemoroid (ambeien) dan pernah dioperasi di rumah sakit pemerintah 2 tahun lalu
    kondisinya sekarang malah berulang dan makin parah

    ada rekomendasi untuk dokter dan rumah sakit disana
    kira-kira berapa budget yang dibutuhkan
    terimakasih

    • coba download ebook saya, gratis kok. di sana ada nama hospital yang bisa dihubungi serta dokternya. soal harga, bisa konsultasi langsung dg hospital yang bersangkutan via email atau telpon langsung

  81. Saya pikir sama aja pelayanan dan fasilitasnya dengan RS di INDONESIA.. Yg beda cuma si penunggu pasien.. Kalau kita membandingkan dengan RSUD atau RS yg memank notabene Utk kalangan org tdk mampu, ya pasti jauh beda…

    • berobat ke penang memang ditujukan bagi golongan pasien ekonomi menengah ke atas, sebagai alternatif setelah mereka ‘capek’ berobat di rumah sakit indonesia :P

  82. Salam kenal mba ary,,
    Blog anda sangat2 membantu sekali,
    Saya rncna mo bawa papa saya ke mt miriam , tp saya bingung sama penginapannya, kira2 mbak tau gak ,penginapan mana yang dekat sama mt meriam ! Sebelumnya makasi mba ary

  83. Mba Ary Saya mau nanya, papa saya menderita aneurisma aorta abdominalis, yaitu pembengkakan pembuluh aorta di perut.. Menurut dokter di Bandung cara mengatasinya melalui operasi. Apakah Mbak bisa memberi saran ke hospital mana dan kira2 berapa biayanya. Juga bila ada contact person di indonesia agar lebih mudah berkomunikasi, karena saya pernah mencoba menelepon langsung beberapa hospital di singapur dan malaysia dan agak susah untuk bertanya. Mungkin karena mereka juga banyak kerjaan.. Terimakasih banyak atas bantuannya..

    • yang punya perwakilan langsung di jakarta atau medan, rs loh guan lye. coba hubungi saudara imelda (emailnya ada pada komentar) untuk konsultasi dan menanyakan langsung kasus anda. atau bisa download ebook berobat ke penang, ada email perwakilan di indonesia di sana,

      salam

  84. dear mbak ari atau mbak imelda
    saya mau tanya, kebetulan ayah saya ada masalah di saluran kencing. menurut dokter disini ada tumor di dalam saluran kencing. kira2 urologist yang bagus di penang ada di rs apa ya? untuk pasien baru bisa datang langsung kesana atau harus ada konfirmasi seperti mail atau tel terlebih dahulu? mohon infonya. thanks

    • semua rs swasta di penang punya urologist bagus. bisa berobat langsung, tapi jika ingin konsultasi bisa menghubungi perwakilannya di indonesia

  85. Siang mba ary, saya ada rencana bawa mama saya berobat ke rs.adventis, krn hasil MRI nya saraf kejepit dg tulang ekornya retak 3 buah, saya lsng bawa or konsultasi dulu y?ada perwakilannya gak ya di jakarta, mohon infony?

    • kayaknya nggak ada, tapi bisa email atau telepon adventist langsung. keterangan adventist bisa diunduh di ebook, gratis kok

  86. This is my MBA assignment on Medical Tourism and how to make the visitor more comfortable while in Malaysia.

    According to http://www.medicaltourism.com.my which is run by Ministry of Health Malaysia in 5 different languages (English, Chinese, Arabic and Hindi), there are 3 (three) advantages of obtaining medical treatments in Malaysia:
    – Value for your money
    – Multi-cultured society and great hospitality
    – Holiday Advantages

    Although the website is comprehensive, we believe there are still rooms to improve. We would like to touch only 4 major issues which might need immediate attention:
    – Knowing and understanding the targeted market
    – Amending and adjusting Standard Operation Procedure (SOP) in key areas
    – Additional guide book and signage for foreign visitors seeking medical treatment in the country
    – Integrated Push Factor

    Knowing and understanding the targeted market

    To simplify the sample, we would like to look into Indonesia as the biggest market for Malaysia medical tourism. Searching the information from blogs, we can conclude the following medical client profile:
    – Elderly mostly above 50 and mostly wheel chaired bound
    – Upper-middle income bracket
    – Not fully literate and not fluent in English, mostly speaks and read Indonesian and Indonesia local dialect
    – Mostly not computer literate nor Internet literate, although most are familiar with Blackberry messaging
    – Mostly seeking outpatient treatments in Malaysia but willing to stay in Malaysia in between treatments
    – Mostly accompanied by family member or even own maid who look after the patient’s needs, such as pushing the patient wheelchair.

    Recommendations
    – Although Internet is widely accessible and embraced globally, it might not be effective in reaching potential customer in Indonesia. Advertisement has to be done directly in Indonesian soil and utilizing traditional media such as printed material (newspapers), radio and television.
    – Ministry of Health should corporate with Ministry of Tourism to provide entertainment, travel and lodging services to the patient’s family members
    – Ministry of Health should corporate with Immigration Department Malaysia to provide visa services for foreign patients and their family members.

    Standard Operation Procedure

    Hospital should take consideration of the religion, culture and norm of the potential client, in area of:
    – Accepting foreign payment method (credit card, or maybe even having Indonesian bank account to accept local Indonesia fund transfer)
    – Signage and interpreter in respective language to ease patients and their family members
    – Proper religious worship place and halal requirement for Muslim patient in non-Islamic hospitals.

    Public and place of interest should accommodate outpatient hospital visitor and their family, in area of:
    – Disable friendly environment for wheelchair-bound outpatient by providing wheelchair ramp and disable toilet.

    Immigration should ease visa extension process by collaborating with hospital to provide indirect visa submission via hospital’s customer services for both patients and their family members

    Guide book and signage

    Airline, Airport, Immigration, Customs, Taxi, Busses, Hotel, Hospital and Place of Interests should add another category of visitor: Medical Tourist, on their signage, publication and advertisement.

    Bus maps and bus stops should be equipped with proper signage with list of nearest hospital and clinics. Road signage will not only to show the nearest place of interest but also to show the nearest hospitals.

    Integrated Push Factor

    Hospital like Lam Wah Ee Hospital (LWEH) of Penang having their own reps in Indonesia to help potential client in arranging not only medical but also travel, accommodation and visa requirement for the patients and their companions.

    This can be further enhanced, efficient and cost effective by combining and integrating several hospitals’ reps into fewer centres, each located on different cities in foreign countries; and monitored by Ministry of Health Malaysia.

    Summary

    As what the Indonesian said about Malaysia’s hospital services: “affordable and courteous”, the numbers of foreign patients seeking medical attention in Malaysia will always increasing.

  87. mbak.. saya ada benjolan (lebih dari 1) di leher (diantara tulang selangka). Menurut dokter di dharmais (udah 2 dokter) adalah benjolan kelenjar getah bening. diagnosa (brdasarkan USG) dokter adalah infeksi (bisa TB ato lainnya). saya adalah pnderita asma alergi sejak kecil sehingga mnurut dokter dugaan infeksi sgt besar, dan kanker adl diurutan terakhir. saran dokter adl operasi untuk mengetahui benjolan tsb apa, krn biopsi jarum sgt rendah akurasinya.
    saya sgt khawatir mlakukan operasi di jakarta dg situasi playanan n penanganan medis di Indo/Jkt. Mohon saran n info RS yg bagus di Penang untuk kasus saya. (saya jg berencana program hamil mbak krn sy ada kista). Terimakasih mbak.

    • coba ke lam wah ee atau adventist kalau sekedar biopsi. ada dokter kista juga di sana. keterangannya bisa diunduh dari ebook berobat ke penang gratis

      • mau nanya?
        orangtua saya patah tulang di betis kanan, kalau di penang-malaysia kerumah sakit mana yang cocok untuk operasi patah tulang??? siapa nama dokternya dan sekitar berapa biayanya? dan bagaimana cara berhubungan dengan rumah sakit tersebut???
        mohon jawabannya ya pak
        sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
        ini email saya pak
        kalau boleh jawab juga di email saya ya pak!!!!!

        alpha_antoni@yahoo.co.id

  88. Perkenalkan nama saya Sihol Sarumpaet.
    Mohon bantuannya, sejak kecil (kira-kira umur 12 tahun) saya sudah mengalami sakit di bagian perut sebelah kanan atas dan menjalar ke ulu hati.
    Tahun 1997 baru ketahuan penyakit saya, yaitu ada batu pada saluran empedu, lalu diambil dengan menggunakan ERCP. Tapi beberapa tahun kemudian sakitnya timbul lagi. Dan Pebruari 2013 saya scanning, ternyata ada batu dalam hati (Intrahepatic stone).
    Awal Juni 2013 (seminggu yang lalu) ada orang yang saya kenal dengan penyakit yang sama dengan penyakit saya operasi di rumah sakit swasta di medan, tapi sepertinya gagal dan saat ini masih di ruangan ICU.
    Yang ingin saya tanyakan, di rumah sakit mana di Penang kira-kira yang bagus untuk operasi penyakit saya dan berapa kira-kira biayanya, terima kasih atas infonya.

  89. Salam Damai dan Sukacita Mbak Ary, terimakasih untuk informasinya.
    Ohya Mbak, dalam jangka waktu dekat saya mau membawa papa saya berobat ke Penang, disarankan sih Ke RS. Adventis, saya mau tanya tentang rekomendasi dokter untuk penanganan daging tumbuh di pangkal tulang hidung (hasil diagnosa salah satu rs. di medan). Apakah ada nomor kontak Rs. advent yang bisa dihubungi sebelum keberangkatan, dan sebaiknya kita menggunakan hape atau telvon kantor biar lebih murah ??

    Terimakasih atas informasinya.
    Tuhan memberkati.

    • coba unduh ebook berobat ke penang, di sana ada alamat rumah sakit adventist dg no telp, faks, maupun email, termasuk kemudahan yang didapat bagi pasien yang baru pertamakali berobat.

      salam,

  90. Salam kenal mba Ary, klo pengobatan utk penyakit Barret Esophagus (pra cancer) yaitu penyakit karena asam lambung reflux ke tenggorokan dlm jangka yg lama, sehingga saluran tenggorokandan lambung mengalami peradangan.
    Sebaiknya saya berobat ke dokter apa? Dan rs mana?
    Dan apakah pernah diadakan operasi utk penyakit tsb ?

    Tks atas bantuannya…..salam

    • kalau membaca kasusnya sepertinya tak hanya ditangani satu spesialis tertentu, tapi melibatkan beberapa spesialis. bagusnya bapak membawa hasil pemeriksaan di indonesia (foto rongent dll) lalu datang di bagian registrasi dan membiarkan mereka mengarahkan bapak.
      ada bberapa rs yang bisa menangani, mulai lam wah ee hospital, penang adventist hospital, island hospital, loh guan lye dan lainnya.

  91. salam mbak ary, thx info sangat membantu bgt.rencana mau bawa mama dia terkena penyakit diabetes, minta info mengenai biaya dr bandara malaysia saya harus kemn, naik bus apa sampe kers PAH dan pengindapannya? thx

    • jika sampai di bandara penang sebelum pukul 21.00, bisa ambil bus (rapid bus) jurusan jetty dan turun di komtar untuk mencari penginapan. ongkos bus sekitar 3-3,5 ringgit (sebaiknya bayar dengan uang pas). jika memakai jasa taksi ongkosnya antara 60-80 ringgit.

      di depan PAH ada mall sekaligus hotel (di tingkat atas). tarif hotel/apartemen tersebut sekitar 400 ringgit per minggu (sebaiknya cek lagi, mungkin lebih mahal sekarang). kalau ingin penginapan yang murah, bisa coba di sekitar komtar. tarifnya sekitar 20-40 rm per kamar per malam. di dekat komtar (pertokoan) ada terminal bus, tanya mana yang melewati PAH. ongkosnya sekitar 2-2,3 ringgit.

      semoga membantu,

  92. salam kenal mbak ary, saya setuju bnget sm tulisan2 semua diatas,tgl 6 juli 2013 sy bru plng dr penang, islnad hospital bertemu dengan dr Seow yang sangat ramah dan merasakan pelayanan yaaang sangaaat berbeda(fakta la yah)..dokter yg gak nakut2in dengan diagnosanya (hehehehe)…malahan gak suruh beli obat yg seabreg2 …tertib yg pasti .semangat mbak ary tulis info2 untuk kita semua .

    • bisa ke adventist atau island hospital. tentang dokter dan pelayanan rs-nya bisa diunduh ebook ‘berobat ke penang’ gratis

  93. Pingback: Wisata Kesehatan di Penang | Othervisions

  94. Salam kenal mba Ary. Untuk dokter tulang khusus anak yg bagus ada dirmh sakit apa di penang?Saya ingin bawa anak saya berobat kepenang tapi tidak tau dokter tulang nya dan di rmh sakit apa . Anak saya berusia 15 th kaki nya x (genu valgus) . Mohon informasi nya. Terima kasih.

    • coba buka ebook saya berobat di penang, masing2 rs (lam wah ee, adventist, island dan loh guan lye) punya dokter tulang tersendiri. coba konsultasi langsung (via ph, email) untuk mencari mana dokter yang paling sesuai dg kebutuhan,

      salam,

  95. slamat siang mas ari..salam kenal..mas ari mohon info..saya ada rencana operasi miom di penang di island hospital..perlengkapan apa sja yng harus saya bawa dri indonesia..mengingat saya sekalian diagnosa..dan sebelumnya sya belum pernah konsul dgan dr di jakarta..sya punya miom setelah Usg saja..biaya operasi miom di island hospital berapa ya…karena ini pertama x buat sya mau berobat d island hospital,..dan apakah island hospital salah satu rumah sakit terbaik juga…trimakasih..mohon info…

    salam

    linda A

  96. mb bapak sy kena stroke tgl 10 juli 2013, kami tinggal di kota jayapura, propinsi timur di indo, rumah sakit apa yg bagus utk pengobatan stroke? berdasarkan hasil MRI bpk sy ada penyumbatan di otak sebelah kiri, mhon bantuannya mb, thx.

      • Pengalaman saya mirim saudara yg ngepost diatas.. bapak saya di diagnosa penyumbatan di otak. Rencananya akan di bawa ke Penang atau Malaka. RS apa yg berkualitas utk otak/kepala dan terjangkau dari segi materi. Terimakasih

      • kalau di penang, ada lam wah ee, adventist, loh guan lye, juga island hospital. untuk keterangan lengkapnya coba buka ebook berobat ke penang. gratis kok

      • sedang untuk persiapan berobat ke penang, coba buka tulisan ‘wisata kesehatan di penang’

  97. Sis , saya mau tanya, pasangan saya saat ini sudah di vonis oleh dokter paru-paru di sini untuk di angkat yang sebelah kiri, untuk rs di penang yang bagus untuk paru-paru yang mana ya ? dan dengan dokter siapa ?

    • setahu saya ke-4 rs di penang memiliki reputasi yang setara (loh guan lye, lam wah ee, adventis, maupun island hospital). lebih lengkapnya coba unduh ebook saya yang berjudul berobat ke penang. di sana ada nama2 dokter paru lengkap di setiap rumah sakit. coba konsultasi dulu dengan masing2 rs, dan tetapkan mana yang tepat. masing2 rs memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.

      salam,

    • masing-masing rs punya promo chek up n harganya. info lengkapnya ada di ebook berobat ke penang. download aja, gratis kok

    • coba baca postingan ‘mount miriam cancer hospital, rs kanker di penang’ di sana ada kontak langsung rs. juga buka ebook berobat ke penang, datanya lengkap sekali di sana.

      salam,

  98. Mau minta informasi untuk rumah sakit di malaysia, tidak harus di Penang. Anak saya ada semacam mata ikan, persis di telapak kaki kanan. Akibatnya, setiap kali berjalan terasa sakit, karena khan di telapak kaki, dekat jempol kaki, itu telapak kaki yang deket jempol kaki.
    Apakah di Malaysia ada yang bisa menyembuhkan (operasi) untuk mengeluarkan mata ikan (kutil) berikut akar-akarnya ?
    Boleh minta nama dokter dan nama rumah sakitnya. Kalau bisa yang rumah sakit pemerintah yang murah tapi bagus. (Umum nya semua orang ingin yang murah dan bagus, jadi keinginan kami ini, saya anggap lumrah aja).
    Juga kalau bisa, tolong dibantu informasi untuk apartemen yang murah meriah yang lokasinya tidak jauh dari rumah sakit tersebut, karena yang pergi ada 2 wanita dewasa dan 2 anak kecil. (Umur 10 tahun dan 6 tahun).

    Mohon informasinya, ya, … makasih sekali.

    • coba download ebook berobat ke penang, pak. gratis kok. di sana lengkap nama rumah sakit swasta, nama dokter, dan taksiran harganya.
      baca juga postingan wisata kesehatan di penang sebagai pelengkap tatacara berobat dan tempat menginap

      oya, saya cuma punya pengalaman di rs penang saja, tidak dikota lain. maaf.
      setahu saya rs pemerintah di malaysia hanya ditujukan buat warga malaysia (dan pengobatannya gratis). kalau warga asing, mesti bayar 60x lipat, dan mesti ngantr 2-3 minggu bahkan lebih

      semoga berguna,

  99. Mba….. tolong beri saya arahan ke rumah sakit mana harus berobat , sebaiknya tinggal di mana, taksasi biaya yang yang harus saya siapkan, dan cara ke sana.
    Ketika anak pertama saya lahir, kedua payudara saya aktif menyusui. Anak kedua lahir kedua payudara saya masih aktif menyusui. Tapi lebih anak-anak saya lebih suka menyusu payudara sebelah kiri. Mungkin juga memang karena posisi saat menyusui. Tapi ketika Anak ketiga , payudara sebelah kanan tidak begitu aktif, Dan tidak merasa nyaman jika diraba pasangan, seperti meraba payudara sebelah kiri. Sebulan yang lalu saya menyapih anak saya menyusui. Tapi dua hari kemudian payudara sebelah kanan membengkak dan mengeras sampai saya demam. Lalu kami periksa ke dokter di Jakarta. Katanya itu mungkin tumor atau mungkin kelenjar susu membengkak (mastitis). Lalu dikasi resep obat. Dua minggu kemudian kami periksa ke dokter bedah onkologi di Jakarta. Katanya dari bentuknya mungkin tumor ganas. Lalu disarankan untuk mammografi. Dari hasil mammografi dokter menjelaskan kesannya ini kanker (ganas). Mental saya sangat jatuh sekarang. Sekarang Kami berencana ke rumah sakit di Penang. Banyak masukan dari orang kalo di Penang penanganan kanker lebih bagus.
    Tapi Kami minim info tentang Rumah sakit yang sesuai menangani ini. Dan langkah apa yang pertama dilakukan lagi. Saya dan suami butuh arahan ni Mba. tolong ya Mba. Dan juga teman yang lain yang tau info banyak tentang kanker payudara dan RS di Penang. Tks sebelumnya

    • coba download ebook berobat ke penang, di sana lengkap keterangan nama rs, taksiran harga, untuk memeriksa mamografi dan untuk pengobatan umor-kanker payudara.
      tentang tempat menginap, transportasi dll coba baca postingan saya di ‘wisata kesehatan di penang’

      salam,

  100. Trm ksh info nya……
    Saya ada rencana mau ajak ibu saya berobat, diagnosa di jambi konon kena rheumatik akut. Kira-kira RS mana Ƴª♌Ğ cocok di penang. Saat ini kami juga blm memiliki paspor, dan mengurus visa terdekat dr jambi di pulau sumatra di mana ya….trm ksh.

    • download saja ebook ‘berobat ke penang’, gratis kok. di sana ada keterangan beberapa rs, tinggal pilih mana yang paling cocok dan kontak rs tsb langsung via email atau telepon
      soal persiapan berobat bisa baca postingan ‘wisata kesehatan di penang’
      soal visa tak diperlukan, paspor urus online n ke kantor imigrasi ibukota propinsi (saya kurang tahu di jambi mesti kemana, bukan orang sumatra)

      salam,

  101. saya mau tanya klo untuk berobat saraf motorik akibat kecelakaan, RS di penang bisa ga?? Kira2 RS yg rekomen yg mana? Terima kasih

      • ya kalau alternatif bisa akupuntur atau pijat refleksi. tapi saya hanya tahu wilayah surabaya saja,

        salam,

    • coba unduh ebook saya ‘berobat ke penang’. gratis kok. di sana ada nama-nama rs, dokter spesialis sarafnya. hubungi pihak rs via email atau telepon untuk konsutasi apakah bisa mengobati penyakit saudara,

      salam

  102. mba ary, mohon pencerahannya,
    ibu saya berumur hampir 61 tahun, sekitar 5 tahun yang lalu sdh berobat ke bag neurolog di berbagai rmh sakit jakarta, skitar setahun yang lalu mata sebelah kiri ibu saya ngedip-ngedip, bahkan klo lg kambuh bisa hampir ketutup kelopak matanya, lalu ibu saya MRI ke rmh sakit mitra keluarga cibubur, tapi gk ada kejelasan hrs bagaimana, tahapan selanjutnya, cuma di suruh kontrol, dan di kasih obat-obatan, hingga pada akhirbta skitar sebulan yang lalu rahang ibu saya getar2 dan mulai susah bicara, agak pelo, lidahnya sudah mulai susah dikeluarkan, saya bingung skrg harus ke rmh sakit mana lg, pdhl katanya dengan MRI itu bisa ketahuan sblh mana syaraf yg terganggu tapi malah memburuk, pergi ke rmh sakit berbeda, hasil MRI gk dibaca, pdhl lumayan 2.4jt kebuang sia2, saya mohon arahan harus k rmh sakit mana di penang, agar tuntas sembuh penyakit gangguan neurolog pada ibu saya, krn saya trauma, setahun yg lalu bpk saya meninggal krn stroke…. terima kasih mba ary…..

  103. salam semua.. saya dari salah satu rumah sakit yang berada di pinang. untuk pertanyaan apa-apa tentang keadaan sakit dan apa2 mengenai rumah sakit bisa lansung email kesaya farahzian0107@yahoo.com dan saya akan coba menjawab secepat mungkin.. tq..

    • hello ary…sy mariena..student usm penang..sy mohon bantuan untuk mendapatkan responden iaitu pesakit yang pernah berubat di mana-mana hospital penang..ia utk kajian master bertajuk pelancongan kesihatan di penang..hanya untuk bertanyakan pengalaman selepas rawatan..tidak terlalu serius..mcm2 ikhtiar sy lakukan tp masih tidak temui responden..ini no phone sy +60195761505 dan email seputihkasihtsunami@gmail.com..diharap dpt bekerjasama..

      • ada yang bisa bantu? sementara saya sibuk sampai awal tahun 2014, jadi tak bisa bantu. maaf, kenapa anda tak langsung ke hospital dan interview responden yang sakit? itu lebih logic dan mudah

  104. ka, ayah sy ada rencana melakukan pengobatan di malaysia., beliau sakit batu ginjal dan ingin d opersi disana,, karna dokter yg menangani di tempat sy tdk bisa melakukan operasai krna alat yg terbatas,.
    saat akan di operasi batu ginjalnya sudah turun dari ginjal dan sudah ada pada saluran yg akan masuk ke kantung kemih., punya info gak rumah sakit dan dokter mana ya yg terbaik.,??
    byk yg menyarankan ke MMC (malaysia),. punya info mengenai rmh sakit tersebut gak ka? apa kira-kira pas dgn pykt ayah saya..
    thanks before kak..

    • maaf, saya ga tahu info ttg MMC, tapi info ttg rs di penang bisa dilihat pada ebook ‘berobat ke penang’. bisa diunduh gratis.

      salam,

      • Syalom ‘ sy mengidap hepatitis C dan hasil lab genotipe 1 yg menurut dr pengobatannya 48 minggu dimana setiap minggu butuh biaya kira2 3 jt rph (sy bukan org punya biaya sebesar itu). Tgl 2 Okt sy dan keluarga mau ke Singapur jalan2 dan berencana mau ke Penang utk cek dan membandingkan biaya pengobatan disana . Klw boleh tolong dibantu cara kesana dari Singapurnya dan juga saran2nya . Terimakasih sebelumnya , Jansen Harahap Jkt.

      • bisa unduh ebook saya : ‘berobat ke penang’, gratis kok. di sana lengkap ada rs apa saja, dokter n kisaran bea. baca juga postingan saya berjudul ‘wisata kesehatan di penang’.

        semoga membantu,

  105. slmat mlam mas ary…saya mau tanya masalah penyakit kista coklat atau kata lainya kedokteran miaum yg ada d dlam kandungan…apakah bsa d oprasi tanpa dengan mengangkat kandungan…mkasih…

  106. selamat siang saya mau nanya kl buat paru2 spesialis pernapasan & saraf yg bagus dimana ya ?
    berapa biaya konsultasi sama labnya kl berkenan bisa dijawab disini atau dibalas ke email saya goksbanget@yahoo.com

    terimakasih buat jawabannya,gbu….

  107. Pingback: Kisah Seorang Herbalis | Othervisions

  108. Pingback: Nikmatnya Berobat ke Penang - Nusantara.ME | Nusantara.ME

  109. Saya akan operasi Sinusitis, saya mohon tanya dokter mana yang baik ? Rumah sakit yang lumayan bersih ? Beaya yang terjangkau / murah ?
    terima kasih. Jakub Hosanna

    • coba unduh ebook berobat ke penang, lengkap kok keterangan dokter, rs, dan beanya. semua rs bersih, yang termurah lam wah ee, tapi keterangan dokter dll semua ada di ebook. gratis kok mengunduhnya

  110. Sis Ary, saya rencananya mau bawa ibu mertua saya beobat ke penang dikarenakan beliau didiagnosa oleh dokter swasta di jkt ada tumor di dalam usus besarnya dan harus di operasi. Sis Ary tau RS dipenang yang bagus untuk penyakit tsb dan yang harganya relatif murah. thankyou atas infonya… :)

    • ke adventist aja, menunya vegetarian dan kayaknya punya alat untuk dimasukkan usus buat mengambil tumor, bukan harus dibedah biasa.

      setelah itu saya sarankan terapi jus, tiap hari makan jus sayur dan buah, hindari daging atau susu hewani, ganti susu kedelai.

  111. Mbak Ari, boleh numpang kome sekalian berbagi yaaa…

    Buat teman – teman yang lagi cari informasi untuk berobat di Malaysia, bisa menghubungi kami di 021 -3410 1000 atau email ke jakarta@singmedic.com.

    Kami mewakili Sunway Medical Centre, Island HospitaL Penang dan Mount Miriam Hospital. Informasi dan pelayanan yang kami berikan gratis karena kami perwkilan resmi RS tersebut sehingga jika teman2 menghubungi RS langsung atau melalui kami biayanya tetap sama.

    Kami juga mewakili RS pemerintah dan swasta di Singapura. Untuk advis lebih lanjut, japri aja ke nomor telepon atau alamat email diatas.

    Thank you…

    Septi

  112. mbak saya mo tanya
    ibu sya menderita diabetes dokter di medan solusi amputasi yang mana terkena saja. dari scan tulang jari kaki bagus.
    saya mau tanya dipenang bagian diabetes LWEH dibagian apa y…

    • coba unduh ebook berobat ke penang. di sana lengkap keterangannya. kalau ga LWEH bisa ke adventist, pakar juga dokternya. ga perlu amputasi segala

      • waktu itu saya tinggal di malaysia, asuransi alianz cab malaysia. jadi ya dikover semua

  113. buat teman2 dari indonesia, yang berobat ke PENANG, jika kesulitan menemukan masakan dengan cita rasa indonesia, silahkan kunjungi NURI Resto, di 381 Jalan Burma, Penang 10350, ditunggu ya kehadirannya …

  114. Hai,

    Saya ada rencana untuk operasi mata (vitrectomy) di penang. Ada saran RS mana yg terbaik? Kemudian, metode pembayaran di sana seperti apa ya? Misalkan biaya perawatannya 30 juta rupiah, apakah saya harus siapin dulu uang nya secara tunai sebelum berangkat ke sana kemudian baru ditukar di money changer di sana? Atau bisakah kita pakai kartu debit BCA di sana untuk menarik uang atau mungkin transfer pembayaran? Maaf jika pertanyaan saya awam sekali. Saya belum pernah berobat ke luar negeri sebelumnya.

    • Hai Mas Robin,

      Semoga informasi yang akan saya berikan bisa membantu mas Robin. Untuk prosedur vitrectomy, Mas Robin bisa berkonsultasi dengan spesialis mata di Island Hospital. Island Hospital merupakan salahs atu rumah sakit swasta yang terbesar di Penang dan peralatanya sudah modern. Banyak juga orang Indonesia yang berobat kesana.

      Saya sarankan Mas Robin membawa uang tunai MYR kesana atau menggunakan kartu kredit, karena saya khawatir kalau ditukar disana, ratenya tidak bagus.

      Kalau Mas Robin berminat mengetahui tentang Island Hospital dan cara berobat ke sana bs japri saya di septi@singmedic.com atau telp ke 081320252525/ 021 3410 1000. Informasi dan pelayanan yang kami berikan gratis sebab kami adalah perwakilan resmi Island Hospital di Jakarta.

      Terima kasih.

      • thx mb septi, kebetulan saya sudah berbicara dgn Dr. Lim dari island hospital melalui email dan beliau menyanggupi untuk floater vitrectomy. Sekarang saya sedang planning untuk mencari waktu yg pas untuk ke sana. Saya akan menghubungi anda jika tgl sudah ditentukan.

    • coba download ebook berobat ke penang, di sana lengkap ada 4-5 rs di penang, jenis dokter n taksiran harga pengobatan, termasuk mata.

      baca juga wisata kesehatan di penang, untuk tahu apa saja yang mesti disiapkan jika hendak berobat di penang

      salam,

      • thx mb ary. Jadi kartu debet atm cimb niaga yg dibikin di indonesia bisa dipakai di malaysia ya? Apakah bisa dipakai untuk transfer ringgit juga? Kalo iya, apakah rupiah di akun cimb niaga kita otomatis dikonversi jadi ringgit?

        Ada sedikit saran juga, ebooknya mungkin lebih baik dalam format pdf saja daripada epub, karena pdf lebih umum.

      • sepengalaman saya, langsung dikonversi. soal ebook, thanks masukannya. masalahnya saya ga niat buat ebook, tapi capek jawab ribuan komen dan email yang tanya berobat ke penang. jadi pake aja yang sudah ada programnya. toh ebook ini gratis, saya ga dapat apa2, sekedar berbagi

  115. haiiii
    saya mau tanya untuk berobat untuk masalag diabet di penang di rumas sakit mana?
    apakah ada reff dokter dan rumah sakit nya
    aopakah adventist penang ada reff di jakarta?
    thank you buat info nya

  116. Mbak Ary, tolong informasi RS Mata terbaik (tapi yang ga mahal hehe..) di Malaysia.
    Soalnya di Indo ini sudah GILA RS nya.
    Ke RS Umum kita ga dilayani, atau dilayani dengan peralatan seadanya.
    Keburu buta kalo mau menunggu dapat pelayanan yang pasti.
    Ke RS terkenal di Jakarta, eeeehhh kita mesti keluar kocek 1 jt per 1 x konsul, untuk biaya konsul dokter mencapai 260 rb – 300 rb, apa ga GILAAA ???
    Belum lagi kita di lempar ke sana sini, ke dokter internistlah, dll bla bla..
    sdh habis 6 jt dlm 2 minggu, hasil tak ada, ditanya sakit mata apa aja ga bisa kasih jawaban.
    Pusing kita dibuatnya, padahal pasien tentu berobat ingin ada kejelasan.
    Tolong ya Mbak, balas disini aja ya, krn alamat email sedang ada masalah, kelamaan ga aktif mesti re-confirm passwordnya.
    Tq

    • hehe.. memang gila. coba unduh ebook saya, berobat ke penang, gratis kok. di sana ada info lengkap ttg dokter mata sekaligus rumah sakitnya sekaligus tarif konsultasi.

  117. bisa kirimin donk ebook versi wordnya? ga bisa save nich ebooknya T.T
    di sana bisa ketemu dokternya buat konsultasi aja?
    ada dokter spesialis penyakit kulit ga?

    • Lohguanlye specialists centre will held a free clinic at Jakarta office on 15 and 16 March 2014.
      Doctors who participate are :
      1. Dr Nellie cheah, specialist oncology (for cancer)
      2. Dr devindran, specialist gynaecologist and Fertility specialist (IVF)
      For information and registration please call 021-5698 3677 (felyna) or 021- 97973677 (imelda)

    • ga nyimpan versi wordnya, bikinnya dadakan langsung ke aplikasi epub. baca aja, catat yang perlu2, ga banyak kok halamannya

  118. Hai,

    saya minta di rekomendasi kan dokter saluran kencing yg bagus di Penang, dimana ya?
    soalnya minggu lalu saya sempat cek ke dokter kandungan dan dokter mengatakan ada tumbuh sesuatu benjolan di dekat saluran kencing saya dan itu bukan kista. dan kemungkinan juga benjolan itu sudah ada sejak saya lahir. terima kasih.

    • Hi Ibu Meriani,

      Maaf, saya perwakilan dari Pantai & Gleneagles Hospitals Malaysia (based in Jakarta). Kami memiliki 11 rumah sakit yang tersebar di beberapa kota di Malaysia, termasuk juga di Penang. Jika ibu ingin menanyakan mengenai dokter di RS kami, bisa hubungi saya di: 021-44697288.

  119. Dear All
    Mohon digai informasi..
    Adik saya menderita penyakit gondok (tyroid), kami berencana mau operasikan jika analisa dokter memungkinkan untuk di operasi
    Tujuan utama kami adalah PAH (Penang Adventist Hospital) bagi teman-teman yang tahu, berapa ya kira-kira biaya operasi-nya?
    Mulai dari konsultasi, biaya operasi dll
    Terima kasih. Salam

    DM PURBA

  120. Tolongsaya bu. Apakah ada yang berobat ke penang karena penyakit stroke sehingga pulih tidak cacat? Saya audah depresidengan penyakit ini. Btw saya laki umur 36thnterkena stroke iskemik (penyumbatan) thrombosis udah jalan 6bulan. Mohon di share di sini yg pernah berobat ke penang karena stroke. Mohon tolong saya.

  121. Hi Mbak Ary,
    Saya mau bertanya sedikit untuk rumah sakit yang baik untuk memeriksa batu empedu atau operasinya, dimanakah rumah sakit yang cukup kompeten untuk pemeriksaan batu empedu ini yah. Terima kasih atas jawaban dan bantuannya

    Junaedi

  122. Dear mba Ary, saya berhasil download Ebook-nya tp ngga berhasil dibuka, selalu ada notifikasi Window can’t open this file: ary-amhir-berobat-ke-penang.epub
    Sudah “use the window service to find the correct program” tp ngga berhasil.
    Saya ingin sekali bisa download ebook tersebut karena saya bermaksud mengantar Papa utk berobat ke Penang, dan perlu referensi tersebut . Apakah ada alamat lain utk download? Atau, program apa yg hrs saya pake utk membukanya? Atau bila tidak keberatan, bisakah kirim ke email saya?
    Terimakasih sebelumnya.

    • saya ga pernah ngecek. ebook saya buat langsung di bookrix karena gratis dan gampang. sebab tujuannya memang saya gratiskan ga punya salinan filenya. kalau mau ditelusuri ya googling saja hospital satu2 di penang. atau catat yg penting2. sudah ga punya waktu lagi nulis ebook gratis.

  123. Pingback: Testimoni Berobat ke Penang | Dokter Asuransi (dr Suwanto CFP®)

    • Bu Rukiani, saya bisa bantu beri info untuk dokter ahli ginjal di Penang, karena saya adalah kantor perwakilan dari Pantai & Gleneagles Hospitals Malaysia. Salah satu RSnya ada di Penang.
      Saya bisa dihubungi di nomor : 021-29681703 / 29681704 (Caroline / Rosid)

  124. Selamat siang mba..
    Menurut dokter di medan Saya mengalami akalasia dan dokter yang lain menyatakan saya mengalami GERD. Saya ingin berobat ke penang dalam waktu dekat tetapi bingung memilih dokter spesialis gastroenterology dan rumah sakit yang tepat (Kualitas bagus dan dokter juga mumpuni)
    Tolong rekomendasikan dong mba.
    trims.

  125. salam kenal mbak,
    blog nya sangat bagus, saya ingin bertanya, RS yg bagus dan terjangkau untuk berobat gigi,
    terimakasih sebelumnya mbak,

    • saya belum pernah ke dokter gigi di klinik rs penang. sebab mahal, jauh lebih mahal ketimbang di indonesia. kalau terpaksa ke dokter gigi karena sakit gigi, saya pilih ke klinik. tetap aja mahal, cabut gigi 150 ringgit alias 500 rb rupiah. mending di indonesia saja :P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s